RSS Feed

Soto daging cincang

Posted on

Punya tauge banyak sekali. Mau diapakan ya? Akhirnya aku memutuskan untuk masak soto, salah satu makanan kegemaran Leo. Karena kami tidak makan daging ayam, maka aku menggunakan daging sapi. Masalahnya Leo tidak suka daging yang berlemak, kalau makan daging sapi maunya daging steak. Lha yo selain mahal, rak yo enggak enak, mosok soto kok pake daging steak. Akhirnya seperti biasa aku menggunakan daging cincang yang tidak terlalu berlemak tapi masih terasa gurihnya.

Kali ini aku menggunakan resep soto ayam Ambengan ala Keluarga Nugraha. Terimakasih ya Mommy Atli, sudah berbagi resep. Tapi lha ya seperti biasa to, untuk menyesuaikan selera kami yang rada aneh, aku modifikasi (karena memang bahannya nggak selalu ada). Aku gunakan juga wortel rebus dan tomat segar sebagai pelengkap. Maksudnya sih selain supaya kelihatan warna-warni, juga nggak neg. Kebetulan aku juga bikin perkedel, jadi yo menurutku pas. Apalagi makannya pakai kerupuk udang.

Inilah resep soto yang aku bikin (untuk resep asli silahkan ke Keluarga Nugraha) :

Bahan:
225 gram daging cincang
1 batang serai
2 lembar daun jeruk purut
1.5 liter air
2 sdt garam
½ sdt kaldu sapi bubuk
1 sdt gula pasir
3 buah jamur merang segar (yang besar)

Bumbu yang dihaluskan:
50 gram udang kupas ditumis
1 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1,5 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt lengkuas bubuk
1 cm jahe
1,5 sdt merica bubuk
2 butir kemiri sangrai

Pelengkap:
100 gram soun direbus sebentar
150 gram tauge rebus sebentar atau seduh dengan air mendidih
1 wortel dipotong korek api dan direbus
1 batang daun bawang
3 batang daun seledri
2 butir telor, rebus, potong-potong
1 buah tomat dipotong-potong
1 jeruk nipis
Bawang merah goring
Kerupuk udang
Sambal cabe (cabe merah/rawit direbus kemudian dihaluskan)
Kecap manis
Poyah (kerupuk udang dihaluskan bersama bawang putih goreng dan sedikit kaldu bubuk)

Cara:

1. Daging cincang direbus
2. Tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk sampai harum
3. Masukkan hasil tumisan ke kuah daging, tambahkan garam, kaldu bubuk dan gula

Penyajian:
Masukkan soun, wortel, taugé, telur, tomat, daun bawang, seledri, dan siram dengan kuah. Di atasnya beri perasan jeruk nipis, sambal, bawang merah goreng, kecap, dan poyah. Dimakan pakai perkedel dan kerupuk udang.


3 responses »

  1. mbak saya contek ya resepnya..makasih….

    Reply
  2. bumbunya hampir sama ya mbak ,sepertinya yang beda cuma pemakaian kencur aja…sotonya mbak Sri komplit banget nih…

    Reply
  3. sotonya kyk suppake jamur wortel ma tomat segalahehehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: