RSS Feed

Sambel goreng rendang tempe bumbu cabe ijo…

Posted on

Belum pernah kan dengar menu kayak gini? Lha wong aku yang penggagas sekaligus pencipta this original recipe saja baru kok dengarnya. he…he…he…

Ini gara-gara bikin rendang tuna yang dulu (agak) gagal. Dikasih kata “agak” biar tetap semangat untuk bereksperimen. Akhirnya rendang yang tunanya tinggal 2 potong kecil tapi masih ada kentangnya aku bongkar pasang dan daur ulang.

Wis mbuh, nggak tahu, bumbune sudah lupa lagi. Pokoknya dikasih brambang (bawang merah) dan bawang putih yang ditumis dulu, terus dimasukin cabe giling eh….sambel oelek (sambel kok asin en ketjoet thok rasane), sedikit daging cincang supaya rasane rodo mantep. Tidak ketinggalan gula, sedikit santen encer (walaupun akhirnya nggak ngaruh, wong rendang kan sudah bersanten ya), air dan apa lagi lupa.

Pokoknya kalau terlalu asin ditambahi gula, kalau kemanisen ditambahi uyah (garam), kurang pedes ditambahi sambel oelek, eh terus keasinan lagi (wong sambel oelek Londo rasane jan asin tenan), terus ditambahi gula lagi…….gitu terus karena nggak klopt klopt. Yang jelas nggak aku kasih tomat, wong sambel oeleknya sudah ketjoet.

Karena tunanya tinggal dikit, maka aku tambahi tempe. Ada sisa 3 biji cabe ijo dimasukin (daripada cabe ijo cuma busuk kan mendingan dipake ya? Halah…alasan). Kebetulan punya kapri, jadi ya dimasukin juga. Eh lha kok ada sisa paprika merah, daripada busuk, dimasukin juga. Nggak jelas, ini sambel goreng apa sampah kok semuanya masuk di situ. hi…hi…hi…

Leo sendiri nggak aku kasih. Bukannya takut dikritik, tapi dia memang kurang suka masakan bersantan. Kalau dia makan rendang, harus rendang yang kering banget dedaknya. Akhirnya yo aku makan sendiri, aku nikmati sendiri. Aku habisin sendiri.

Makannya pake lontong (dibuat pake plastik) dan dikepyuri brambang goreng bikinannya Leo. Aku nikmati SAMBAL GORENG RENDANG TEMPE BUMBU CABE IJO (panjang banget ya namanya) ini untuk ontbijt alias breakfast or in Jowo biasa disebut sebagai sarapan. Saking banyaknya bisa untuk 2 kali sarapan. Karena banyak, siang nggak perlu lunch lagi karena masih kenyang. Sebelumnya bahkan diinepin dulu supaya bumbunya merasuk.

Rasanya gimana? Lha yo enak menurutku. Kok tahu enak, buktinya apa? Lha itu buktinya: aku doyan gitu kok. Lha wong namanya mantan LSM, hanya dua jenis rasa makanan di dunia ini: Enak dan Uenak bianget. Ha…ha…ha…

29 responses »

  1. walah … baru baca judulnya aja aku udah bingung kok … apalagi becara cara masaknya … he he he …

    Reply
  2. Bawa piring ketempatnya Sri…. Enak banget… yg lihat aja bisa lapar jadinya.

    Reply
  3. lah judule dowo bener tapi enakkkkkk aku juga mau koq dikasi ‘nyodorin piring”

    Reply
  4. hueheuheu… itu namanya kreatip!!! Pokoke jangan sampai ada yg tersisa!

    Reply
  5. phitree said: … apalagi becara cara masaknya … he he he …

    Tambah bingung to? he…he…he…

    Reply
  6. dianlantinga said: Bawa piring ketempatnya Sri…. Enak banget… yg lihat aja bisa lapar jadinya.

    Boleh saja nyicipin sambel goreng rendang bingung….

    Reply
  7. loranty said: lah judule dowo bener tapi enakkkkkk aku juga mau koq dikasi ‘nyodorin piring”

    Lha untuk nyiptain judul ini saja harus bertapa dulu jé. he…he…he….

    Reply
  8. haleygiri said: hueheuheu… itu namanya kreatip!!! Pokoke jangan sampai ada yg tersisa!

    Lha iyo to, timbang dibuang mendingan di-daur ulang, mbuh rasane piye sing penting aku doyan ngemplok. he…he…he….

    Reply
  9. haleygiri said: hueheuheu… itu namanya kreatip!!! Pokoke jangan sampai ada yg tersisa!

    enake.mbak Ci………..

    Reply
  10. glennsean said: enake.mbak Ci………..

    Mau ikutan nyicipin “sambel goreng bingung”? Sayang sudah abis….

    Reply
  11. glennsean said: enake.mbak Ci………..

    uenak kelihatannya mbak sri…campur-campur jadi satu, siapa takut?:)

    Reply
  12. nur4hini said: uenak kelihatannya mbak sri…campur-campur jadi satu, siapa takut?:)

    Yang penting berani mencoba, mbuh rasane koyo opo…he…he…he…

    Reply
  13. nur4hini said: uenak kelihatannya mbak sri…campur-campur jadi satu, siapa takut?:)

    penasaran rasanya kaya apah??kirim langsung…dong!

    Reply
  14. ziany said: penasaran rasanya kaya apah??kirim langsung…dong!

    Mau kirim pake apa? fax atau pesawat …..telpon?

    Reply
  15. ziany said: penasaran rasanya kaya apah??kirim langsung…dong!

    gak penting judul nya.. hihihih.. sekarang yang mo ditanya masih ke bagian gak siy aku mbaa ? warna nya itu looh.. manteeebbbb..

    Reply
  16. fitrids said: gak penting judul nya.. hihihih.. sekarang yang mo ditanya masih ke bagian gak siy aku mbaa ? warna nya itu looh.. manteeebbbb..

    Sorry, sudah abis. Warnanya manyala ya…….warna sambel oelek…..

    Reply
  17. fitrids said: gak penting judul nya.. hihihih.. sekarang yang mo ditanya masih ke bagian gak siy aku mbaa ? warna nya itu looh.. manteeebbbb..

    Hahahah…. masakan opo toh kuwi…Sambel Goreng Podomoro… eh mbak itu kalo pas ada banyak bahan ya… dicampuri kacang panjang, labu siam, nangka muda juga boleh, enak lho. Sambel goreng campur2 sayur gitu, campur tempe juga. Kurang satu pelengkapnya mbak…kerupuk… kerupuk udang juga enak.. emping juga lebih cihuy lagi.Wis…kreatif tenan saiki… sippp…. ayo mbak masak lagi…

    Reply
  18. andracharoen said: …Sambel Goreng Podomoro… eh mbak itu kalo pas ada banyak bahan ya… dicampuri kacang panjang, labu siam, nangka muda juga boleh, enak lho. Sambel goreng campur2 sayur gitu, campur tempe juga. Kurang satu pelengkapnya mbak…kerupuk… kerupuk udang juga enak.. emping juga lebih cihuy lagi.Wis…kreatif tenan saiki… sippp…. ayo mbak masak lagi…

    Lha yo kuwi, sambel goreng podo moro. Terus terang aku juga merindukan makan kacang panjang, labu siam, nangka muda dsb. Tapi di sini kacang panjang harganya mahal tur yo loyo-loyo. Nangka muda adanya kalengan. Kalau dimasak kadang item, masih belum tahu gimana menyiasatinya. Mosok nganggo teh. Labu siam harus beli ke Toko Asia di Rotterdam dulu. Regane yo larang, siji nek ora salah luwih soko sak yuro, padahal cilik. Lha wong labu siem wae kok larang banget. Aku punya sih persediaan kacang panjang beku, cuma menurutku kok sudah turun ya rasanya. Jadi sayur podomoroku ya cuma pake bahan seadanya. Arep nggoreng krupuk aras-arasen. Mau beli krupuk lali. Yo wis lah seadanya.

    Reply
  19. andracharoen said: …Sambel Goreng Podomoro… eh mbak itu kalo pas ada banyak bahan ya… dicampuri kacang panjang, labu siam, nangka muda juga boleh, enak lho. Sambel goreng campur2 sayur gitu, campur tempe juga. Kurang satu pelengkapnya mbak…kerupuk… kerupuk udang juga enak.. emping juga lebih cihuy lagi.Wis…kreatif tenan saiki… sippp…. ayo mbak masak lagi…

    Wah, Sri masaknya berseni juga. Walaupun cemplung2 hasilnya bisa enak.

    Reply
  20. ellytjan said: Wah, Sri masaknya berseni juga. Walaupun cemplung2 hasilnya bisa enak.

    Hi…hi…hi…. ini sih karena terpaksa tante…..

    Reply
  21. cutyfruty said: Hi…hi…hi…. ini sih karena terpaksa tante…

    Nikmat sekali, dikombinasikan segala macam sayur, achirnya enak juga.

    Reply
  22. ellytjan said: Nikmat sekali, dikombinasikan segala macam sayur, achirnya enak juga.

    Menurut saya ya enak tante, nggak tahu kalau orang lain….

    Reply
  23. cutyfruty said: Menurut saya ya enak tante, nggak tahu kalau orang lain…

    Selamat menikmati sayur rendang cabe hijau anda. Kapan2 saya akan mencobanya.

    Reply
  24. ellytjan said: Selamat menikmati sayur rendang cabe hijau anda. Kapan2 saya akan mencobanya.

    Mendingan coba bikin rendang yang beneran tante, bukan rendang tuna yang gagal terus didaur ulang. he…he…he…Teman saya di Jakarta sudah coba lho tante resep rendang sederhana tersebut. Katanya enak. Bisa dilihat di blog saya yang judulnya: “rendang Den Haag diuji-coba di Indonesia”. Sayang dia nggak kirim gambar….

    Reply
  25. cutyfruty said: Mendingan coba bikin rendang yang beneran tante, bukan rendang tuna yang gagal terus didaur ulang. he…he…he…

    OK nanti saya mau mencoba rendang Den Haag. Family saya katanya ada di Denhaag sekarang. apakah anda tau Didi Han, beliau baru kasih tau saya.

    Reply
  26. ellytjan said: OK nanti saya mau mencoba rendang Den Haag. Family saya katanya ada di Denhaag sekarang. apakah anda tau Didi Han, beliau baru kasih tau saya.

    Semoga cocok ya tante rendangnya. Saya belum kenal pak Didi Han. Pernah dengar sih namanya. Kalau nggak salah blio pinter dekorasi buah ya, pokoknya jago masak gitu lho…

    Reply
  27. cutyfruty said: Saya belum kenal pak Didi Han. Pernah dengar sih namanya. Kalau nggak salah blio pinter dekorasi buah ya, pokoknya jago masak gitu lho…

    Benar, ia adalah seorang decorator. Ia adalah anggota NCC baru.

    Reply
  28. cutyfruty said: Saya belum kenal pak Didi Han. Pernah dengar sih namanya. Kalau nggak salah blio pinter dekorasi buah ya, pokoknya jago masak gitu lho…

    liat caranya udah pusing aku enggak ikutan dah

    Reply
  29. cutyfruty said: Saya belum kenal pak Didi Han. Pernah dengar sih namanya. Kalau nggak salah blio pinter dekorasi buah ya, pokoknya jago masak gitu lho…

    kayak masakan emak gwa

    Reply

Leave a Reply

