RSS Feed

Nasi goreng bumbu iris….

Posted on

Ini nyontek Primarasa Femina lagi, seri jajanan Jakarta. Judul aslinya sih “Nasi goreng tabur rawit”. Berhubung nggak punya cabe rawit (wong mahal), akhirnya aku pake cabe merah dan ijo. Yang penting puedes!!!

Resep asli pake ayam goreng, aku nggak pake soalnya Leo nggak makan daging ayam. Aku ganti pake daging sapi cincang, biar cepet dan gampang (dasar muales. he…he…he…). Resep ini sudah aku modifikasi sesukaku. Tapi yang jelas semuanya diiris, nggak ada yang diuleg (wong resep aslinya juga gitu kok). Jadi judul yang paling tepat adalah “NASI GORENG MUALES!!!”

Bahan:

600 gram nasi (resep asli 800 gram), 125 gram daging cincang (resep asli 2 potong ayam goreng yang disuwir-suwir), minyak untuk menumis, 8 siung bawang putih dicincang, 3 butir telur kocok lepas (aku malah lupa nggak aku kocok. Resep asli 4 butir telur), 5 cm prei (karena nggak punya daun bawang), 3 cabe merah dan 3 cabe hijau dipotong-potong (resep asli 10-12 cabe rawit hijau diiris tipis untuk taburan)

Saus: campur jadi satu

2 sdm kecap asin/kecap ikan, 1 sdm kecap manis, 1 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam, 50 ml air/kaldu (aku pake 1/2 kaldu blok ditambah air).

Cara:

1. Uraikan butiran nasi menggunakan garpu agar tidak bergumpal.

2. Panaskan minyak goreng dan tumis bawang putih sampai harum dan matang.

3. Masukkan cabe merah dan hijau dan aduk sampai layu (kalau sesuai resep yaitu pake cabe rawit, nggak perlu dimasukkan karena cabe rawit hanya untuk taburan)

4. Masukkan daging cincang dan aduk sampai matang (kalau menurut resep pake daging ayam goreng suwiran, dimasukkan setelah telur, bukan tahap ini)

5. Masukkan saus, aduk sampai harum

6. Masukkan nasi, aduk-aduk sampai rata

7. Sisihkan nasi ke pinggir wajan dan tuang telur kocok di tengah wajan. Tunggu sebentar sampai mulai membeku, langsung aduk-aduk hingga berbutir-butir kecil.

8. Aduk seluruh isi wajan hingga telur orak-arik dan nasi tercampur rata. Masukkan daun bawang (aku pake prei karena nggak punya daun bawang, itu aja hampir kelupaan) dan ayam suwiran (aku nggak pake). Aduk hingga nasi berasap.

9. Pindahkan ke piring saji. Aku taburi brambang goreng dan irisan sledri mentah. Kalau menurut resep asli nggak dikasih brambang goreng dan sledri tapi ditaburi irisan cabe rawit.

10. Kami makan pake salad, rasanya jadi seger. Kalau di resep dilengkapi dengan acar mentimun dan emping goreng.

Catatan: dengan porsi segini, kami makan dua kali (karena terlalu banyak untuk dimakan sekali. Itu saja masih sisa untuk breakfast ku. Maklum summer, jadi selera makan berkurang). Yang penting puedes. Leo yang punya masalah dengan perut, masih nekat makan ini, katanya siapa tahu cabe bisa membunuh bakteria di perut.

26 responses »

  1. Hhhmmm yummiii…dah lama nga bikin nasi goreng,besok coba ah,kebetulan punya ayam goreng…

    Reply
  2. Pertama…Mengharap dapat seporsi dari Sri

    Reply
  3. Keduluan sama Erni…. hahaha…

    Reply
  4. ernies said: Hhhmmm yummiii…dah lama nga bikin nasi goreng,besok coba ah,kebetulan punya ayam goreng…

    Ayo dicoba. Gampang, tinggal diiris-iris. he…he…he…

    Reply
  5. dianlantinga said: Mengharap dapat seporsi dari Sri

    Boleh kok, silahkan nyendok sendiri ya. he…he…he….

    Reply
  6. dianlantinga said: Keduluan sama Erni…. hahaha…

    he…he…he…kalah cepet…..

    Reply
  7. cutyfruty said: Leo yang punya masalah dengan perut, masih nekat makan ini, katanya siapa tahu cabe bisa membunuh bakteria di perut.

    gusti allah … kepiye to bojomu iki, mbak? heheheee … ning logikane masuk akal. bakteri di perut kepedesen, bakterinya sakit perut, lalu mati. jadi tidak membuat leo sakit perut lagi. coba diterapkan juga untuk yang lain: sakit flu, pusing, bengkak, dll… dll … dll .. :-))))))

    Reply
  8. ynugroho said: gusti allah … kepiye to bojomu iki, mbak? heheheee … ning logikane masuk akal. bakteri di perut kepedesen, bakterinya sakit perut, lalu mati. jadi tidak membuat leo sakit perut lagi. coba diterapkan juga untuk yang lain: sakit flu, pusing, bengkak, dll… dll … dll .. :-))))))

    Lha nek menurut dia itu, kenapa orang bule kalau ke Asia sering kena diare. Iki karena bakteri Eropa dan Indonesia wis bedo. Jadi nggak cuma masalah higienis thok. Walaupun di Indonesia kita masak secara bersih, tetap saja bisa kena diare karena bakterinya sudah beda. Ini menurut dia.Terus kenapa orang Indonesia walaupun makan tempe campur debu (kuwi lho gorengan yang dijual di pinggir jalan), nggak diare. Soale makannya pake cabe. Menurut dia, cabe itu pembunuh bakteri. Jadi semacam obat juga lho. Nah kalau masalah obat, doi bingung kok orang Indonesia kalau sakit macem-macem ditambani vicks atau balsem. Lha wong yo nyatane waras kok ditambani vicks. Coba aja, sakit perut, keseleo, batuk, flu, pilek, sakit gigi dsb biasanya kan obatnya vicks to? Leo sampe nanya: “kalau gitu vicks is the miracle obat for Indonesian ya? Terus dokter nggak laku ya di Indonesia?” he…he…he…

    Reply
  9. ynugroho said: gusti allah … kepiye to bojomu iki, mbak? heheheee … ning logikane masuk akal. bakteri di perut kepedesen, bakterinya sakit perut, lalu mati. jadi tidak membuat leo sakit perut lagi. coba diterapkan juga untuk yang lain: sakit flu, pusing, bengkak, dll… dll … dll .. :-))))))

    wow…sedap banget nih say keliatannya…..mana belon makan siang lagi gue…lapeerrrrr

    Reply
  10. 3astwest said: wow…sedap banget nih say keliatannya…..mana belon makan siang lagi gue…lapeerrrrr

    Disini sudah hampir jam sepuluh malam, sudah ngantuk nih….

    Reply
  11. 3astwest said: wow…sedap banget nih say keliatannya…..mana belon makan siang lagi gue…lapeerrrrr

    Sriiii …. uwaaah uenak nya nasi goyeng kamu itu, lha masih diarhe tho Leo kamu ? … aku mauuu o Sri!Ehh .. aku sudah buat beberapa links. Muaaach … kangen kamu, kangen masakan kamu yang pedeeeesss!

    Reply
  12. 3astwest said: wow…sedap banget nih say keliatannya…..mana belon makan siang lagi gue…lapeerrrrr

    mbak sri..nyontek deh nasi goreng bumbu iris nya, kelihatannya kog praktis, gak usah ngulek bumbune…🙂

    Reply
  13. 3astwest said: wow…sedap banget nih say keliatannya…..mana belon makan siang lagi gue…lapeerrrrr

    cocok ama aku yang juga muales… hahahaha laper nih…. pagi2 udah sampe kantor.. hujan, dingin, belom sarapan pula.. hiks :((

    Reply
  14. 3astwest said: wow…sedap banget nih say keliatannya…..mana belon makan siang lagi gue…lapeerrrrr

    Hohoi…kirim 1 porsi kesini ya mbak…lagi hujan terus nih sepagian… hihihi

    Reply
  15. 3astwest said: wow…sedap banget nih say keliatannya…..mana belon makan siang lagi gue…lapeerrrrr

    enak kiii…. esuk2 sarapan sego goreng puedessss…. marakne semangat!!! Mauuuuu…

    Reply
  16. 3astwest said: wow…sedap banget nih say keliatannya…..mana belon makan siang lagi gue…lapeerrrrr

    aku laferrrrrrrrr huhuhuhuhu pengennnnnn sengsara ya kalo diet hiks

    Reply
  17. katabelece said: Sriiii …. uwaaah uenak nya nasi goyeng kamu itu, lha masih diarhe tho Leo kamu ? … aku mauuu o Sri!Ehh .. aku sudah buat beberapa links. Muaaach … kangen kamu, kangen masakan kamu yang pedeeeesss!

    Leo masih diare. Setelah dipaksa berkali-kali, Selasa kemarin ke dokter dan Rabu ke lab. Lha piye wis luwih 5 minggu diarenya nggak sembuh-sembuh. Sampe kurus dan pucet gitu. Kamu sudah bikin links ya. Bagus kalau gitu. Aku juga kangen kamu. Lha kalau masak memang aku pedes, lha bosen to kalau disuruh makan pasta melulu. Makanya aku bikin nasi goreng yang puedes. he…he…he…

    Reply
  18. nur4hini said: mbak sri..nyontek deh nasi goreng bumbu iris nya, kelihatannya kog praktis, gak usah ngulek bumbune…🙂

    Silahkan nyontek, wong aku juga nyontek. he…he…he….Memang bumbu bisa diblender, tapi kan harus nyuci blender ya. Dasar aja males. hi…hi…hi…

    Reply
  19. ningnong said: cocok ama aku yang juga muales… hahahaha laper nih…. pagi2 udah sampe kantor.. hujan, dingin, belom sarapan pula.. hiks :((

    Lha apa mau sarapan nasi goreng? Hujan ya? Lumayan ya nggak panas………katanya setelah aku balik lagi, Jakarta panas sekali karena nggak hujan…

    Reply
  20. andracharoen said: Hohoi…kirim 1 porsi kesini ya mbak…lagi hujan terus nih sepagian… hihihi

    Lha ngambil 2 porsi juga boleh kok. he…he…he…

    Reply
  21. haleygiri said: enak kiii…. esuk2 sarapan sego goreng puedessss…. marakne semangat!!! Mauuuuu…

    Boleh…silahkan….ambil sendiri sesukanya….hi…hi…hi…

    Reply
  22. loranty said: sengsara ya kalo diet hiks

    Demi kecantikan….jadi sabar ya….Pokoknya harus merem ya kalau ada nasi goreng, tekwan, pempek, dll….

    Reply
  23. loranty said: sengsara ya kalo diet hiks

    wuihhh ngilerrrrrrrrr

    Reply
  24. taishaluv said: wuihhh ngilerrrrrrrrr

    Boleh kok diicipi. hi…hi…hi…

    Reply
  25. taishaluv said: wuihhh ngilerrrrrrrrr

    waduh..tuh cabe melototin minta diembat

    Reply
  26. mamahanna said: waduh..tuh cabe melototin minta diembat

    Boleh kok kalau mau kepedesen. hi…hi…hi…

    Reply

Leave a Reply

