RSS Feed

Akhirnya berhasil….sueneng aku…

Posted on

Horeeee….akhirnya berhasil. Ini nyontek mbak Esther lagi. Terimakasih ya mbak Esther atas tips dan resepnya. Muuuaaachhh…..

Dari dulu aku nggak pernah bisa bikin kering kentang yang bisa renyah. Sudah coba berbagai resep, gagal mulu. Bingung aku, orang-orang kok pada pinter, aku kok gagal mulu. Untung masih bandel, nggak mau nyerah, akhirnya jadilah kering kentang yang renyah ini. Aku pake tipsnya mbak Esther dengan cara merendam kentang dalam air panas. Selain itu aku juga pake tips dari Leo dalam menggoreng (aku sering lihat gimana Leo nggoreng brambang dan cara itu bisa ditiru untuk kentang. Londo malah lebih pinter nggoreng brambang (bawang merah) daripada aku yang Jowo. hi…hi…hi…). Dia malah kasih tip supaya pake serbet untuk mengeringkan kentang.

Salah satu kesalahanku dulu adalah nggak sabar, nggak bisa ngiris secara konsisten. Leo bilang aku disuruh pake food processor saja. Dan dalam beberapa menit (atau malah detik ya), 1,2 kg kentang sudah teriris dengan rapi.

Di resep asli pake 1 kg kentang dan teri serta kacang. Berhubung aku cuma pengin belajar bikin kering kentang saja, maka aku nggak tambahin kacang dan teri (apalagi Leo punya darah tinggi). RESEP ASLI DARI MBAK ESTHER ada disini.

Ini nih resep dan caranya:

Bahan:

1,2 kg kentang

1 sdm bawang putih cincang goreng (mau ngalusin males, jadi dicincang saja sebelum digoreng)

1 sdm brambang (bawang merah) goreng (tapi aku lupa).

Bumbu:

2 sdm gula merah (aku pake gula aren)

1 sdm gula pasir

1 sdm sambel oelek (males mau nggiling cabe)

1 sdm air asem yang kuentel banget. Aku pake tamarind ekstrak beli di supermarket.

1 cm laos cincang halus

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

Air dingin

Air mendidih

Nggak pake garam karena sambel oelek sudah asin (sambel yang dulu aku cela, wong sambel kok uasin dan kecut). Merk sambel oelek yang aku pake ada di sini.

Cara:

1. Rajang kentang. Aku pake food processor. Wuuut…dalam itungan detik, 1 kentang sudah teriris rapi.

2. Cuci kentang sampai tidak keruh airnya. Aku cuci 2 kali.

3. Tiriskan kentang dan kemudian masukkan dalam baskom atau panci.

4, Masukkan air panas dan rendam dalam air panas dan biarkan sejenak.

5. Tiriskan kentang YANG AKAN DIGORENG SAJA. Yang belum akan digoreng, tetap direndam dalam air panas. Aku malah tutup pancinya supaya air tetap panas.

6. Tip dari Leo: taruh kentang yang akan digoreng dan sudah ditiriskan di atas serbet dan dilap supaya kering. Ini supaya air cepat hilang dan untuk menghidari busa yang terlalu banyak waktu di goreng.

7. Goreng kentang semuanya sampai kering.

8. Campur gula merah, gula putih, air asam, dan sambel oelek, daun salam, laos dan daun jeruk

9. Masak bumbu di atas api sampai mengental tapi tidak berbusa. Kemudian matikan api.

10. Masukkan kentang dan campur rata. Kemudian masukkan bawang putih yang sudah digoreng.

Kata mbak Esther kalau kering kentang nya lemes ketika dicampur bumbu, itu artinya bumbunya masih kurang kental (terlalu banyak air). Kata blio, tinggal dioven saja dengan suhu 160 derajat Celcius selama 30 menit atau sampai kering supaya renyah lagi.

TIPS DARI LEO UNTUK MENGGORENG (aku belajar dari dia bagaimana menggoreng brambang supaya renyah dan supaya minyak tidak tumpah):

a. Gunakan minyak banyak dan panas. Kalau nggak panas, hasi gorengan akan berminyak.

b. Aku biasanya nggoreng pake panci dan minyaknya tidak
sampai penuh untuk menghidari tumpahnya minyak.

c. Setelah minyak panas, karena aku penakut, sebelum kentang dimasukkan aku kecilin dulu apinya sampai minimum, baru kentang aku masukkan.

d. Masukkan kentang ke minyak sedikit demi sedikit, sejumput demi sejumput. Begitu sejumput masuk, minyak akan berbusa naik. Tunggu sampai busa minyak turun atau agak turun dulu, kemudian masukkan sejumput lagi, begitu seterusnya. Ini untuk menghindari minyak tidak tumpah.

Jangan khawatir kentang tidak akan mateng barengan. Pengalamanku kentang tetap akan mateng barengan. Karena ketika kentang dimasukkan, suhu minyak akan turun drastis dan air dalam kentang akan mulai berevaporasi (inilah mengapa kemudian minyak berbusa karena busa tersebut berasal dari air dalam kentang).

e. Besarkan api lagi (aku paling berani cuma 3/4 nggak sampai maksimum. Kalau Leo sih berani sampai maksimum)

f. Sekali-sekali diaduk supaya matengnya rata.

g. Bagaimana mengetahui kentang sudah renyah? Bila busa sudah menghilang artinya kentang sudah mateng renyah. Artinya kandungan air dalam kentang sudah hilang. Biasanya aku angkat sebelum busa menghilang sama sekali. Setelah diangkat dari minyak biasanya kentang masih akan mengalami proses pematangan.

Horee….sekarang punya kering kentang untuk lebaran……Tinggal bikin rendang, sambel goreng sama lontong. Snack sudah punya yaitu kacang bawang dan kaasstengels goreng.

Sekali lagi terimakasih ya mbak Esther. Aku seneng banget…huuugggsss….

50 responses »

  1. selamat yah….. :-)aku sendiri udah pengen nyobain bikin kering kentang pake food processor, belon nyobain, lupa mulu….hehehe

    Reply
  2. cikciks said: selamat yah….. :-)aku sendiri udah pengen nyobain bikin kering kentang pake food processor, belon nyobain, lupa mulu….hehehe

    Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    Reply
  3. cutyfruty said: Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    hehehehe……justru kalo mo lebaran gini, males bikin2x, mending beli…..maklum asisten pada mudik :-)Ngomong-ngomong, Selamat Idul Fitri…Maaf Lahir & Batin…

    Reply
  4. cutyfruty said: Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    rajinnya mbak sri

    Reply
  5. cutyfruty said: Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    wowwww … kayaknya udah siap banged nich Mbak buat lebaran besok …🙂

    Reply
  6. cutyfruty said: Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    bagus rajangan FPnya besar2…ada yang halus banget soale..asyik ya dah bisa jadi…. horeeee

    Reply
  7. cutyfruty said: Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    Rajin nih Mbak.. :)Aku pernah bikin kering kentang tapi yg motongnya bukan kayak korek api gini tapi modelnya iris tipis kayak keripik. Jadinya garing juga kok.

    Reply
  8. cutyfruty said: Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    waaaa selamat selamat… ayo monggo dikirim kering kentangnya hahahatips2-nya OK banget… makasih ya udah sharing

    Reply
  9. cutyfruty said: Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    Mbak Sri, aku dari kemaren ini pingin bikin koq penyakit malas.com nya nggak hilang2 ini…Sekarang mau diniatin ah…pingin bikin apalagi udah ada tips cara menggoreng juga, Thanks yach, Mbak….

    Reply
  10. cutyfruty said: Terimaksih Stella….Ayo cobain, terus lebaran kita sama-sama makan kering kentang. hi…hi…hi…Maklum di sini mau beli nggak ada. Kalau pengin ya harus bikin sendiri….

    Kentang keringnya mantap Sri.Sayang oven ku rusak, pingin sekali buat ginian

    Reply
  11. taishaluv said: rajinnya mbak sri

    Soalnya dari dulu, gagal mulu. Untung masih juga belum menyerah…..

    Reply
  12. phitree said: wowwww … kayaknya udah siap banged nich Mbak buat lebaran besok …🙂

    Siap pokoknya berlebaran. Malah sudah bikin rendang hari ini. hi…hi…hi…Berhubung Leo sukanya rendang yang kering sekali, maka harus diinepin, besok dikeringin lagi. Jadi Jumat sudah siap buat lebaran. he…he…he…

    Reply
  13. estherlita said: bagus rajangan FPnya besar2…ada yang halus banget soale..asyik ya dah bisa jadi…. horeeee

    Betul mbak, pisaunya macem-macem. Tinggal pilih yang mana sesuai dengan keinginan kita. Terimakasih ya mbak…..muuaachh….Wis aku siap lebaran saiki mbak. he…he…he…

    Reply
  14. wlzone said: Rajin nih Mbak.. :)Aku pernah bikin kering kentang tapi yg motongnya bukan kayak korek api gini tapi modelnya iris tipis kayak keripik. Jadinya garing juga kok.

    Ini rajin karena sudah terlalu sering gagal. Akhirnya bisa kutaklukkan juga nih si kering kentang. Aku juga mau bikin yang pipih juga lain kali. Kebetulan food processorku juga punya pisau untuk itu yang biasanya kami pake untuk ngrajang brambang (bawang merah). Makanya lain kali pengin bikin yang model tipis gitu. Yang penting tetap renyah…enak…

    Reply
  15. ningnong said: waaaa selamat selamat… ayo monggo dikirim kering kentangnya hahahatips2-nya OK banget… makasih ya udah sharing

    Sama-sama Ning….Terimakasih atas ucapan selamatnya. Lega aku akhirnya si kering kentang ini bisa kutaklukkan.

    Reply
  16. evaerwan said: Mbak Sri, aku dari kemaren ini pingin bikin koq penyakit malas.com nya nggak hilang2 ini…Sekarang mau diniatin ah…pingin bikin apalagi udah ada tips cara menggoreng juga, Thanks yach, Mbak….

    Sama-sama Eva. Ayo kita lebaran sama-sama makan kering kentang. he…he…he…

    Reply
  17. evaerwan said: Mbak Sri, aku dari kemaren ini pingin bikin koq penyakit malas.com nya nggak hilang2 ini…Sekarang mau diniatin ah…pingin bikin apalagi udah ada tips cara menggoreng juga, Thanks yach, Mbak….

    kalian emang pasangan serasi Sri…. kocak lagi! jadi…lebaran kali ini semarak banget ya suguhannya…

    Reply
  18. dianlantinga said: Kentang keringnya mantap Sri.Sayang oven ku rusak, pingin sekali buat ginian

    Ini nggak usah di-oven juga bisa renyah kok asalkan nggorengnya sampai renyah (aku ikuti cara Leo kalau menggoreng). Cuma memang kalau kebetulan lemes ketika diaduk pake bumbu, baru di-oven.

    Reply
  19. elkaje said: kalian emang pasangan serasi Sri…. kocak lagi! jadi…lebaran kali ini semarak banget ya suguhannya…

    Terimakasih mbak Ine. Mbak Ine kan juga pasangan serasi juga. Semoga aku nanti yo ketularan punya anak manis-manis kayak mbak Ine. Leo mau bantuin pilihin pisau food processor segala. Mau memberi contoh gimana cara mengiris kentang di food processor. Begitu selesai dirajang, ya sudah semuanya bisa aku kerjakan sendiri, dari nggoreng sampai bumbuin. Dia tinggal melakukan uji coba icip-icip. Pokoknya aku berusaha belajar dari kesalahan. Walaupun yo kesuwen kadang, ora mudeng-mudeng, kok salah terus. hi…hi..hi… tapi akhirnya bisa juga kering kentang ini kutaklukkan. Horeee…

    Reply
  20. elkaje said: kalian emang pasangan serasi Sri…. kocak lagi! jadi…lebaran kali ini semarak banget ya suguhannya…

    Selamaaattt….Aku belum berhasil menaklukkan kering kentang nih…kalau gak kebablas kekeringan ya masih basah…matangnya mdak pernah pas😦

    Reply
  21. oentung said: Selamaaattt….Aku belum berhasil menaklukkan kering kentang nih…kalau gak kebablas kekeringan ya masih basah…matangnya mdak pernah pas😦

    Terimakasih…Aku pake tips menggoreng brambang dari Leo. Lha kok dia malah lebih pinter nggoreng brambang daripada aku. hi…hi…hi…

    Reply
  22. oentung said: Selamaaattt….Aku belum berhasil menaklukkan kering kentang nih…kalau gak kebablas kekeringan ya masih basah…matangnya mdak pernah pas😦

    waaa.. nanti menunya bakal lumayan lengkap juga yah.. mau dong mbak main silaturahmi ke tempat mbak Sri pas lebaran nanti.. nyicipin semua hasil karya mbak Sri dan mas Leo. hehehe.. enak2 deh menu2nya😀

    Reply
  23. oentung said: Selamaaattt….Aku belum berhasil menaklukkan kering kentang nih…kalau gak kebablas kekeringan ya masih basah…matangnya mdak pernah pas😦

    nyicip dunk mba ^_^

    Reply
  24. oentung said: Selamaaattt….Aku belum berhasil menaklukkan kering kentang nih…kalau gak kebablas kekeringan ya masih basah…matangnya mdak pernah pas😦

    Wah… Mbak Sri katanya gak mau masak2 lebaran… kliatannya cukup banyak neh… mau berlebaran ke rumah mbak Sri aahh.. hehehe sambil ngebayangin makan lontong pake rendang dan sambal goreng ditabur kering kentang…. trus ngobrol2 sambil makan kacang bawang dan kaasstengels goreng hm.. yummy deh * mimpi euy*…

    Reply
  25. oentung said: Selamaaattt….Aku belum berhasil menaklukkan kering kentang nih…kalau gak kebablas kekeringan ya masih basah…matangnya mdak pernah pas😦

    Mau dong di gorengin buat lebaran…!

    Reply
  26. oentung said: Selamaaattt….Aku belum berhasil menaklukkan kering kentang nih…kalau gak kebablas kekeringan ya masih basah…matangnya mdak pernah pas😦

    Wah senang to mbak udah bs buat kering kentang yang uenak dan bagus hasilnya… Mau kucoba juga ah…

    Reply
  27. oentung said: Selamaaattt….Aku belum berhasil menaklukkan kering kentang nih…kalau gak kebablas kekeringan ya masih basah…matangnya mdak pernah pas😦

    aaiiih..aku jadi tertantang.. heheheh..sebetulnya aku malah malu loh mbaa..cuma niat doank di gedein… tapi ga berani2 bikin takut gagal.. kan rugi banyak..heheheh..mulai rugi motong ampe rugi minyaaak :)))))))

    Reply
  28. debluelover said: waaa.. nanti menunya bakal lumayan lengkap juga yah.. mau dong mbak main silaturahmi ke tempat mbak Sri pas lebaran nanti.. nyicipin semua hasil karya mbak Sri dan mas Leo. hehehe.. enak2 deh menu2nya😀

    Lha iya, ayo apa ke sini. Nanti aku suguhi lontong dan ubo rampenya. hi…hi…hi…

    Reply
  29. loranty said: nyicip dunk mba ^_^

    Boleh…boleh…tinggal nyomot saja….he…he…he…

    Reply
  30. f4ika said: Wah… Mbak Sri katanya gak mau masak2 lebaran… kliatannya cukup banyak neh… mau berlebaran ke rumah mbak Sri aahh.. hehehe sambil ngebayangin makan lontong pake rendang dan sambal goreng ditabur kering kentang…. trus ngobrol2 sambil makan kacang bawang dan kaasstengels goreng hm.. yummy deh * mimpi euy*…

    Apa perlu aku bikin open house? Hi…hi…hi…Segini sih belum apa-apanya dibandingkan teman-teman MP yang lain….

    Reply
  31. ziany said: Mau dong di gorengin buat lebaran…!

    Ha…ha…ha….Mampir saja ke sini buat icip-icip. hi…hi…hi…

    Reply
  32. atiecs said: Wah senang to mbak udah bs buat kering kentang yang uenak dan bagus hasilnya… Mau kucoba juga ah…

    Iya seneng aku, akhirnya bisa menaklukkan kering kentang. Lha mbok iya dicoba. Sekilo ternyata jadinya cuma dikit. Aku bayanginnya sudah berlodong-lodong, ternyata mimpesnya banyak.

    Reply
  33. fitrids said: aaiiih..aku jadi tertantang.. heheheh..sebetulnya aku malah malu loh mbaa..cuma niat doank di gedein… tapi ga berani2 bikin takut gagal.. kan rugi banyak..heheheh..mulai rugi motong ampe rugi minyaaak :)))))))

    Kalau aku sih sudah terlalu sering gagal, jadi kebal. hi…hi…hi…Kebetulan motong ada food processor, jadi sruuuutttt…selesai deh. Ngupasnya sama motongnya lebih lama ngupasnya. Akhirnya bisa kutaklukkan juga ini kering kentang. Yang belum takluk-takluk juga ya itu: cake….

    Reply
  34. fitrids said: aaiiih..aku jadi tertantang.. heheheh..sebetulnya aku malah malu loh mbaa..cuma niat doank di gedein… tapi ga berani2 bikin takut gagal.. kan rugi banyak..heheheh..mulai rugi motong ampe rugi minyaaak :)))))))

    bisa dicontek resep bikin kering kentangnya nih mbak….., soalnya belum pernah kalo bikin kering kentang, sebelum digoreng kentangnya direndam dulu di air panas….

    Reply
  35. nur4hini said: bisa dicontek resep bikin kering kentangnya nih mbak….., soalnya belum pernah kalo bikin kering kentang, sebelum digoreng kentangnya direndam dulu di air panas….

    Silahkan dicontek, wong aku juga nyontek kok dari mbak Esther…

    Reply
  36. nur4hini said: bisa dicontek resep bikin kering kentangnya nih mbak….., soalnya belum pernah kalo bikin kering kentang, sebelum digoreng kentangnya direndam dulu di air panas….

    WAH! SUKSES…………, PASTI ENAK BANGET NEH!……

    Reply
  37. bungabobon said: WAH! SUKSES…………, PASTI ENAK BANGET NEH!……

    Menurutku ya enak Bon……

    Reply
  38. bungabobon said: WAH! SUKSES…………, PASTI ENAK BANGET NEH!……

    pesen klengkam sekilo mbak!

    Reply
  39. haleygiri said: pesen klengkam sekilo mbak!

    O…iki jenenge kelengkam to nek coro Jowo? Lha gek ngerti aku…

    Reply
  40. haleygiri said: pesen klengkam sekilo mbak!

    mbak boleh masuk disini aja yach…:)

    Reply
  41. darrellmom said: mbak boleh masuk disini aja yach…:)

    Tentu saja boleh. Selamat Idul Fitri….Mohon maaf lahir dan batin ya…..

    Reply
  42. darrellmom said: mbak boleh masuk disini aja yach…:)

    Duuh senenge yo mbak klo masakan sukses🙂 Majuuu terussss pantaaaaaaang mundur! ( loh kok malah inget lagu pantang mundurnya Titiek puspa hehehe)

    Reply
  43. ekani said: Duuh senenge yo mbak klo masakan sukses🙂 Majuuu terussss pantaaaaaaang mundur! ( loh kok malah inget lagu pantang mundurnya Titiek puspa hehehe)

    Lha iyo, seneng tenan kok. Akhire saiki ngerti rahasiane…..

    Reply
  44. ekani said: Duuh senenge yo mbak klo masakan sukses🙂 Majuuu terussss pantaaaaaaang mundur! ( loh kok malah inget lagu pantang mundurnya Titiek puspa hehehe)

    Uenakeee mbak🙂

    Reply
  45. squishsquash said: Uenakeee mbak🙂

    Kalau menurutku yo enak, wong aku doyanan kok. hi…hi…hi…

    Reply
  46. squishsquash said: Uenakeee mbak🙂

    Jaidny absai garing yo mbak tanpa direndam kapur sirih? Aku mau deh nyoba, abis kalo pake kapur sirih suami ku suka gak mau makan, katanya ngeri keracunan hauhauhauhau dasar parno!

    Reply
  47. squishsquash said: Jaidny absai garing yo mbak tanpa direndam kapur sirih? Aku mau deh nyoba, abis kalo pake kapur sirih suami ku suka gak mau makan, katanya ngeri keracunan hauhauhauhau dasar parno!

    Betul, dengan cara ini jadinya kering renyah pokoke. Kalau kurang renyah atau letoy setelah dicampur bumbu, bisa di-oven lagi. Silahkan baca tips di atas.

    Reply
  48. squishsquash said: Jaidny absai garing yo mbak tanpa direndam kapur sirih? Aku mau deh nyoba, abis kalo pake kapur sirih suami ku suka gak mau makan, katanya ngeri keracunan hauhauhauhau dasar parno!

    Horee, Saya ikut senang bahwa Sri sudah berhasil membuat kering kentang. TFS.

    Reply
  49. ellytjan said: Horee, Saya ikut senang bahwa Sri sudah berhasil membuat kering kentang. TFS.

    Terimakasih tante. Akhirnya berhasil juga setelah gagal mulu…..

    Reply
  50. ellytjan said: Horee, Saya ikut senang bahwa Sri sudah berhasil membuat kering kentang. TFS.

    oh ini ada resep nya .. makasih mbak, mau coba

    Reply

Leave a Reply

