RSS Feed

Semur campur

Posted on

Ini hasil nyontek buku masak Primarasa Femina (wong namanya sudah dibeli ya harus dimanfaatin ya).
Kata Primarasa, ini untuk teman makan ketupat Betawi. Lha kalau aku mau makan pake lodeh Jowo kan nggak po-po to?
Aslinya pake daging tetelan, tapi berhubung nggak punya tetelan, aku ganti 2 paha ayam dan daging sapi cincang. Aku jarang sekali makan ayam di sini (mungkin setahun cuma 3 kali), Leo bahkan nggak mau sama sekali. Paha ayam ini sudah beli lama banget sejak jaman kerajaan Majapahit, daripada jadi fosil mendingan dipake. hi…hi…hi….

Ini resep sudah sedikit aku modifikasi.

Bahan:

2 paha ayam, 125 gram daging sapi cincang, 3 sdm kecap manis, 150 gram tahu, 4 sdm olive oil (atau minyak goreng) untuk menumis, 4 telur rebus, 400 ml air panas, 1 sereh, 1 daun salam, 1 butir cengkih, 1/4 sdt pala bubuk, 4 buah tomat, brambang goreng untuk taburan.

Bumbu halus:

4 bawang merah, 5 bawang putih (aku demen banget bawang putih), 1/2 sdt merica, 2 cm jahe, 1/2 sdt garam, 1/2 kaldu blok (kalau nggak pake kaldu blok juga nggak pa-pa, wong resep aslinya nggak pake).

Cara:

1. Rendam ayam dan daging cincang dalam kecap manis dan bumbu halus, sisihkan min 15 menit.

catatan: biasanya aku kalau masak ayam, aku lumuri dulu pake jeruk nipis diamkan beberapa lama, terus dicuci, terus dilumuri pake merica dan garam terus diamkan lagi, terus digoreng. Baru dimasak. Pokoknya gimana caranya supaya ayam nggak bau amis, nggak bau ayam. Lha kalau perlu malah pake dikukus dulu sebelum digoreng supaya lemaknya netes. hi…hi…hi…

2. Potong tahu dan goreng. Kupas telur rebus dan goreng.

3. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan ayam dan daging cincang. Aduk hingga warna berubah, kecilkan api dan tutup wajan. Masak hingga air mengering.

4. Tuangi air panas, masukkan sereh, daun salam, cengkih, pala dan tomat, aduk.

5. Masukkan tahu dan telur goreng, masak sampai daging ayam empuk/matang serta kuahnya mengental, angkat. Taburi dengan brambang goreng.

6. Aku makan pake lontong, sayur lodeh (isinya kacang panjang, kacang tolo, krecek, dan tahu), en tambah sambel. Lupa pake krupuk. Uenak menurutku…… Ini gambarnya:

22 responses »

  1. Wah, uenyak….Mmmmmmm, ngiler.dot.com.au!!!!

    Reply
  2. mbak, neng londo nggolek krecek neng ndi? neng inggris ki ra ana krecek sapi, soale.

    Reply
  3. theresajackson said: Wah, uenyak….Mmmmmmm, ngiler.dot.com.au!!!!

    Kita tuker-tukeran pake bothok piye? he…he…he…

    Reply
  4. ynugroho said: mbak, neng londo nggolek krecek neng ndi? neng inggris ki ra ana krecek sapi, soale.

    Kene yo ora ono. Iki nggowo soko Indonesia. Nyesel aku cuma bawa sedikit, tinggal satu bungkus kecil. Wis jan nyesel tenan…..Disini adanya krupuk kulit tapi dari babi. Lha padahal kami kan nggak makan babi, jadi ya nggak pernah eksperimen.

    Reply
  5. ynugroho said: mbak, neng londo nggolek krecek neng ndi? neng inggris ki ra ana krecek sapi, soale.

    wowwwwwwwwwwwwwww enyakkkkkkk makanan mahallllll dan langka nih, maklum kebanyakan makan india mba hehehehhhe

    Reply
  6. ynugroho said: mbak, neng londo nggolek krecek neng ndi? neng inggris ki ra ana krecek sapi, soale.

    wuih…suedep tenan iki rek… hehehe.. aku naksir sama semur en kreceknya, mbak.. sampe ngeces nih :p

    Reply
  7. loranty said: wowwwwwwwwwwwwwww enyakkkkkkk makanan mahallllll dan langka nih, maklum kebanyakan makan india mba hehehehhhe

    Lha aku malah nggak pernah masak makanan India. Paling-paling martabak, itupun sudah dimodifikasi dengan rasa Indonesia ya……

    Reply
  8. debluelover said: wuih…suedep tenan iki rek… hehehe.. aku naksir sama semur en kreceknya, mbak.. sampe ngeces nih :p

    Aku malah nyesel, kenapa bawa kreceknya cuman dikit. hiks…hiks…hiks….

    Reply
  9. debluelover said: wuih…suedep tenan iki rek… hehehe.. aku naksir sama semur en kreceknya, mbak.. sampe ngeces nih :p

    kalo sekali kali masakan india enak juga kataku mba dan kadang ngangenin cuman kalo suruh setiap hari masak yo jeleh juga hehehehehehe. aku bingung masku ga doyan sop, semur, sayur lodeh ala indonesian demennya cuman padang padahal padangkan bersantan semua :((

    Reply
  10. debluelover said: wuih…suedep tenan iki rek… hehehe.. aku naksir sama semur en kreceknya, mbak.. sampe ngeces nih :p

    Ini enak Sri…

    Reply
  11. debluelover said: wuih…suedep tenan iki rek… hehehe.. aku naksir sama semur en kreceknya, mbak.. sampe ngeces nih :p

    Mantaffff…aku jaluk yo……

    Reply
  12. loranty said: kalo sekali kali masakan india enak juga kataku mba dan kadang ngangenin cuman kalo suruh setiap hari masak yo jeleh juga hehehehehehe. aku bingung masku ga doyan sop, semur, sayur lodeh ala indonesian demennya cuman padang padahal padangkan bersantan semua :((

    Aku juga bisa bayangin. Aku sendiri seumur hidup baru beberapa kali makan masakan India. Buatku terlalu tajam. Lha piye, biasa makan sayur asem dan lalapan sih. Kalau lodehpun aku sukanya yang santennya encer.

    Reply
  13. dianlantinga said: Ini enak Sri…

    Makasih. Ini obat kangen. hi…hi…hi….

    Reply
  14. ernies said: Mantaffff…aku jaluk yo……

    Lha ayo ke sini. Cuma lodehnya sudah habis, semurnya tinggal telur dan beberapa potong tahu.

    Reply
  15. ernies said: Mantaffff…aku jaluk yo……

    wah.. akhirnya, yang ditunggu2 dateng juga..hehehe.. aku contek ya mbak…sedep bener keliatannya!

    Reply
  16. sparklingcosmic said: wah.. akhirnya, yang ditunggu2 dateng juga..hehehe.. aku contek ya mbak…sedep bener keliatannya!

    Silahkan dicontek, silahkan dimodifikasi sesuai selera karena belum tentu yang saya suka, Jacky akan suka. Kalau resep aslinya sih pake 250 gram tetelan, 8 butir telur serta 300 gram tahu. Tomat yang dipake dalam resep asli 250 gram juga.

    Reply
  17. sparklingcosmic said: wah.. akhirnya, yang ditunggu2 dateng juga..hehehe.. aku contek ya mbak…sedep bener keliatannya!

    uenak tenan ketoke…

    Reply
  18. sparklingcosmic said: wah.. akhirnya, yang ditunggu2 dateng juga..hehehe.. aku contek ya mbak…sedep bener keliatannya!

    mbak sri…jadi puengin …nih…..nyampleng tenan….sayur lodeh yang pake kacang tholo sama tahu saya suka banget:)

    Reply
  19. sparklingcosmic said: wah.. akhirnya, yang ditunggu2 dateng juga..hehehe.. aku contek ya mbak…sedep bener keliatannya!

    haaaa… nonton porsi maem’e mbak sri ndemenakke tenan… pas lah!!!

    Reply
  20. ningnong said: uenak tenan ketoke…

    Lha rumangsaku yo enak Ning…..namanya juga di rantau….

    Reply
  21. nur4hini said: ….sayur lodeh yang pake kacang tholo sama tahu saya suka banget:)

    Aku yo suka. Cuma sampai sekarang aku masih belum bisa cari tolo di sini. Aku pernah beli di Asian supermarket, tapi masih nggak yakin itu kacang tolo beneran atau bukan. Belum pernah dicoba sih. hi….hi…hi…..

    Reply
  22. haleygiri said: haaaa… nonton porsi maem’e mbak sri ndemenakke tenan… pas lah!!!

    Hi…hi….hi…iki ora jelas antara laper dan rakus. he…he…he…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: