RSS Feed

MFM#7: Nasi kuning seafood

Posted on

Tema MFM yang diorganisir oleh Yami kali ini adalah beras. Terimakasih Yami for organizing this event. Tadinya mau bikin risotto, tapi setelah search resep di internet, ternyata harus pake wine atau cognac dan berasnya pun harus tertentu seperti arborio. Ganti pengin bikin paella, tapi ternyata harus pake saffron. Aduh…kok susah banget sih. Nggak jadi lagi.

Akhirnya bikin nasi kuning dengan bumbu mirip paella tapi pake kunyit, caranya kayak bikin nasi goreng. Bingung to? Lha mau bikin nasi kuning beneran nggak telaten karena harus menyiapkan ubo rampe-nya (telur dadar, ayam goreng, kering tempe dsb). Tapi rasa nasi kuning ala aku ini lumayan enak kok (muji diri sendiri soalnya nggak ada yang muji selain Leo. Kalau dia sih wajib muji. he…he..he..). Ketika Leo tanya ini apa, aku bilang ini paella Jawa. he…he…he…

Bahan:

Nasi:

1 cup beras (aku pake basmati)

1/2 kaldu blok

1/2-1 sdt kunyit (tergantung selera)

Air untuk memasak nasi

Sayuran:

1/2 buah bawang bombay, iris dadu

1 siung bawang puting cincang

1 cabe merah, rajang

1/2 buah paprika merah, iris kotak

1 buah wortel, iris dadu, jangan terlalu kecil

3 buah jamur merang (aku pake yang gede), iris

1 buah tomat, potong kotak

1/4 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

minyak untuk menumis

Seafood:

5 buah king prawn (udang apa saja boleh deh)

1 kaleng tuna

1,5 genggam seafood lain (cumi, kerang dsb suka-suka, aku pake frozen karena yang ada itu)

Air jeruk nipis

1-2 cm jahe dicincang atau parut

1/2 buah bawang bombay, potong kotak

3 siung bawang putih, cincang

3 cm prei atau 1 batang daun bawang, iris

1-2 cm jahe, parut atau cincang halus

minyak untuk menumis (aku pake olive oil)

2 sdt sesame oil (minyak wijen)

1/2 sdt merica bubuk

1/2 sdt gula (pengganti vetsin)

1/2 sdt garam

1/2 kaldu blok

1 sdt basilicum

1 sdt oregano

1/2 sdt rosemarijn (optioneel)

1/2 sdt tjm (optioneel)

2 sdm saus tomat

3 batang seledri, cincang

brambang (bawang merah) goreng (optioneel)

Cara:

Nasi:

1. Masukkan beras dalam rice cooker dengan menambahkan 1/2-1 sdt kunyit bubuk dan 1/2 kaldu blok serta air sesuai dengan petunjuk rice cooker. Masak sampai nasi matang.

2. Setelah matang, uraikan nasi tersebut, dinginkan dan sisihkan (kalau perlu masukkan kulkas)

Sayur:

1. Panaskan olive oil dalam wajan, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan cabe merah dan tumis sampai layu.

2. Masukkan wortel dan tumis lagi

3. Masukkan paprika

4. Masukkan jamur dan tomat

5. Masukkan garam dan merica

6. Sisihkan. Sebaiknya sayuran jangan sampai terlalu layu. Aku lebih suka sayurnya masih setengah matang.

Seafood:

1. Marinate semua seafood (kecuali tuna kaleng) dalam air jeruk nipis selama minimum 15 menit, kemudian cuci dan tiriskan.

2. Panaskan 2 sdm olive oil dan 2 sdt minyak wijen. Tumis bawang putih dan jahe bersamaan

3. Masukkan bawang bombay dan aduk sampai harum. Masukkan daun bawang.

4. Masukkan udang dan seafood lain dan tumis hingga matang

5. Masukkan tuna dan tumis lagi

6. Masukkan semua bumbu: garam, merica, basilicum, kaldu blok, oregano, tijm, rosemarijn, saus tomat. Aduk rata

7. Masukkan nasi dan aduk rata

8. Masukkan sayuran yang sudah ditumis, aduk sebentar dan segera matikan api.

9. Masukkan seledri mentah dan aduk lagi.

10. Sajikan di piring dan taburi brambang (bawang merah) goreng. Enak dimakan pake salad.

Kayaknya sih ruwet ya, tapi sebetulnya gampang dan cepet masaknya karena tinggal potong-potong dan cemplang-cemplung dan crut-crut bumbu bubuk dan saus tomat.

51 responses »

  1. yusys said: Mbak..kalo yang pake sefood mah pasti sedep dech…

    Menurutku ya enak….hi…hi…hi…muji diri sendiri. Kami memang nggak makan daging ayam. Makan daging juga jarang sekali. Akhirnya pilihannya ikan…..Terimakasih ya sudah mampir…..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: