RSS Feed

Nastar Keju

Posted on

nastar

Resep ini aku peroleh dari Fitri dan sampai sekarang ngga pernah mengecewakan. Terimakasih resepnya ya, Fitri. Pokoknya rasanya top markotop. Leo yang ngga suka kuweh kering saja, demen banget dengan nastar satu ini. Tadi kebetulan ada teman-teman dari Australia yang datang berkunjung. Aku suguhi nastar ini dan kata mereka kuwehnya uenak bianget. Dulu pernah juga aku nyuguhi nastar ini untuk teman-teman Londo. Mereka juga suka banget. Leo bilang nastar ini sudah teruji secara internasional. he..he..he..

Menurutku rahasianya terletak pada keju yang digunakan yaitu menggunakan keju tua. Aku menggunakan keju kegemaran kami yaitu keju tua brokkelkaas. Selain itu aku menggunakan unsalted butter (ngga pake margarine sama sekali, wong soalnya butter di sini harganya relatif murah).

Percaya atau ngga, aku pake selai nanas yang aku simpen di freezer yang mungkin usianya sudah setahun. ha..ha..ha.. Lha wong males bikin selai baru. Jadi sisa selai tahun lalu aku pake lagi. Kadang untuk bikin selai nanas aku malah pake nanas kaleng beli di supermarket Lidl. he..he..he.. Enak juga kok.

Kebetulan aku memang suka nastar yang rasanya rada renyah. Nastar ini bisa dibuat renyah, asalkan manggangnya lama.

OK… ini resepnya:

Bahan:

- 400 gram unsalted butter (aku pake mentega dari supermarket Lidl. Resep asli pake 300 gram margarine dan 100 gram mentega)

- 4 kuning telur ayam

- 2 putih telur ayam

- 100 g icing sugar

- 550 g tepung terigu

- 1/2 sdt vanili bubuk

- 200 gram keju tua brokkelkaas yang diparut (resep asli pake 150 gram keju edam dan 50 gram keju cheddar)

Aku ngga pake garam karena keju brokkelkaas sudah asin sedangkan resep asli pake garam 1/2 sdt teh

Olesan, aduk rata :

- 2 kuning telur ayam, kocok lepas

- 2 sdm evaporated milk (kebetulan kali ini ngga pake karena ngga punya. he..he..he.. telornya cuma aku kasih air sedikit)

Taburan :
- 100 g keju parut brokkelkaas (resep asli pake Cheddar parut)

Selai Nanas :
- 3 buah nanas, parut (kalau aku malah aku blender. he..he..he..)
- 200 g gula pasir (tambah jika kurang manis)
- 1 sdt kayu manis bubuk
- 1/4 sdt garam

Directions:

Selai nanas:

1. Masak nanas sampai kering kemudian tambahkan gula pasir, kayur manis dan garam.

2. Aduk rata dan masak terus di atas api kecil hingga kental dan warnanya agak kecokelatan.

3. Angkat dan dinginkan dan kalau perlu masukkan ke kulkas semalaman agar mudah dipulung. Lha waktu itu malah aku masukkan ke freezer selama setahun. he..he..he..

4. Bentuk adonan selai nanas ini menjadi bulatan-bulatan kecil. Masukkan kembali kedalam kulkas. Sisihkan.

5. Kocok mentega sampai lembut.

6. Masukkan telur satu per satu dan kocok lagi sampai rata.

7. Masukkan icing sugar dan kocok lagi sampai rata

8. Masukkan tepung terigu, vanili, dan keju brokkelkaas kemudian aduk rata. Masukkan adonan ke kulkas paling ngga 30 menit agar adonan mudah dipuling. Lha waktu itu malah aku masukkan kulkas semalaman (lha wong ngga punya waktu. Untung ngga kelupaan. he..he..he…).

9. Ambil 1 sdm adonan kue, pipihkan. Isi dengan bulatan selai nanas, bentuk kembali menjadi bola-bola. Lakukan hal yang sama untuk adonan selebihnya.

10. Tata di loyang datar yang dialasi paper wax (kertas rotinya tidak perlu disemir margarin).

11. Olesi permukaannya dengan bahan olesan lalu taburi keju cheddar parut.

12. Panggang dalam oven panas 160 C selama 25 menit hingga kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

13. Simpan dalam wadah kering bertutup.

Untuk mencegah pecah pada waktu pemanggangan, ada tips tersendiri yang aku peroleh dari Vitri (teman lain yang super jago baking). Terimakasih ya Vitri tips nya. Ini yang aku lakukan berdasarkan tips tersebut:

Setelah nomer 10 di atas, panggang langsung adonan sampai dengan 3/4 matang. Waktu itu aku pake suhu 160 derajat (hete lucht/hot air) selama 20 menit. Kemudian dikeluarkan dari oven. Olesi dengan bahan olesan dan ditaburi keju parut brokkelkaas. Panggang lagi dengan suhu 160 derajat sampai matang (kalau ngga salah 10 sd 15 menit, tergantung ovennya lah). Hasilnya menurutku uenak muantep.

Selamat mencoba….

2 responses »

  1. waduh pingin sekali coba.. tapi kayak nya ngak punya masa lho..huhu

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

