RSS Feed

Kecian deh gue….

Posted on

Dulu aku paling nggak suka makan kurma. Perasaan kok manis banget, nggak tahan betul. Sampai-sampai aku berpikir, ini manisan kali ya. Kalau ada yang kasih kurma kami sekeluarga bingung bagaimana menghabiskannya. Ujung-ujungnya paling dikasih ke orang lain. Lha kalau nggak suka dan sudah mencoba tetap saja nggak suka, apa ya mau dipaksa.

Kebetulan Mama Hanna menulis tentang kurma segar di sini. Thanks ya Mama Hanna. Penasaran juga nih pengin tahu kayak apa yang namanya kurma segar. Kebetulan 2 minggu yang lalu di pasar nemu kurma segar. Waktu itu malah nggak tahu kalau itu buah kurma (maklum cuma pernah ngelihat gambarnya doang, dan itupun juga lupa). Selama ini nggak pernah memperhatikan, cuma kalau ada kurma di pasar, aku pikir ini buah apa ya, kok kayak kokosan (kecian deh gue kagak tahu…..).

Di sini kurma disebutnya dadels dan aku yakin itu import. Untuk memastikan aku tanya penjualnya, apakah betul dadels itu kurma. Penjualnya bilang iya. Masih juga aku tanya lagi: ini yang untuk makanan di bulan Ramadhan itu kan? (banyak pedagang di pasar yang berasal dari Maroko, jadi banyak yang muslim). Penjualnya bilang iya lagi. Akhirnya kami beli sekilo. Pengin nyobain dulu, suka apa enggak.

Ternyata setelah mencicipi, enak lho. Ternyata kurma segar itu rasanya manis tapi manisnya nggak bikin eneg. Hi…hi…hi….baru tahu…..kecian deh gue….. Ternyata Leo juga suka. Dulu dia juga nggak suka kalau ditawarin makan dadels yang manisan (bener nggak sih manisan? Soalnya aku lihat kurma yang kematengan penampakannya beda dengan yang “manisan”).

Hari Sabtu lalu ketika ke pasar lagi, kami nemu kurma lagi. Bahkan jauh lebih bagus kualitasnya daripada yang kami beli 2 minggu yang lalu. Langsung borong 2 kilo…. lha kok kebetulan ada yang harga murah. Aku dapat yang sekilo harga 1 Euro, padahal di tempat lain 1/2 kilo harga 1,25 – 1,5 Euro. Tapi yang harga 1 Euro kualitasnya juga bagus, masih segar bahkan agak kehijauan sama dengan harga yang mahal. Mungkin ini rejeki bulan Ramadhan ya. Sekarang aku bisa menikmati kurma kalau berbuka…..alhamdulillah….

Catatan: gambar yang aku pasang ini adalah gambar kurma yang aku beli 2 minggu yang lalu. Ada yang masih segar tapi ada yang sudah kematangan. Tinggal sedikit soalnya sudah banyak yang dimakan. Ini cuma sisanya doang yang sempat difoto.

66 responses »

  1. atiecs said: Wah aku kok gak tahu ya kalau ada kurma yg segar, nanti cari ah di pasar. Namanya ya dandels gitu mbak? he..he.. tadi baca komentar 2 diatas, katanya bisa mengobati ketidaksuburan wanita ? Coba ah..Kebanyakan org Bld gak suka kurma ya, waktu aku beli kurma manisan wah Henri langsung bilang, gak enak itu.. ha..ha..

    Mbak tadi langsung aku ke pasar, kebetulan Rabu ada pasar. Setelah mubeng-mubeng, eh nemu tp harganya mahalnya tidak karuan. Pasti mbak Sri kaget… Per kilo 6 euro……. Ya karena itu satu-satunya terpaksa aku beli… He..he.. O jadi suaminya juga harus makan. Nanti ah kalau ke toko Turki atau Maroko mau nyari juga.

    Reply
  2. atiecs said: … Per kilo 6 euro……. Ya karena itu satu-satunya terpaksa aku beli… He..he.. O jadi suaminya juga harus makan. Nanti ah kalau ke toko Turki atau Maroko mau nyari juga.

    Mahal juga ya 6 euro per kilo. Karena di pasar Rotterdam paling mahal 3 euro per kilo. Mungkin karena cuma satu-satunya kali ya, jadi nggak ada saingan alias monopoli. Coba saja ke toko Maroko atau Turki, siapa tahu ada. Di tempatku malah nggak ada toko seperti itu, maklum nang ndeso. he…he…he… Betul suami harus ikut makan juga. Coba deh bujuk dia untuk nyicipin. Siapa tahu kayak Leo juga, nggak suka manisan kurma tapi kalau yang segar suka. Siapa tahu lho ini jalannya supaya punya baby. Yang penting usaha dan berdoa.

    Reply
  3. atiecs said: … Per kilo 6 euro……. Ya karena itu satu-satunya terpaksa aku beli… He..he.. O jadi suaminya juga harus makan. Nanti ah kalau ke toko Turki atau Maroko mau nyari juga.

    Iya mbak….amin. mbak mau tanya, tgl 16 Okt mbak Sri kerja atau ada acara gak?

    Reply
  4. atiecs said: … Per kilo 6 euro……. Ya karena itu satu-satunya terpaksa aku beli… He..he.. O jadi suaminya juga harus makan. Nanti ah kalau ke toko Turki atau Maroko mau nyari juga.

    wah jadi sehat wal afiat dong doyan makan korma…….

    Reply
  5. atiecs said: … Per kilo 6 euro……. Ya karena itu satu-satunya terpaksa aku beli… He..he.. O jadi suaminya juga harus makan. Nanti ah kalau ke toko Turki atau Maroko mau nyari juga.

    wah gue juga baru tau nih kurma seger mba….pengen nyobain deh (gw juga enggak suka kurma yg dah kering…kemanisan :))

    Reply
  6. atiecs said: Iya mbak….amin. mbak mau tanya, tgl 16 Okt mbak Sri kerja atau ada acara gak?

    Aku tanggal 16 Oktober belum ada acara apa-apa. Kalau mau kontak aku (ge-er nih yé. hi…hi..hi…), tolong telpon ke rumah ya. Aku sudah kasih nomor telpon rumahku kan lewat PM?

    Reply
  7. glennsean said: wah jadi sehat wal afiat dong doyan makan korma…….

    Amin. Semoga tambah sehat deh. Apakabarnya nih, kok lama nggak nongol. Kemangiku sudah tumbuh lho. Kadang aku panen juga (kayak punya berhektar-hektar saja). Thanks for giving me the kemangi seed ya….

    Reply
  8. 3astwest said: wah gue juga baru tau nih kurma seger mba….pengen nyobain deh (gw juga enggak suka kurma yg dah kering…kemanisan :))

    Kalau gitu sama dong kita baru tahu. Kalau pengin coba, beli saja sedikit dulu. Kalau suka baru beli lagi lebih banyak….

    Reply
  9. 3astwest said: wah gue juga baru tau nih kurma seger mba….pengen nyobain deh (gw juga enggak suka kurma yg dah kering…kemanisan :))

    Mbak, minta no telpnya lagi di PM ya, aku cari gak ada lagi… Nanti aku ceritain.. Trims sebelumnya.

    Reply
  10. atiecs said: Mbak, minta no telpnya lagi di PM ya, aku cari gak ada lagi… Nanti aku ceritain.. Trims sebelumnya.

    OK, nanti aku PM lagi ya. Atau kalau mau ngelihat PM lagi, bisa buka di custom, terus klik di bagian Filter by Type, ambil yang Personal Message. Kemudian klik OK, nanti akan keluar semua PM. Kalau mau balikin ke semula juga sama. Buka lagi custom, kemudian di bagian Filter by Type ambil yang all the post dan klik OK. Aku PM lagi nomor telponku. Minta nomor telponnya juga ya Dyah…Thanks

    Reply
  11. atiecs said: Mbak, minta no telpnya lagi di PM ya, aku cari gak ada lagi… Nanti aku ceritain.. Trims sebelumnya.

    Trims yo mbak

    Reply
  12. cutyfruty said: Ini aku fotoin lagi kurma yang kami beli hari Sabtu lalu. Tapi kok cepet banget jadi kuning ya. Padahal hari Sabtu lalu masih kehijauan lho. Cepet banget matengnya….

    Thanks mbak Sri tambahan photonya.. teteeeep blon nemu hiks..hiks…

    Reply
  13. atiecs said: Trims yo mbak

    Sama-sama Dyah. Aku juga pengin beli lagi besok Selasa karena Selasa ada pasar. Semoga bisa dapat kurma lagi di sana.

    Reply
  14. f4ika said: Thanks mbak Sri tambahan photonya.. teteeeep blon nemu hiks..hiks…

    Siapa tahu suatu kali bisa nemu. Atau malah kalau mudik bisa nemu….

    Reply
  15. f4ika said: Thanks mbak Sri tambahan photonya.. teteeeep blon nemu hiks..hiks…

    korma seger emang asyik mbak…………aku juga pertama kali liat di Singapore…eh belakangan di m’sia juga ada yang jual…..korma yang udah dikeringin ada bemacam macam lho mbak, ada yang enak gak terlalu manis………kalu di mekah or orang indonesia bilangnya korma nabi……..emang agak mahal juga siy….

    Reply
  16. multa2001 said: korma seger emang asyik mbak…………aku juga pertama kali liat di Singapore…eh belakangan di m’sia juga ada yang jual…..korma yang udah dikeringin ada bemacam macam lho mbak, ada yang enak gak terlalu manis………kalu di mekah or orang indonesia bilangnya korma nabi……..emang agak mahal juga siy….

    Aku malah baru makan kurma segar di sini. Setelah Ramadhan kurma sudah ilang lagi di pasar. Kata pedagangnya, kurma segar memang didatangkan ke Eropa terutama waktu Ramadhan, setelah itu susah banget nyari yang segar lagi. Pernah ada, tapi kualitasnya jelek. hiks…hiks…hiks….

    Reply

Leave a Reply

