RSS Feed

Telur pindang

Posted on

Pengin rasanya makan telur pindang, tapi nyari daun jambu di sini nggak nemu. Untung waktu itu mbak Esther pernah posting resep telur pindang menggunakan teh. Akhirnya nyontek deh. Terimakasih ya mbak Esther. Cuma aku nggak pake teh tubruk tapi teh celup (yang penting teh to?).

Bahannya: telur rebus 6 biji, kulit bawang merah, 1/4 sdm kunyit bubuk, 2 lembar daun salam, 1 batang sereh, 1 teh celup dan 1/2 sdm garam.

Telur dipukul-pukul sampai retak tapi nggak sampai mengelupas. Terus masukkin ke panci, kasih air, dan masukkin semua bahan lainnya. Rebus dah. Sekali-kali aku aduk biar merata warna dan rasanya. Angkat kalau kulit telur sudah berubah warna.

Waktu itu aku tanya mbak Esther, berapa lama ngrebusnya supaya gempi (keras) kayak telur semur Betawi atau telur gudeg Yogya. Kata mbak Esther kalau mau keras kayak gitu, telurnya harus direbus 3-4 jam. Lha aku kan nggak sesabar mbak Esther, jadi 1 jam sudah aku angkat. Malah tadinya seperempat jam mau aku angkat karena sudah laper. he…he…he…..

Rasa: Enak. Penampilan: nggak jelek kan? Ada bekas-bekas garis-garis retak. Orang-orang Belanda yang melihat telur pindangku ini terkagum-kagum. Mereka bilang: “Mooi…..” (cantik). Kata Leo kayak marbel (marmer). Siapa dulu dong gurunya…..Terimakasih ya mbak Esther…….

14 responses »

  1. yaaa..jadi di ganti ya mbak namanya TELOR MARBEL..hi..hi..hi

    Reply
  2. cantik Mbak … makannya pake areh tuch, jadi makin sedep … :))

    Reply
  3. bikin jugaaaaaaaaaaa ah😛

    Reply
  4. fitrids said: yaaa..jadi di ganti ya mbak namanya TELOR MARBEL..hi..hi..hi

    Hi…hi…hi… nanti aku kasih tahu Leo deh kalau namanya berubah jadi telor marbel…

    Reply
  5. phitree said: cantik Mbak … makannya pake areh tuch, jadi makin sedep … :))

    Pake areh ya makannya? Baru tahu. Aku pikir yang dimakan pake areh kalau telur gudeg. Thanks ya.

    Reply
  6. loranty said: bikin jugaaaaaaaaaaa ah😛

    Iya bikin sana, wong gampang kok, cuma cemplang-cemplung thok.

    Reply
  7. loranty said: bikin jugaaaaaaaaaaa ah😛

    emang gampang sih mba, cuman itu dia kadang aku kalo mau masak indonesia, milih milih eh koq akhirnya jatuh ke masakan india lagi, hehehheheheheheh….abis kalo makanan indo ga semua masku suka😦

    Reply
  8. loranty said: akhirnya jatuh ke masakan india lagi, hehehheheheheheh….abis kalo makanan indo ga semua masku suka😦

    Memang kita yang harus pinter-pinter milih menu ya. Untungnya Leo semua yang aku masak biasanya OK. Dia memang nggak suka yang bersantan, bukan karena apa-apa. Soalnya aku pake santen kaleng, dan dia nggak suka karena rasanya beda. Ini gara-gara waktu kami ke Indonesia, kami disuguh rendang yang pake santen segar dan rasanya enak banget (namanya juga pake santen beneran). Sejak itu, nggak mau lagi dia makan masakan yang bersantan kalengan. Susah jadinya aku. Kalau pengin makan masakan bersantan, harus dimakan sendiri.

    Reply
  9. loranty said: akhirnya jatuh ke masakan india lagi, hehehheheheheheh….abis kalo makanan indo ga semua masku suka😦

    disini ada sih kelapa yg langsung diparut dan segar, cuman aku suka males meres kelapa sendiri, dan kalo left over kelapanya kan kebuang😦

    Reply
  10. loranty said: disini ada sih kelapa yg langsung diparut dan segar, cuman aku suka males meres kelapa sendiri, dan kalo left over kelapanya kan kebuang😦

    Seamdainya di sini ada yang kayak gitu, aku beli deh. Yang ada kelapa parut tapi yang sudah kering. Atau kelapa segar beneran, harus mlathoki, terus marut. Memang sih kalau mau cepet pakai food processor, tapi ya itu…males nyucinya.

    Reply
  11. loranty said: disini ada sih kelapa yg langsung diparut dan segar, cuman aku suka males meres kelapa sendiri, dan kalo left over kelapanya kan kebuang😦

    gue juga bikinnya dari teh say🙂

    Reply
  12. 3astwest said: gue juga bikinnya dari teh say🙂

    Aku baru tahu kalau teh bisa untuk bumbu telur pindang juga di sini, itu juga karena nge-blog. Di kampung biasanya pake daun jambu. Maklum ibuku punya pohon jambu, jadi gampang setiap kali mau bikin telur pindang.Katanya sih bikin gudeg juga bisa pake teh juga. Pernah coba, tapi hasilnya masih kurang bagus.

    Reply
  13. 3astwest said: gue juga bikinnya dari teh say🙂

    jadi laper :o)

    Reply
  14. ailvee said: jadi laper :o)

    Sorry, udah habis….jadi nggak bisa nawarin

    Reply

Leave a Reply

