RSS Feed

Sayur Pelangi

Posted on

Karena merah, kuning, hijau warnanya, maka aku sebut sayur ini sayur pelangi, padahal sih sebenarnya tumis sayur bumbu merica. Dapat resepnya dari mana lupa, dan resepnya juga nggak persis banget kayak yang aku bikin.

Biasanya sayur ini aku buat kalau sedang males mikir mau masak sayur apa hari ini. Karena males mikir, segala macam jenis sayur di kulkas dipake semua, biar warna-warni. Dari mulai buncis, paprika, wortel, brokoli dsb. Bahkan kalau perlu ditambah tomat. Kalau perlu lagi ditambahi bawang putih sebagai bumbu. Lha kadang malah aku tambahi udang kok. Pokoknya rame deh kayak nano-nano.

Biasanya sih sayuran yang aku pakai adalah sayuran keras kayak buncis, bukan sayuran lunak kayak kangkung. Kebetulan Leo lebih suka sayuran keras daripada sayuran lunak berdaun kayak kangkung, bayem dan sejenisnya.

Yang aku bikin kali ini buncisnya nggak aku potong-potong. Soalnya selain buncisnya masih muda, aku juga pengin buncisnya kelihatan betul di foto. Norak ya? Tapi biasanya sih buncisnya dipotong-potong, wortelnya motongnya juga lebih kecil, paprikanya dipotong nggak segede raksasa.

Begini nih bikinnya:

Bahan:

100 gram buncis (dipotong-potong) direbus
1 buah wortel besar dipotong-potong dan direbus
100 gram kembang kol dipotong-potong dan direbus
1/2 buah bawang bombay di-iris-iris
1/2 buah paprika hijau dipotong-potong
1/2 buah paprika kuning dipotong-potong
1/2 buah paprika merah dipotong-potong
3 buah jamur merang segar di-iris-iris
1/2 sdt lada hitam bubuk
1/2 sdt garam
1,5 sdt peterseli

Cara membuat:

1. Tumis bawang bombay sampai harum
2. masukkan paprika merah, kuning hijau
3. masukkan jamur merang
4. Kalau sudah agak layu, masukkan garam, merica bubuk dan peterseli
5. Masukkan buncis, wortel, kembang kol
6. Masak hingga matang (tapi biasanya kami lebih suka kalau paprikanya masih crunchy)

Leave a Reply

