RSS Feed

Tongseng daging paprika

Posted on

Aku itu sebetulnya pengin makan tongseng, tapi: (a) Leo punya darah tinggi; (b) Leo nggak suka daging kambing; (c) cari daging kambing di desaku susah, harus cari di Rotterdam, itupun nggak tahu dimana tempatnya.

Akhirnya aku membuat tongseng dengan daging sapi. Tapi karena seperti biasa aku ini terlalu “kreatif”, maka tongsengnya aku kasih paprika. Rasanya sih tidak seperti tongseng kambing. Tapi kalau makannya sambil mbayangin tongseng yang biasanya dijual di tenda-tenda di Indonesia rak yo nggak pa-pa to?

Begini nih kira-kira bikinnya:

Bahan:
200 gram daging sapi yang bagus, potong kecil-kecil
3 butir bawang putih digeprek dan dicincang
1/2 buah bawang bombay cincang
1 buah tomat potong kecil-kecil
1 buah daun bawang
1/2 paprika merah dipotong-potong
1/2 paprika kuning dipotong-potong
3 buah jamur merang besar dipotong-potong

Untuk marinate:
1/2 sdt garam, atau secukupnya
1/2 sdt lada hitam bubuk
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap ikan (krn nggak punya kecap asin)
2 bawang putih digeprek dan dicincang
sedikit perasan air jeruk nipis

Cara membuat:
1. Aduk bahan marinate dan campurkan dengan daging. Marinated selama paling sedikit 1 jam (aku malah lebih, wong aku tinggal jalan-jalan ke Rotterdam segala).
2. Tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum
2. Masukkan marinated daging dan tumis sampai matang
3. Masukkan paprika, tomat dan daun bawang
4. Masukkan jamur merang
5. Masak semuanya sampai matang (tapi aku lebih suka kalau paprikanya masih berasa agak kriuk-kriuk gitu) dan sajikan. Kami makannya pakai sayur pelangi (aku post juga resep ini).

2 responses »

  1. hehehe….emang kreatif, tongseng tanpa gule, tanpa santan.

    Reply
  2. Lha gimana mbak, wong mau bikin yang beneran nggak ada kambingnya, sekalian saja melenceng. Sudah gitu lupa dikasih kol lagi. Hi…hi…hi…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: