RSS Feed

Tanya dong………..

Posted on

Teman-teman, tanya dong. Berhubung sudah beli loyang dari Indonesia, aku pengin belajar bikin cake (atau bolu? bedanya apa sih?). Mau tanya nih, enaknya bikin cake apa ya yang sederhana tapi enak? Harap dimaklumi, aku jarang banget bisa bikin cake yang bagus alias selalu ambleg! So, ada yang punya resep? Kalau bisa cake atau bolunya syaratnya kayak gini (sudah minta tolong, pake syarat lagi. he…he…he…):

1. Putih telur nggak dikocok terpisah sama kuning telur. Pokoknya kalau ngocok kuning dan putih telur harus barengan.

2. Nggak pake digulung

3. Nggak pake acara api atas api bawah, wong ovenku sederhana

4. Nggak pake dilapis-lapis (wong selapis saja masih belum becus)

5. Nggak pake whipped cream, walaupun di sini ada whipped cream tapi aku nggak pinter ngocok whipped cream.

6. Nggak pake ditim dan dikukus, yang penting di-oven dan nggak pake pasir segala ngovennya.

7. Nggak pake susu bubuk, tapi kalau susu segar boleh karena susah banget cari susu bubuk di tempatku ini

8. Nggak pake terigu protein tinggi, rendah dan sedang. Pokoknya yang ada all purpose flour

9. Nggak pake tape, ubi, singkong, santan dan sejenisnya (daripada susah nyarinya dan harus bikin dulu kalau pake tape atau gampang cari santen, tapi paling juga kalengan, males mau buka kelapa sendiri)

10. Bahan yang bisa aku cari di sini secara gampang adalah: terigu (all purpose), gula, butter, margarine, cheese, susu segar, coklat bubuk, kopi, custard, maizena, baking powder

11. Kebetulan aku punya emulsifier (Ovalet, TBM walaupun kalau pake ini gagal juga. hi…hi..hi…)

Itu saja syaratnya. Kalau punya resep yang sederhana, tolong dong aku dikasih. Aku sudah buka-buka resepnya MPers, tapi kok masih terlalu canggih buatku. Aku penginnya yang sederhana tapi enak, nggak bantat, nggak padet, moist (pengin mudah tapi maunya buanyak. he…he…he…). Kalau perlu semua bahan dicampur jadi satu dan dikocok. he…he…he….

Terimakasih ya sebelumnya…..

43 responses »

  1. cake yg pakai banyak kismis/rozijnen, paruh coklat paruh bolu biasa,tapi dlm satu loyang, nyam-nyam…mmmm….sukses Sri.

    Reply
  2. sylvietan said: cake yg pakai banyak kismis/rozijnen, paruh coklat paruh bolu biasa,tapi dlm satu loyang, nyam-nyam…mmmm….sukses Sri.

    Punya resepnya tante?

    Reply
  3. sylvietan said: cake yg pakai banyak kismis/rozijnen, paruh coklat paruh bolu biasa,tapi dlm satu loyang, nyam-nyam…mmmm….sukses Sri.

    atau………..yg pakai segala macam ada yg merah,hijau (semua manis2) kecil2 juga ada raisinnya juga kecil2, namanya Mascovis-cake lah.Kalau saya salah sebut namanya, tapi isinya betul, Sri. Juga gampang, tapi kelihatannya susah Sri dan…..bagus utk dilihat…Sukses dah…

    Reply
  4. cutyfruty said: Punya resepnya tante?

    Aduh Sri cara bikin cake selalau simpel loh, nggak usah belajar, asal aduk terus dalam oven selesai.Resepnya kebanyakan ada diatas doos dimana beli model kueh/cake itu. GINI: kamu pergi ke-supermarkt, pura2 beli satu doos terus nyontek dari situ, kalau ngga saya kirim resep lah, ada Sri.MAU?

    Reply
  5. cutyfruty said: Punya resepnya tante?

    saya kirim ya?

    Reply
  6. cutyfruty said: Punya resepnya tante?

    hihihi…syaratnya banyak bgd mbak, untung bukan syarat2 cari jodoh hehehe…bikin kue bolu/sponge cake aja mbak kan gampang hehehe

    Reply
  7. sylvietan said: atau………..yg pakai segala macam ada yg merah,hijau (semua manis2) kecil2 juga ada raisinnya juga kecil2, namanya Mascovis-cake lah.Kalau saya salah sebut namanya, tapi isinya betul, Sri. Juga gampang, tapi kelihatannya susah Sri dan…..bagus utk dilihat…Sukses dah…

    Saya pernah lihat resep moscovis cake, ternyata masih terlalu sulit buat saya tante. Memang saya parah bener tante dalam hal per-cake-an. Masih belum bisa ngocok butter dan gula dengan baik. Saya pernah bikin cake yang butter dan gula dikocok terpisah dari telur. Hasilnya ambles juga….hiks…hiks…

    Reply
  8. sylvietan said: saya kirim ya?

    Terimakasih tante, sudah saya terima…

    Reply
  9. taishaluv said: hihihi…syaratnya banyak bgd mbak, untung bukan syarat2 cari jodoh hehehe…bikin kue bolu/sponge cake aja mbak kan gampang hehehe

    Syarat cari jodo? Lha dulu aku cari jodo yang syaratnya sederhana saja susah kok. he…he…he…Aku sudah pernah bikin bolu/sponge cake. Hasilnya: AMBLEG. hiks…hiks….

    Reply
  10. taishaluv said: hihihi…syaratnya banyak bgd mbak, untung bukan syarat2 cari jodoh hehehe…bikin kue bolu/sponge cake aja mbak kan gampang hehehe

    hadduuhhh…aku gak pernah juara masak kue..hihihi

    Reply
  11. suluhpratita said: hadduuhhh…aku gak pernah juara masak kue..hihihi

    Lha opo maneh aku. hi…hi…hi….

    Reply
  12. suluhpratita said: hadduuhhh…aku gak pernah juara masak kue..hihihi

    lagi tak takonke bojoku, mbak. soale dia hobi masak. sopo ngerti ..🙂

    Reply
  13. ynugroho said: lagi tak takonke bojoku, mbak. soale dia hobi masak. sopo ngerti ..🙂

    Terimakasih ya……

    Reply
  14. ynugroho said: lagi tak takonke bojoku, mbak. soale dia hobi masak. sopo ngerti ..🙂

    gw biar punya…tapi enggak pake emulsifier kalo bikin cake say…

    Reply
  15. ynugroho said: lagi tak takonke bojoku, mbak. soale dia hobi masak. sopo ngerti ..🙂

    kog akeh men syarate…..hehehehe….. gawe pancake ae gampang Sri!

    Reply
  16. ynugroho said: lagi tak takonke bojoku, mbak. soale dia hobi masak. sopo ngerti ..🙂

    ONTBIJTKOEKBAHAN:6 butir kuning telur2 butir putih telur25 gram gula pasir75 gram gula merah, disisir halus75 gram tepung terigu20 gram tepung maizena1 sendok makan bumbu spekuk10 gram susu bubuk50 gram margarin, dilelehkan75 gram kenari cincangCARA MEMBUAT:1. Kocok telur dengan gula pasir dan gula merah sampai kaku.2. Ayak tepung terigu, maizena, bumbu spekuk, tepungmaizena, bumbu spekuk, dan susu bubuk.3. Masukkan campuran tepung ke dalam telur sambil di ayak. Adukperlahan, lalu tuangkan margarin cair. Aduk rata4. Masukkan ke dalam loyang loaf yang telah dialasikertas dan diolesi margarin . Taburkan kenari diatasnya . 5. panggang dengan suhu 180 derajat selama 30-40 menit.__._,_.___Mudah2an bisa membantu

    Reply
  17. ynugroho said: lagi tak takonke bojoku, mbak. soale dia hobi masak. sopo ngerti ..🙂

    mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    Reply
  18. 3astwest said: gw biar punya…tapi enggak pake emulsifier kalo bikin cake say…

    Aku pake atau nggak pake emulsifier hasilnya tetep saja ambleg. hiks…hiks…hiks…..Perasaan sudah mengikuti resep dan aturan…..

    Reply
  19. elkaje said: kog akeh men syarate…..hehehehe….. gawe pancake ae gampang Sri!

    Lha kalau pancake kan cuma butuh teflon yo?Masalahe aku pengin pake loyang yang aku beli di Titan dulu daripada diomeli Leo, wong sudah dibeli, dibawa berat-berat kok nggak dipake, cuma menuh-menuhi tempat saja. he…he…he…

    Reply
  20. ellytjan said: Mudah2an bisa membantu

    Terimakasih tante atas resepnya. Semoga berhasil ya tante saya bikinnya nanti.Oh ya tante, kalau nggak ada susu bubuk bisa diganti apa tante? Creamer bisa?

    Reply
  21. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    Lha wong aku pernah bikin dengan cara gitu juga gagal tuh. Wis embuh aku iki, kok kalau bikin cake jarang banget berhasil. Lha wong bikin bolu kampung sing padet dan keras saja bisa ambleg kok aku iki. Wis jan bangeten tenan….

    Reply
  22. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    Ya amplooop Sri, kok ya refot sekali sih bikin cake saja …ga pernah tu pakai ovalet, TBM dll ..membuat cake putih telurnya tak pisah. Ada nih salah satu Resep Cake apel, sederhana saja:200 gr tepung150 gr gula pasir150 gr mentega yang dicairkan1 sachet bicarbonat (11 gr)5 telur, dipisah putihnya di kembangkan4 buah apel yang diiris tipis tipisCampur dan kocok gula, kuning telur, mentega , tepung , vanila + apelterachir aduk dengan putih telur pelan-pelanpanggang 180 ° selama 50 mnt lepkurjadi deh ..

    Reply
  23. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    Sri ini resep dari Mama Ku, gapang dan lembut. Cake ala Mama KuIngredients:250 gr terigu di ayak250 gr mentega10 putih telur 10 kuning telur 250 gr gula halus1 sendok teh aroma pasta pandan 1 sendok teh TBM1 Sendok teh baking powder½ sendok teh garam1 sendok teh vanilieKismis secukupnyaDirections:- Mixer putih telur bersama garam sampai kaku- Mixer Mentega dan gula dan vanillie kira-kira 15 menit, lalu masukkan kuning telur dan terus mixer sampai merata, masukin TBM dan aroma pasta pandan dan baking powder mixer terus sampai tercampur dan stop mixer.Lalu masukkan terigu dan putih telur diputar 1 arah pelan dgn spatula sampai tercampur merata.Adonan dimasukin loyan dan masak di oven 180 °C selama 45 ..

    Reply
  24. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    Terimakasih ya….Terus masukinnya kuning telur kapan? Kemampuanku masih parah untuk mengocok putih telur secara terpisah dari kuning telur. Harusnya dikocok berapa lama supaya kaku?

    Reply
  25. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    Maaf Sri, barusan keburu2 sekarang saya koreksi diatas.

    Reply
  26. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    mba sri, bikin butter cake aja. Gampang buanget! ini resep saktinya..6 butir telor250 gram gula pasir berbutir halus250 gram terigu250 gram margarin/mentega1/2 sdt baking powder1/2 sdt vaniliCaranya:- panaskan oven 180 deg C- kocok margarin dengan gula sampai putih- masukkan telor satu persatu, kocok terus sampai adonan naik, kental dan gula larut- matikan mixer- masukkan terigu + baking powder (sedikit demi sedikit), sambil diaduk dengan spatula- tuang ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialas kertas roti. dari adonan ini bisa dibikin macem2 kueh, seperti marmer cake, crenten cake, atau ditaburi kacang tumbuk

    Reply
  27. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    paling gak ribet kalu mo bikin cake beli yang instant heheheh merk pondan ada di supermarket di jkt (btw sri sekarang lokasi dimana aku baca lokasi di depok)cuma ngocok telur dan masukin tepung yang sudah tersedia trus panggang…………traaaaaaaaa………….dalam 30 menit jadi tuh cake

    Reply
  28. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    Bikin pancake-nya di atas loyang mbak… hihihih…saran yang tidak membantu yo.. Maap aku juga ngga pengalaman bikin kue, dan ngga bisa nyoba2in bikin kue karena boros dan bikin ndut. Kekekeks…Kalo mbikin puding (agar-agar pakai susu, campur buah segar jg bisa) tapi dicetak di loyang… piye? Dijamin gak ambleg, bentuknya cantik.Piye nek ganti hobi wae mbak… Hobi kolektor loyang dan peralatan dapur… heheheh… semangaattt ayo coba teruss….

    Reply
  29. erm718 said: mbak Sri nek meh sukses bikin cake pake caraku wae: beli bahan roti macem Betty Crocker/Pillsbury etc, meng nambahi lengo karo ndog trus ngocoke sedelok.. bar kuwi dioven, dijamin berhasil… hehe :))

    Hu uh, setuju Nining, gawe butter cake aee… gampang!Coba lihat resep sultana cake ini mbakTrus tentang bolu, buku resep cake dasar Yasa Boga bilang klo sponge cake yang biasa disebut bolu.

    Reply
  30. katabelece said: 1 sachet bicarbonat (11 gr)5 telur, dipisah putihnya di kembangkan

    Aku ini mau pake ovalet atau enggak, hasilnya podho wae: AMBLEG! Lha embuh kuwi, orang-orang kalau bikin bagus, kalau aku kok jelek.Bicarbonat kuwi opo? Baking powder?5 telur, dipisahkan putihnya dikembangkan kuwi maksude piye? Putih telur dikocok terpisah dari kuning telur? Lha ini nih yang aku masih oon. Itu ngocoknya berapa lama ya kalau telurnya segitu? Thanks for sharing ya…..

    Reply
  31. dianlantinga said: Maaf Sri, barusan keburu2 sekarang saya koreksi diatas.

    Terimakasih ya atas koreksiannya. Aku kumpulin semua resep. Nanti dicoba satu-per satu. Kalau sebulan nyoba satu kan kalau ada 6 resep, sampai akhir tahun pas ya. Maklum, aku nggak berani tiap minggu coba soalnya badan sudah makin melar. Thanks for sharing……….

    Reply
  32. ningnong said: dari adonan ini bisa dibikin macem2 kueh, seperti marmer cake, crenten cake, atau ditaburi kacang tumbuk

    Terimakasih ya Ning. Wish me luck ya……..

    Reply
  33. multa2001 said: paling gak ribet kalu mo bikin cake beli yang instant heheheh merk pondan ada di supermarket di jkt (btw sri sekarang lokasi dimana aku baca lokasi di depok)cuma ngocok telur dan masukin tepung yang sudah tersedia trus panggang…………traaaaaaaaa………….dalam 30 menit jadi tuh cake

    Lha aku pake Pondan juga nggak pernah berhasil kok. hi…hi…hi…Gambar kotaknya bagus, ketika dicoba, jadinya nggak seindah yang aku harapkan. hiks….hiks….Aku sekarang tinggal di Belanda. Depok tempat tinggalku sebelum menikah.

    Reply
  34. andracharoen said: Kalo mbikin puding (agar-agar pakai susu, campur buah segar jg bisa) tapi dicetak di loyang… piye? Dijamin gak ambleg, bentuknya cantik.Piye nek ganti hobi wae mbak… Hobi kolektor loyang dan peralatan dapur… heheheh… semangaattt ayo coba teruss….

    Aku juga dibawain nih loyang agar-agar sama ibuku. Lha embuh kapan mau bikinnya. hi…hi…hi…Lha kalau aku jadi kolektor loyang, Leo bisa ngedumel. Wong sekarang setiap lihat bininya pulang dari toko bawa peralatan dapur baru saja, selalu tanya kok, mau disimpen dimana. hi…hi…hi….

    Reply
  35. haleygiri said: Hu uh, setuju Nining, gawe butter cake aee… gampang!Coba lihat resep sultana cake ini mbakTrus tentang bolu, buku resep cake dasar Yasa Boga bilang klo sponge cake yang biasa disebut bolu.

    Terimakasih ya jeng…………Aku bikin list dulu, kemudian dicoba satu per satu. Kalau gagal nggak berani posting. hi…hi…hi…Oh ya, resep sultana cake pake butter milk yo? Wah kudu takon Leo dhisik iki, butter milk bentuke kayak apa, wong ora tahu ngerti. Pengganti butter milk apa ya? Susu biasa?

    Reply
  36. cutyfruty said: Bicarbonat kuwi opo? Baking powder?

    Iya, pengembang atau ragi bubuk (levure, boso prancis’e dan biasanya ada 1 kantong kecil yg 11 gr itu.) – Kalo putih telor nya kamu mixer sampe ngembang, tegang dan kalo di tunclepin sendok ga ndoyot sendoknya.. lamanya tergantung dr mixer kamu … makin kencang speednya yo makin cepet oo ..

    Reply
  37. katabelece said: Iya, pengembang atau ragi bubuk (levure, boso prancis’e dan biasanya ada 1 kantong kecil yg 11 gr itu.) – Kalo putih telor nya kamu mixer sampe ngembang, tegang dan kalo di tunclepin sendok ga ndoyot sendoknya.. lamanya tergantung dr mixer kamu … makin kencang speednya yo makin cepet oo ..

    Thanks ya….Wish me luck yo…..aku pengin coba resepnya satu per satu…..

    Reply
  38. cutyfruty said: Pengganti butter milk apa ya? Susu biasa?

    butter milk iso digenti ama susu cair + cuka/air jeruk nipis.takerannya: 250 ml susu + 1 sdm cuka/air jeruk nipis..aduk rata, terus diamkan 10 menit.. jangan kaget, nanti jadinya bergumpal-gumpal dan mengental.. :))

    Reply
  39. ningnong said: butter milk iso digenti ama susu cair + cuka/air jeruk nipis.takerannya: 250 ml susu + 1 sdm cuka/air jeruk nipis..aduk rata, terus diamkan 10 menit.. jangan kaget, nanti jadinya bergumpal-gumpal dan mengental.. :))

    Terimakasih ya Ning….muach….muach….

    Reply
  40. ningnong said: butter milk iso digenti ama susu cair + cuka/air jeruk nipis.takerannya: 250 ml susu + 1 sdm cuka/air jeruk nipis..aduk rata, terus diamkan 10 menit.. jangan kaget, nanti jadinya bergumpal-gumpal dan mengental.. :))

    butter cake type mungkin memang adalah pilihan praktis yang cukup sederhana dalam membuat cake. juga hasilnya bisa bervariasi.. kalo mau ide lain, muffin, cupcakes, brownies bisa juga dicoba karena metode pembuatannya cukup simple dan tingkat resiko kegagalannya rendah .. nanti resepnya nyusul deh. hehehe. yang penting walau gagal jangan putus asa ya, mbak. coba terus, nanti pasti jadi terbiasa dan lebih mahir🙂.

    Reply
  41. debluelover said: .. kalo mau ide lain, muffin, cupcakes, brownies bisa juga dicoba karena metode pembuatannya cukup simple dan tingkat resiko kegagalannya rendah .. nanti resepnya nyusul deh. hehehe. yang penting walau gagal jangan putus asa ya, mbak. coba terus, nanti pasti jadi terbiasa dan lebih mahir🙂.

    Aku nih mau coba loyang baru, daripada sudah beli jauh-jauh ke Indonesia nggak dimanfaatkan. Aku malah nggak punya cetakan muffin. Aku pernah bikin brownies, enak memang. Sekarang pengin nyobain resep lain. Thanks ya untuk supportnya…..

    Reply
  42. cutyfruty said: Lha aku pake Pondan juga nggak pernah berhasil kok. hi…hi…hi…Gambar kotaknya bagus, ketika dicoba, jadinya nggak seindah yang aku harapkan. hiks….hiks….Aku sekarang tinggal di Belanda. Depok tempat tinggalku sebelum menikah.

    ah masaaaaaaaaa sih??? emang gak seindah yang di kotak sih………..kan kayaknya gambar yang dikotak mah kudu di hias lagi……………..lumayan enak kata temen2 sih enak pula…………tapi pas buka kartu gak jadi pada kagum deh heehheheheh

    Reply
  43. multa2001 said: ……………..lumayan enak kata temen2 sih enak pula…………tapi pas buka kartu gak jadi pada kagum deh heehheheheh

    he…he…he…Aku sudah pernah coba bahan dari Pondan atau juga keluaran Dr. Oetker (salah satu nama merk di sini) dan satu lagi kalau nggak salah Koopmans, tetep saja gagal. Bingung aku. Kalau suamiku yang bikin kok bisa bagus, kalau aku yang bikin kok jelek. hiks….hiks….hiks….

    Reply

Leave a Reply

