RSS Feed

Kaasstengel goreng

Posted on

Selain kacang bawang, kami juga membuat kaasstengel. Aku menyebut kami, karena Leo juga ikut bantuin banyak dalam pembuatan makanan ini (terutama waktu menggiling).

Di Indonesia orang membedakan antara cheese stick dan kaasstengel. Kalau cheese stick biasanya berbentuk ramping pipih dan digoreng, sedangkan kaasstengel berbentuk seperti telunjuk dan dipanggang atau di-oven.

Padahal dalam bahasa Belanda cheese stick artinya sama dengan kaasstengel karena kaas = cheese atau keju dan stengel = stick atau batang. Jadi kaasstengel = cheese stick.

Tulisan kaasstengel menggunakan 2 huruf “s” karena 1 huruf “s” kepunyaan “kaas” dan 1 huruf “s” lainnya milik “stengel”. Kalau bentuk jamak menjadi “kaasstengels” dengan huruf “s” di akhir kata. Pengucapan kata “kaas” pun harus dengan “a” yang panjang karena ditulisnya “kaas” bukan “kas”. Seperti umumnya kata-kata dalam bahasa Belanda, “kaasstengel” ditulis dalam 1 kata bukan 2 kata walaupun mengandungi 2 kata yaitu “kaas” dan “stengel”

Leo menyebut makanan ini sebagai kaasstengel. Dia bener-bener suka banget makanan ini. Dia bilang: “This is the best kaasstengel I have ever had…....” Maklum di Belanda dia belum pernah menemukan kaasstengel seenak ini. Kaasstengels yang dijual disini biasanya bentuknya guede sekali. Aku belum pernah melihat kaasstengels Belanda yang digoreng, selalu yang dipanggang. Makan separo sudah mblenger tapi rasa kejunya nggak setajam yang kami buat.

Walaupun dia awalnya ngomel-ngomel karena mesin pasta yang kami gunakan tidak bagus (maklum wong murah), tapi begitu merasakan hasilnya, hilanglah semua kekesalan tersebut.

Waktu itu kebetulan kami punya simpanan Goudse kaas (keju Gouda), 48+, oud (tua). Aku pernah membuat ulasan tentang keju Belanda di sini. Seharusnya sih pake keju Edam, tapi aku nggak punya. Tapi Goudse kaas yang 48 + dan oud (tua) ini sangat mantap rasanya.

Resepnya aku dapat dari milis yang sumbernya sebetulnya dari Primarasa Femina.

Bahan:

200 gram terigu (aku pake lebih karena masih terlalu lembek untuk digiling)

30 gram tepung sagu atau kanji (aku juga libihin)

1/2 sdt merica

1 sdt garam (aku pake 1/2 sdt karena keju yang aku pake keju tua, jadi sudah asin)

150 gram keju Edam parut halus (aku pake 170 gram Goudse kaas/keju Gouda, 48 +, Oud/tua)

75 gram margarine lelehkan (aku pake mentega)

2 butir telur kocok sebentar (aku kocok lepas saja)

1 sdm air bila perlu (aku nggak pake karena itu saja sudah kelembekan)

1000 ml minyak goreng

Cara Membuat:

1. Campur terigu, tepung kanji, merica, garam dan keju parut dalam mangkuk. Aduk hingga rata. Masukkan mentega dan telur. Uleni hingga kalis atau licin.

2. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan gilas masing-masing adonan menjadi pipih. Aku malah bagi menjadi banyak karena mesin pasta kami nggak mampu untuk menggiling kalau cuma dibagi 3.

3. Potong-potong dan goreng.

TANYA DONG:

Ada yang punya tip nggak gimana cara menggoreng kaasstengels? Aku sebel banget karena setelah beberapa kali gorengan, minyaknya terus mumpluk berbusa bahkan sampai tumpah. Padahal aku nggorengnya pake panci besar dan isi minyaknya cuma 1/3 bagian. Setiap kali minyaknya naik, aku berusaha untuk menyendok dan memindahkan ke wadah lain, tapi gitu lagi gitu lagi…..

Akhir Cerita:

Setelah selesai bikin kaasstengel ini, kok ya mesin pastanya rusak. Padahal baru dipake sekali (wong belinya juga murah). hiks…hiks…hiks…..

Tapi yang jelas kata Leo: “Het is erg lekker……uenak tenaaaaannnnnnn. This is the best kaasstengel I have ever had…..”

Karena uenak tenan (empuk tapi renyah garing dan berasa banget kejunya), Leo (aku juga ding) sulit nyetop makan kaasstengels ini. Lha wong bikin hari Sabtu, maksudnya untuk lebaran, lha kok Senin sudah habis separo (padahal jadinya banyak lho).

Padahal dia sudah aku jatah, cuma boleh makan yang dalam toples kecil, maksudnya setoples untuk 2 hari. Lha kok belum sampai sehari (boro-boro sehari, wong cuma beberapa menit), kaasstengelsnya sudah amblas. Lha kalau gini apa ya nyampe lebaran ya….mau bikin lagi (persediaan keju sih masih ada), mesin pasta sudah rusak…..hiks…hiks…hiks…

50 responses »

  1. wahhh, ngemilin yang kayak gini aku gak bakal brenti2 lho mbak Sri.. hehehehe.. belum pernah coba yang digoreng.. males.. hehehe… lagian gak ada mesinnya :p

    Reply
  2. waduh kalau yg beginian mah saya juga bisa habis sendiri setoples besar😀 :Dkalau punyaku suka kutambahkan bawang halus atau yg bubuk.. jadinya rasa bawang tambah keju :-)terima kasih untuk resepnya ya.. jadi ngiler liat fotonya😀

    Reply
  3. Aku mau dong… mana sini 1 toples kecil ajah! :))

    Reply
  4. debluelover said: wahhh, ngemilin yang kayak gini aku gak bakal brenti2 lho mbak Sri.. hehehehe.. belum pernah coba yang digoreng.. males.. hehehe… lagian gak ada mesinnya :p

    Emang betul, susah berhentinya…Sebetulnya sih cepet ya, yang susah justru nggorengnya. Masih belum nemu cara gimana nggoreng ini supaya minyak nggak mumpluk berbusa. Kalau nggilingnya sih pake gilingan kayu juga bisa, tapi memang sih kalau pake gilingan pasta lebih konsisten ketebalannya….

    Reply
  5. irma303 said: waduh kalau yg beginian mah saya juga bisa habis sendiri setoples besar😀 :Dkalau punyaku suka kutambahkan bawang halus atau yg bubuk.. jadinya rasa bawang tambah keju :-)terima kasih untuk resepnya ya.. jadi ngiler liat fotonya😀

    Sama-sama….Aku belum pernah nih pake bawang. Thanks ya, kapan-kapan kalau bikin aku tambahin bawang putih deh. Mau bikin lagi, mesin pastanya rusak. Bisa untuk nggiling sih, tapi motongnya mungkin harus manual.

    Reply
  6. irma303 said: waduh kalau yg beginian mah saya juga bisa habis sendiri setoples besar😀 :Dkalau punyaku suka kutambahkan bawang halus atau yg bubuk.. jadinya rasa bawang tambah keju :-)terima kasih untuk resepnya ya.. jadi ngiler liat fotonya😀

    Jadi kaasstengel = cheese stick……..baru tau ini thanks for this info………….

    Reply
  7. ningnong said: Aku mau dong… mana sini 1 toples kecil ajah! :))

    Ayo ke sini kalau mau, sebelum kehabisan. Kemarin Leo nyariin, dia pikir aku sembunyiin. hi…hi…hi…

    Reply
  8. ningnong said: Aku mau dong… mana sini 1 toples kecil ajah! :))

    Kalau bentuk jamak menjadi “kaasstengels” dengan huruf “s” di akhir kata.so bhs belanda n bahs Inggris sama dunk kalu jamak ditambah huruf “s” ?

    Reply
  9. multa2001 said: Jadi kaasstengel = cheese stick……..baru tau ini thanks for this info………….

    Sama-sama mbak Lily….Memang kaasstengel = cheese stick.

    Reply
  10. multa2001 said: Jadi kaasstengel = cheese stick……..baru tau ini thanks for this info………….

    btw mo nanya lagi………….ada yang model bhs inggris gak bentuk jamak yang berubah seperti child jadi childrenmouse jadi mice………..heheheh pengen tau aja nih………..

    Reply
  11. multa2001 said: Kalau bentuk jamak menjadi “kaasstengels” dengan huruf “s” di akhir kata.so bhs belanda n bahs Inggris sama dunk kalu jamak ditambah huruf “s” ?

    Kalau jamak tidak selalu ditambah huruf “s” dalam bahasa Belanda. Misalnya “boek” (book), jamaknya adalah “boeken”.

    Reply
  12. cutyfruty said: Kalau jamak tidak selalu ditambah huruf “s” dalam bahasa Belanda. Misalnya “boek” (book), jamaknya adalah “boeken”.

    oh………..jadi sama ya ama bhs inggris gak semua ditambah ‘s’ jamaknya…………thanks lagi nih…….

    Reply
  13. multa2001 said: btw mo nanya lagi………….ada yang model bhs inggris gak bentuk jamak yang berubah seperti child jadi childrenmouse jadi mice………..heheheh pengen tau aja nih………..

    Kalau ini aku harus mikir dulu (maklum bahasa Belandaku juelek. hi..hi..hi..). Biasanya dalam bahasa Belanda, bentuk jamak diakhiri dengan “s” atau “en”. Yang pake “s” misalnya “winkel” (toko) menjadi “winkels”. Tapi “land” (negara) menjadi “landen”. Yang mengherankan “Moeilijkheid” (difficulty) menjadi “moeilijkheden”

    Reply
  14. multa2001 said: oh………..jadi sama ya ama bhs inggris gak semua ditambah ‘s’ jamaknya…………thanks lagi nih…….

    Sama-sama….cuma sayang aku nggak bisa menerangkan lebih dalam (maklum boso Londoku parah banget. hi..hi..hi…)

    Reply
  15. multa2001 said: oh………..jadi sama ya ama bhs inggris gak semua ditambah ‘s’ jamaknya…………thanks lagi nih…….

    hahahaha….ya wis…beli mesin pasta lagi…bikin lagi… atau…di giles tangan aja Sri…itung2 fitnet.eh…tadi lihat buku resep…judulnya kaastengel (pakai satu s) bentuknya kotak2 bujur sangkar. apa karena s nya cuma satu ya :-))) hehehehe…..

    Reply
  16. elkaje said: hahahaha….ya wis…beli mesin pasta lagi…bikin lagi… atau…di giles tangan aja Sri…itung2 fitnet.eh…tadi lihat buku resep…judulnya kaastengel (pakai satu s) bentuknya kotak2 bujur sangkar. apa karena s nya cuma satu ya :-))) hehehehe…..

    Arep tuku maneh sing luwih apik, kok regane larang. Untuk nggilingnya masih bisa, tapi motongnya yang harus manual kayaknya…Kaasstengel bentuk bujur sangkar? Lha malah baru tahu. Nanti kalau aku beli kaasstengel Londo sing gedene koyo Bagong, arep tak posting.Oh iya ini, gimana caranya supaya minyak nggak mumpluk. Puyeng aku….Ada tips nya nggak untuk yang satu ini? Thanks sebelumnya…

    Reply
  17. elkaje said: hahahaha….ya wis…beli mesin pasta lagi…bikin lagi… atau…di giles tangan aja Sri…itung2 fitnet.eh…tadi lihat buku resep…judulnya kaastengel (pakai satu s) bentuknya kotak2 bujur sangkar. apa karena s nya cuma satu ya :-))) hehehehe…..

    wenake, mau setoples mbak hehehe…

    Reply
  18. elkaje said: hahahaha….ya wis…beli mesin pasta lagi…bikin lagi… atau…di giles tangan aja Sri…itung2 fitnet.eh…tadi lihat buku resep…judulnya kaastengel (pakai satu s) bentuknya kotak2 bujur sangkar. apa karena s nya cuma satu ya :-))) hehehehe…..

    walah akupun bisa abis setoples nih hehehhehe, duh pengen tapi aku gak punya mesin pasta huaaa

    Reply
  19. cutyfruty said: Sama-sama….cuma sayang aku nggak bisa menerangkan lebih dalam (maklum boso Londoku parah banget. hi..hi..hi…)

    hheehhe diterangin lebih jauh aku yang melongo hehehhehe………..yah intinya bentuk jamak nya model kayak bahs inggris lah gak selalu pake s………..thanks yaaaaaaaa

    Reply
  20. cutyfruty said: Sama-sama….cuma sayang aku nggak bisa menerangkan lebih dalam (maklum boso Londoku parah banget. hi..hi..hi…)

    mbak sri…, kaasstengelsnya cantikkk….:), makan setoples pasti gak terasa….:)

    Reply
  21. cutyfruty said: Sama-sama….cuma sayang aku nggak bisa menerangkan lebih dalam (maklum boso Londoku parah banget. hi..hi..hi…)

    Wah enak banget ini pastinya pake kejunya juga keju Gouda…..kalo makan yang beginian sih biasanya kalo belom abis, belom mau stop, Mbak Sri heheheheh…

    Reply
  22. cutyfruty said: Sama-sama….cuma sayang aku nggak bisa menerangkan lebih dalam (maklum boso Londoku parah banget. hi..hi..hi…)

    Waduh… mau dooonng mbak *nyodorin stoples* kok udah ampir abis…. secara lebarannya ajah masih lama hehehe…TFS mbak resep juga info soal kaasstengels…

    Reply
  23. cutyfruty said: Sama-sama….cuma sayang aku nggak bisa menerangkan lebih dalam (maklum boso Londoku parah banget. hi..hi..hi…)

    hi hi hi … Mbak Sri tau nggak ? … kayaknya lebaran ini menu kita sama dech, kacang bawang ma cheese stick …

    Reply
  24. cutyfruty said: Oh iya ini, gimana caranya supaya minyak nggak mumpluk. Puyeng aku….Ada tips nya nggak untuk yang satu ini? Thanks sebelumnya…

    Punya deep fryer gak? Mungkin minyaknya bisa tetep kan suhunya udah diatur otomatis. Kali lho ini ya….wong aku sendiri belum pernah bikin, maklum suami menderita coeliac, jadi jarang bikin kue atau cake.

    Reply
  25. taishaluv said: wenake, mau setoples mbak hehehe…

    Ayo cepetan ke sini…keburu abis….hi…hi…hi…

    Reply
  26. loranty said: walah akupun bisa abis setoples nih hehehhehe, duh pengen tapi aku gak punya mesin pasta huaaa

    Memang makan ini bahaya……susah nyetopnya. Sebenarnya nggak pake mesin pasta bisa juga sih asalkan bisa nggilesnya saja. Aku nggak bisa nggiles secara konsisten….

    Reply
  27. multa2001 said: hheehhe diterangin lebih jauh aku yang melongo hehehhehe………..yah intinya bentuk jamak nya model kayak bahs inggris lah gak selalu pake s………..thanks yaaaaaaaa

    Sama-sama mbak Lily……

    Reply
  28. nur4hini said: mbak sri…, kaasstengelsnya cantikkk….:), makan setoples pasti gak terasa….:)

    Lha iya…bahaya banget makan kayak ginian. Kan keju tua, jadi kalorinya tinggi euy…Ini nih kaasstengel Londo yang Leo nggak suka (aku pernah cerita kan?):Kaasstengel ini panjangnya hampir 30 cm-an (aku ukur yang ini 27.5 cm). Tadi aku beli di pasar (niat amat ya). Kalau beli di supermarket juga mirip bentuknya kayak gini. Rasanya juga nggak jauh beda.Jadi Leo ternyata nggak suka kaasstengel Londo karena rasanya nggak ngeju banget menurut dia, bukan karena kue kering. Tapi kalau kue kering dia juga memang nggak suka. Percuma bikinin dia nastar, sagu keju dsb. Malah nggak dimakan, sedangkan aku sendiri juga kurang suka makanan manis. Jadi lebaran mendingan bikin makanan yang gurih yang sebetulnya sama berbahayanya wong kacang dan keju kan kalori tinggi. Tapi kalau kaasstengels goreng yang kami bikin itu ternyata dia suka. Cuma karena terlalu suka, juga malah makin bahaya….

    Reply
  29. evaerwan said: Wah enak banget ini pastinya pake kejunya juga keju Gouda…..kalo makan yang beginian sih biasanya kalo belom abis, belom mau stop, Mbak Sri heheheheh…

    Lha makanya itu, bahaya banget….apalagi keju yang dipake keju tua, kan artinya kandungan lemaknya tinggi to….

    Reply
  30. f4ika said: Waduh… mau dooonng mbak *nyodorin stoples* kok udah ampir abis…. secara lebarannya ajah masih lama hehehe…TFS mbak resep juga info soal kaasstengels…

    Ayo kalau mau cepetan….keburu abis diembat. Aku khawatir nih nggak nyampe lebaran sudah abis. he…he…he….Sama-sama Faika, semoga resep tersebut cocok ya. Terus terang aku tambahin terigu dan tepung sagunya (aku pake tapioca, bukan sagu tani). Nggak tahu seberapa nambahinnya. Soalnya lemes banget jé tanpa tambahan tepung, mesin pastanya nggak mau nggiling bagus. Apa karena mesin murahan ya? hi…hi…hi… Tapi yang jelas rasanya masih manstaf sih (menurut kami lho ya….).

    Reply
  31. phitree said: hi hi hi … Mbak Sri tau nggak ? … kayaknya lebaran ini menu kita sama dech, kacang bawang ma cheese stick …

    Sama dong kita. Toss….Mumpluk juga nggak minyaknya? Ada tips untuk mengatasi ini nggak? Puyeng aku mengatasinya….

    Reply
  32. antyharton said: Punya deep fryer gak? Mungkin minyaknya bisa tetep kan suhunya udah diatur otomatis. Kali lho ini ya….wong aku sendiri belum pernah bikin, maklum suami menderita coeliac, jadi jarang bikin kue atau cake.

    Aku punya deep fryer. Yang aku tahu nggoreng kaasstengel memang harus dengan minyak banyak dan cukup panas. Jadi aku nggorengnya sedikit-sedikit supa tetap deep frying. Yang jadi masalah adalah mau suhu rendah apalagi kalau suhu tinggi, begitu beberapa kali gorengan, langsung berbusa. Padahal kalau menggoreng dengan suhu rendah justru akan berminyak. Kayaknya umpluk atau busa ini dari kuning telur (dan mungkin kombinasi dengan keju). Soalnya kalau bikin perkedel kan juga gitu, minyak menjadi berbusa. Atau bikin risoles tapi nyemirnya pake campuran kuning dan putih telur (sebelum dibalut tepung panir), ketika digoreng juga berbusa minyaknya. Tapi kalau nyemirnya pake putih telur kan malah selamat dari busa. Sedangkan resep kaasstengels justru minta nggak hanya putih tapi juga kuning telur. Thanks ya for your input…

    Reply
  33. antyharton said: Punya deep fryer gak? Mungkin minyaknya bisa tetep kan suhunya udah diatur otomatis. Kali lho ini ya….wong aku sendiri belum pernah bikin, maklum suami menderita coeliac, jadi jarang bikin kue atau cake.

    enaksss…. asin, gurih…. tapi bahaya ya mbak nek iso ngenteke sak toples… ha ha :)bikin secara manual mbak, tapi yo bikin tangan pegel & motongnya gak bisa konsisten kalo gak pake mesin, tapi yg penting kan rasane ;)yg versi londo cheesesticknya dari bahan pastry ya kethoke?

    Reply
  34. antyharton said: Punya deep fryer gak? Mungkin minyaknya bisa tetep kan suhunya udah diatur otomatis. Kali lho ini ya….wong aku sendiri belum pernah bikin, maklum suami menderita coeliac, jadi jarang bikin kue atau cake.

    cheese stick emang bkn ga bisa brenti makan kl ga habis.uenakkk tenan.yg gurih2 bikin ga eneg.tapi yg asik..bikinnya berdua itu lho…cheese stik penuh cinta, gitu aja namanya hehehe..

    Reply
  35. antyharton said: Punya deep fryer gak? Mungkin minyaknya bisa tetep kan suhunya udah diatur otomatis. Kali lho ini ya….wong aku sendiri belum pernah bikin, maklum suami menderita coeliac, jadi jarang bikin kue atau cake.

    makan ini emang enggak bisa berenti mba, hehehehehehe…..jadi pengen…

    Reply
  36. erm718 said: enaksss…. asin, gurih…. tapi bahaya ya mbak nek iso ngenteke sak toples… ha ha :)bikin secara manual mbak, tapi yo bikin tangan pegel & motongnya gak bisa konsisten kalo gak pake mesin, tapi yg penting kan rasane ;)yg versi londo cheesesticknya dari bahan pastry ya kethoke?

    Lha yo kuwi…bahaya jé. Nggak sadar bojoku nek sak toples wis entek…..ketika aku tanya, lho tadi kan kaasstengels nya kan masih penuh, kok sekarang sudah kosong, terus isinya kemana. Doi langsung senyum malu-malu sambil menyembunyikan muka. Akhirnya ngaku kalau kaasstengels nya sudah dia embat. hi…hi…hi…Kalau untuk mesin pasta, gilingannya sih masih berfungsi, tapi mesin potongnya kok kayane wis dol. Lha wong murah mungkin yo. Dulu beli ini juga cuma untuk iseng kok. hi…hi…hi…Kayaknya betul yang kaasstengels versi Londo dari bahan pastry. Kayane nganggo korsvet po yo……..

    Reply
  37. elisawijaya said: cheese stick emang bkn ga bisa brenti makan kl ga habis.uenakkk tenan.yg gurih2 bikin ga eneg.tapi yg asik..bikinnya berdua itu lho…cheese stik penuh cinta, gitu aja namanya hehehe..

    Memang betul enak dan buahaya sekali makan kayak gini. Bisa-bisa endut pokoknya. Kebetulan suamiku sulit banget naik berat badan, jadi di sisi itu dia aman. Tapi dia kolesterol tinggi, jadi ya bahaya sebetulnya buat dia.Cheese stick penuh cinta? he…he…he…baru dengar istilah ini. Terus terang sih waktu bikinnya pake berantem segala, karena masing-masing punya argumentasi. Tapi begitu ditemukan kesepakatan bersama, cepet selesainya karena dikerjain berdua. Yang jelas ketika jadi, baru deh rasanya puas dengan hasilnya…

    Reply
  38. 3astwest said: makan ini emang enggak bisa berenti mba, hehehehehehe…..jadi pengen…

    Betul…nggak bisa berhenti. Kalau pengin cepetan ke sini nanti keburu abis. Mungkin sebelum lebaran sudah abis kali…..

    Reply
  39. 3astwest said: makan ini emang enggak bisa berenti mba, hehehehehehe…..jadi pengen…

    Sri aku juga suka makan Kaasstengel

    Reply
  40. 3astwest said: makan ini emang enggak bisa berenti mba, hehehehehehe…..jadi pengen…

    aku dikasih gak nolak Mbak😀

    Reply
  41. dianlantinga said: Sri aku juga suka makan Kaasstengel

    Ternyata kita penggemar kaasstengels ya….

    Reply
  42. iniaku said: aku dikasih gak nolak Mbak😀

    Aku juga enggak nolak…hi…hi…hi…

    Reply
  43. iniaku said: aku dikasih gak nolak Mbak😀

    mbak Sri, butuh ngga alamatku??😀😀 :D(irma besok nungguin tukang pos, datang bawa stick keju.. cihuiiiiii)

    Reply
  44. irma303 said: mbak Sri, butuh ngga alamatku??😀😀 :D(irma besok nungguin tukang pos, datang bawa stick keju.. cihuiiiiii)

    Ha…ha…ha….tadi aku lihat persediaan tinggal separo kurang, apalagi besok…..Itu saja Leo sudah aku jatah, kali kalau nggak dijatah sudah habis dari sejak kapan. hi…hi…hi…

    Reply
  45. irma303 said: mbak Sri, butuh ngga alamatku??😀😀 :D(irma besok nungguin tukang pos, datang bawa stick keju.. cihuiiiiii)

    aku sabar menanti mbak.. orang sabar kan disayang mbak Sri hehehekapan-kapan deh kirimnya :D(irma ngga tau diri)

    Reply
  46. irma303 said: mbak Sri, butuh ngga alamatku??😀😀 :D(irma besok nungguin tukang pos, datang bawa stick keju.. cihuiiiiii)

    Dari fotonya keliatan renyah.. pengen nih. Aku males bikinnya soalnya mesti ngegiling.. hihihi.

    Reply
  47. irma303 said: aku sabar menanti mbak.. orang sabar kan disayang mbak Sri hehehekapan-kapan deh kirimnya :D(irma ngga tau diri)

    Hi…hi…hi…Mendingan ke sini aja yuk, kita makan bareng-bareng. Kalau di-posin takutnya habis duluan, nggak kuat menahan godaan dari rumah ke kantor pos. he…he…he…

    Reply
  48. wlzone said: Dari fotonya keliatan renyah.. pengen nih. Aku males bikinnya soalnya mesti ngegiling.. hihihi.

    Menggiling yang konsisten itu yang aku nggak gitu bisa kalau tanpa alat. Kebetulan mesin pastaku masih bisa untuk menggiling, tapi salah satu alat pemotongnya sudah rusak. Sedangkan motong sendiri secara manual kan juga harus konsisten kan ukurannya….

    Reply
  49. wlzone said: Dari fotonya keliatan renyah.. pengen nih. Aku males bikinnya soalnya mesti ngegiling.. hihihi.

    cheese stick yaaa??? mauuuuuuuuuuu!!!

    Reply
  50. haleygiri said: cheese stick yaaa??? mauuuuuuuuuuu!!!

    Boleh nyomot. Sing asli meh entek. Lha embuh iki, sesuk bodo isih ono kaasstengelsé isih turah opo ora….

    Reply

Leave a Reply

