RSS Feed

Bubur Sumsum

Posted on

Description:
Berhubung sekarang ada bagian khusus “resep”, jadi pengin nyobain apakah aku bisa posting resep atau enggak.

Semua sudah tahu kan gimana caranya bikin bubur sumsum. Aku menggunakan resep ini dari Dapur Bunda, cuma dimodif dikit aja.

Ingredients:
100 gr tepung beras
750 ml santen (jangan terlalu kental)
1 daun pandan
garam

Kinca:
150 gr gula Jawa
70 gr gula pasir
200 ml air
1 daun pandan
3 nangka (aku pake kalengan) dan diiris tipis

Directions:
Dalam mangkok tuang tepung beras dan beri sedikit santan, aduk rata, pokoknya nggak sampai brindil deh
Sisa santan dan bahan-bahan lain direbus
Tuang larutan tepung beras dan aduk sampai kental (mendidih)
Matikan api

Kinca:
Rebus semua bahan keculai nangka
Saring kemudian beri nangka

Penyajian:
Tuang bubur sumsum (dengan sendok sayur) dalam mangkok saji kemudian tuangi kinca.

42 responses »

  1. hehehe inget eyang putri suka bikinin papieku bubur ini…masku doyan tapi gak pernah aku buatkan abis yang makan dia ajah.eyang kalau bikin suka dikasih pandan suji jadi ijo wangi…lalu juruhnya dikasih kopi dikit dan santannya ditambah susu dikit…kata papie seh enak bukan main…heheheheh.

    Reply
  2. Sri …kita ko sama2 janjian nich… saya juga buat Bubur Sumsum hari ini…Enak banget.

    Reply
  3. mbaaaa..mauuuuu (belon pernah bikin bubur sumsum disini hihihih) asik nih kincanya pake nangka….yuuummmm !!!

    Reply
  4. estherlita said: hehehe inget eyang putri suka bikinin papieku bubur ini…masku doyan tapi gak pernah aku buatkan abis yang makan dia ajah.eyang kalau bikin suka dikasih pandan suji jadi ijo wangi…lalu juruhnya dikasih kopi dikit dan santannya ditambah susu dikit…kata papie seh enak bukan main…heheheheh.

    Aku juga jarang banget mbak bikin bubur. Malah bikin bubur ayam aja nggak pernah, wong nggak makan ayam. he…he…he… Leo malah kurang suka kalau makanan lembek, dia sukanya nasi aja ya yang pera….tapi tadi bikin sedikit dan dimakan rame-rame (karena ada teman Leo yang datang), kok dia mau makan juga bubur sumsum…Ini posting karena kebetulan kan ada bagian khusus resep sekarang. Kalau mbak Esther kan memang dari dulu sudah punya bagian ini, aku belum. Makanya pengin nyoba bisa posting apa enggak…he…he…he…Kalau dikasih kopi kayak bajigur ya mbak…

    Reply
  5. dianlantinga said: Sri …kita ko sama2 janjian nich… saya juga buat Bubur Sumsum hari ini…Enak banget.

    Lha kok kayak janjian ya kita……hi…hi…hi…Tadi kebetulan ada teman-teman Leo datang dan sebagai desert bikinlah bubur sumsum ini. Ternyata orang Belanda suka. Cuma ada yang suka pake nangka, ada yang nggak suka pake nangka. Kalau aku sih oke-oke saja pake nangka atau enggak, yang penting ada daun pandangnnya…

    Reply
  6. 3astwest said: mbaaaa..mauuuuu (belon pernah bikin bubur sumsum disini hihihih) asik nih kincanya pake nangka….yuuummmm !!!

    Bubur sumsum memang gampang, gampang bikinnya dan gampang nelannya. he…he…he…Kebetulan yang kepotret kok ya yang nggak pake nangka…he…he…he…

    Reply
  7. 3astwest said: mbaaaa..mauuuuu (belon pernah bikin bubur sumsum disini hihihih) asik nih kincanya pake nangka….yuuummmm !!!

    endang gulindang..MP lagi demam bubur sumsum rupanya..hihi

    Reply
  8. 3astwest said: mbaaaa..mauuuuu (belon pernah bikin bubur sumsum disini hihihih) asik nih kincanya pake nangka….yuuummmm !!!

    duh mbak..kebayang nikmatnya, apalagi pake kincanya sampe banjir..heheh.

    Reply
  9. 3astwest said: mbaaaa..mauuuuu (belon pernah bikin bubur sumsum disini hihihih) asik nih kincanya pake nangka….yuuummmm !!!

    ngileeeeeeeeeeeeeeer abis mbak. Jadi inget, mama suka buat gini…..kangeeeen berat

    Reply
  10. 3astwest said: mbaaaa..mauuuuu (belon pernah bikin bubur sumsum disini hihihih) asik nih kincanya pake nangka….yuuummmm !!!

    Abis ini jadi rajin posting resep dong Mbak ..πŸ™‚

    Reply
  11. 3astwest said: mbaaaa..mauuuuu (belon pernah bikin bubur sumsum disini hihihih) asik nih kincanya pake nangka….yuuummmm !!!

    Mbak Sri…ini mah makanan kesukaanku nih….masih ada nggak, Mbak? mau yach buat dibekal mau liburan nih heheheh…Mumpung disini sekalian aku mau bilang…….Met Tahun Baru buat Mbak Sri dan Mas Leo….CU di tahun yg baru…

    Reply
  12. deejan said: endang gulindang..MP lagi demam bubur sumsum rupanya..hihi

    Iya betul…MP sedang demam bubur sumsum….he…he…he…Keenakan bubur sumsum juga dipengaruhi oleh santen ya. Santan yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda. Paling enak sih pasti pake santan segar ya…

    Reply
  13. nanaheitmeier said: duh mbak..kebayang nikmatnya, apalagi pake kincanya sampe banjir..heheh.

    Aku malah kebanyakan ngasih kinca…hi…hi…hi….

    Reply
  14. yanhit said: ngileeeeeeeeeeeeeeer abis mbak. Jadi inget, mama suka buat gini…..kangeeeen berat

    Ini sebenarnya gampang banget dibuat ya…Asalkan punya santan yang enak, jadinya juga enak. Pernah pake santen merknya beda, rasanya aneh. hi…hi…hi…

    Reply
  15. wlzone said: Abis ini jadi rajin posting resep dong Mbak ..πŸ™‚

    Kalau ini sih nggak janji…masak mau posting cake bantet mulu. hi…hi…hi…

    Reply
  16. evaerwan said: Mbak Sri…ini mah makanan kesukaanku nih….masih ada nggak, Mbak? mau yach buat dibekal mau liburan nih heheheh…Mumpung disini sekalian aku mau bilang…….Met Tahun Baru buat Mbak Sri dan Mas Leo….CU di tahun yg baru…

    Sudah abis Eva…sayang ya…Ngomong-ngomong nantal nanti masak apa nih (yang ditanya kok masakannya…hi…hi..hi…). Pasti masak istimewa ya….selamat merayakan hari yang berbahagia tersebut ya bersama keluarga tercinta…

    Reply
  17. evaerwan said: Mbak Sri…ini mah makanan kesukaanku nih….masih ada nggak, Mbak? mau yach buat dibekal mau liburan nih heheheh…Mumpung disini sekalian aku mau bilang…….Met Tahun Baru buat Mbak Sri dan Mas Leo….CU di tahun yg baru…

    suamiku gag terlalu doyan bubur sich, kalo aku bikin, dia paling cuma makan sekali doang … jadinya ya males bikin karena mesti ngabisin sendiri …

    Reply
  18. phitree said: suamiku gag terlalu doyan bubur sich, kalo aku bikin, dia paling cuma makan sekali doang … jadinya ya males bikin karena mesti ngabisin sendiri …

    Sama…Leo juga kurang suka bubur. Wong nasi aja dia maunya yang pera. Jadi kalau aku bikin ya dimakan sendiri. Kemarin kebetulan teman-temannya datang, jadi lumayan nih…aku bisa makan bubur dan ada teman ngabisin. hi…hi…hi…

    Reply
  19. phitree said: suamiku gag terlalu doyan bubur sich, kalo aku bikin, dia paling cuma makan sekali doang … jadinya ya males bikin karena mesti ngabisin sendiri …

    Minta buburnya…. Dari dulu pengen makan bubur tp malas buatnya

    Reply
  20. phitree said: suamiku gag terlalu doyan bubur sich, kalo aku bikin, dia paling cuma makan sekali doang … jadinya ya males bikin karena mesti ngabisin sendiri …

    Hihihi.. udah langsung nyobain posting di resep yah mbak Sri… enak tuh bubur sum2nya..aku mau mbak nemenin ngabisin hehehe… TFS mbak…

    Reply
  21. phitree said: suamiku gag terlalu doyan bubur sich, kalo aku bikin, dia paling cuma makan sekali doang … jadinya ya males bikin karena mesti ngabisin sendiri …

    aku suka banget bubur sumsum. aku bikinnya resep mbak fat yang dikirimkan khusus oleh mbak ine ditambah dengan cerita mbak ine tradisi makan bubur sumsum saat rewangan. sampe sekarang aku masih suka bikin bubur ini, anak2 juga suka.

    Reply
  22. phitree said: suamiku gag terlalu doyan bubur sich, kalo aku bikin, dia paling cuma makan sekali doang … jadinya ya males bikin karena mesti ngabisin sendiri …

    gimana nemuin bagian resep-nya mbak?

    Reply
  23. atiecs said: Minta buburnya…. Dari dulu pengen makan bubur tp malas buatnya

    Wong gampang kok bikin bubur sumsum. Seprapat jam dadi…terus tinggal makan….

    Reply
  24. foodngarden said: aku suka banget bubur sumsum. aku bikinnya resep mbak fat yang dikirimkan khusus oleh mbak ine ditambah dengan cerita mbak ine tradisi makan bubur sumsum saat rewangan. sampe sekarang aku masih suka bikin bubur ini, anak2 juga suka.

    Suka juga ya bubur sumsum? Yang aku sukai dari bubur sumsum ini adalah rasa gurih dan manis. Suamiku nggak suka sebetulnya makanan yang lembek (wong nasi saja dia harus yang pera, nggak suka yang namanya beras Thailand atau Basmati yang pulen). Tapi kemarin waktu aku bikin kok tumben dia mau nyicipin. Mungkin makannya bareng-bareng sama teman-temannya kali ya, jadi dia tertarik untuk makan.

    Reply
  25. f4ika said: Hihihi.. udah langsung nyobain posting di resep yah mbak Sri… enak tuh bubur sum2nya..aku mau mbak nemenin ngabisin hehehe… TFS mbak…

    Iya nih…pengin langsung nyobain posting di bagian resep. Pengin tahu apakah aku bisa atau enggak. Eh…ternyata bisa…lumayanlah, jadi postingan resep dan postingan lainnya berbeda tempatnya (walaupun aku juga nggak bakalan sering posting resep. Mosok cake bantet diposting he…he…he…).

    Reply
  26. anaklaut said: gimana nemuin bagian resep-nya mbak?

    Login dulu. Kemudian di bagian kanan atas kan ada kata: +Post. Klik kata tersebut. Kemudian klik “Add recipe” …ayo silahkan posting resep….nanti biar bisa aku contek. he…he…he…

    Reply
  27. anaklaut said: gimana nemuin bagian resep-nya mbak?

    mbak Sri…saya belum bisa nambahin meni recipes nih? udah klik +post, tapi bingung mo klik *add recipe* nya dimana ya…. * maaf nih bener bener gatek he he

    Reply
  28. nur4hini said: mbak Sri…saya belum bisa nambahin meni recipes nih? udah klik +post, tapi bingung mo klik *add recipe* nya dimana ya…. * maaf nih bener bener gatek he he

    Coba kalau gitu klik ini dulu (aku dikasih tahu bu Dian):http://multiply.com/setup/advanced-postingTerus di kotak kedua, kan tertulis: Content TypesKemudian klik kotak kecil yang tertulis “Enable recipes” kemudian OK. Dengan begitu ketika klik yang “+post” akan ada “add recipe”Silahkan dicoba, semoga berhasil…..

    Reply
  29. nur4hini said: mbak Sri…saya belum bisa nambahin meni recipes nih? udah klik +post, tapi bingung mo klik *add recipe* nya dimana ya…. * maaf nih bener bener gatek he he

    bubur sumsumnya special pake nangka :)kadang pengen makan ini tapi kudu ngenteke dewe mbak…😦

    Reply
  30. erm718 said: bubur sumsumnya special pake nangka :)kadang pengen makan ini tapi kudu ngenteke dewe mbak…😦

    Lha yo pancen kuwi sing dadi masalah. Lha Leo nggak suka makanan lembek, padahal kan kadang aku kangen makan makanan tradisional kayak gini. Bikin setengah resep pun juga sudah banyak banget menurutku….jadi kalau bikin gini memang nunggu ada orang lain yang mau makan, jadi makannnya juga semangat.

    Reply
  31. erm718 said: bubur sumsumnya special pake nangka :)kadang pengen makan ini tapi kudu ngenteke dewe mbak…😦

    Wah, trims banget, Sri! Seumur-umur… aku baru tau kalau bikin bubur sumsum gampang ya! Ini resep yang pas untuk musim dingin. Aku pengin nyoba… tapi nggak bisa ya kalau nggak punya gula Jawa? Oya, trims juga untuk tambahan kolom recipe-nya. Aku mau coba add… hi-hi-hi, walaupun nggak serajin kamu dalam masak memasak…

    Reply
  32. erm718 said: bubur sumsumnya special pake nangka :)kadang pengen makan ini tapi kudu ngenteke dewe mbak…😦

    Tampilannya cantik…. Mbak..kalau bikin bubur sumsum ini salah satu jenis makanan yang “aman”..maksudnya aman dari kegagalan gitu..heheheh…. ndak pake ambleg segala. Kinca kebanyakan ya malah seger…diuyup… hahaha… wangi nangkanya enak kali yah…aku belum pernah dikasih nangka di kinca-nya. Kecuali kalo yg buat gula merah-nya dawet itu, baru deh dikasih nangka… Eh ngomong2 kincanya dicampur duren enak kali ya…. *inget diet dieettt*….hahaha

    Reply
  33. laksmiharyanto said: Wah, trims banget, Sri! Seumur-umur… aku baru tau kalau bikin bubur sumsum gampang ya! Ini resep yang pas untuk musim dingin. Aku pengin nyoba… tapi nggak bisa ya kalau nggak punya gula Jawa? Oya, trims juga untuk tambahan kolom recipe-nya. Aku mau coba add… hi-hi-hi, walaupun nggak serajin kamu dalam masak memasak…

    Sama-sama Amy…memang gampang banget caranya. Mungkin kalau nggak punya gula Jawa bisa diganti sama brown sugar kali ya…he…he…he…(siapa tahu bisa cocok). Kalau di sini dijual stroop yang biasanya dipakai untuk makan wafel. Kalau males bikin kinca, aku pake stroop yang kental ini. Ya…not too bad-lah daripada nggak ada. Penambahan daun pandan pada kinca (dan bubur sumsum) memang membuat harum. Penambahan nangka membuat rasanya khas.

    Reply
  34. andracharoen said: Tampilannya cantik…. Mbak..kalau bikin bubur sumsum ini salah satu jenis makanan yang “aman”..maksudnya aman dari kegagalan gitu..heheheh…. ndak pake ambleg segala. Kinca kebanyakan ya malah seger…diuyup… hahaha… wangi nangkanya enak kali yah…aku belum pernah dikasih nangka di kinca-nya. Kecuali kalo yg buat gula merah-nya dawet itu, baru deh dikasih nangka… Eh ngomong2 kincanya dicampur duren enak kali ya…. *inget diet dieettt*….hahaha

    Terimakasih Andra…pancen aman kok ora wedi gagal ambleg…hi…hi…hi…Penambahan nangka membuat rasanya jadi khas. Ternyata tidak semua Londo suka kinca pake nangka. Ada yang nggak suka baunya, ada yang nggak suka rasanya. Jadi waktu itu nggak semua kinca aku kasih nangka. Kalau aku sih suka yang pake nangka (walaupun dudu es dawet. he…he…he…). Tapi paling enggak, teman-teman suka makan bubur sumsum. Mengingatkan mereka pada masa kecil. Kata mereka, di sini ada juga makanan kayak bubur sumsum tapi ngencerinnya pake susu. Lali aku jenenge. Tapi sing jelas yo ora nganggo kinco, pandan, en nongko koyo iki. Kalau pake duren malah aneh kali ya…kelegen….kebetulan aku kurang suka duren, dadi ora tahu kangen sama makana satu itu. Aku kurang tahan sama baunya. Jadi yo untung…wong duren regane larang to? Nang kene kayane ono nang toko Asia (tapi mungkin beku). Sing jelas nek ono, larang regane….

    Reply
  35. andracharoen said: Tampilannya cantik…. Mbak..kalau bikin bubur sumsum ini salah satu jenis makanan yang “aman”..maksudnya aman dari kegagalan gitu..heheheh…. ndak pake ambleg segala. Kinca kebanyakan ya malah seger…diuyup… hahaha… wangi nangkanya enak kali yah…aku belum pernah dikasih nangka di kinca-nya. Kecuali kalo yg buat gula merah-nya dawet itu, baru deh dikasih nangka… Eh ngomong2 kincanya dicampur duren enak kali ya…. *inget diet dieettt*….hahaha

    duh enaknya mbak sri, syg aku belum nemu tepung beras, pernah ngeblender beras supaya jadi tepung, tapi gag bisa halus bgt je huhuhu…

    Reply
  36. taishaluv said: duh enaknya mbak sri, syg aku belum nemu tepung beras, pernah ngeblender beras supaya jadi tepung, tapi gag bisa halus bgt je huhuhu…

    Coba kalau di sini, aku bagi deh…hi…hi…hi…Sayang sekali ya nggak bisa nemu tepung beras. Padahal banyak sekali ya makanan tradisional kita yang berbahan beras….

    Reply
  37. taishaluv said: duh enaknya mbak sri, syg aku belum nemu tepung beras, pernah ngeblender beras supaya jadi tepung, tapi gag bisa halus bgt je huhuhu…

    Halaaaah …. ini si salju putih lembut gurihh. Aku paling suka oo… apalagi kalo sedang sakit gigi seperti sekarang :))) … ga perlu ngunyah Tapi, ga pernah aku campur pake nongko … sekaliiiii pernah aku buat kinca nangka tapi ndak pernah tak cemplungi di bubur oo

    Reply
  38. katabelece said: Halaaaah …. ini si salju putih lembut gurihh. Aku paling suka oo… apalagi kalo sedang sakit gigi seperti sekarang :))) … ga perlu ngunyah Tapi, ga pernah aku campur pake nongko … sekaliiiii pernah aku buat kinca nangka tapi ndak pernah tak cemplungi di bubur oo

    Lha sakit gigi to dikau…semoga cepat sembuh ya…Lha wingi ketika aku kasih tahu sama teman-temannya Leo kalau bubur sumsum bisa dimakan sebagai breakfast, atau teman minum teh atau kalau kita sedang sakit males ngunyah…langsung teman-temannya ketawa…..Aku yo baru sekali ini bikin bubur sumsumm, kico nΓ© campur nongko. Biasanya sih kalau kinco pake nongko untuk bikin cendol….

    Reply
  39. cutyfruty said: kinco pake nongko untuk bikin cendol….

    Haaaaaa laaah… buat aku podooo ae Sri *sebab mumpung ngendon di sini, coba kalo di kampung qta … uwiiiiih bisa diudak udak ibu aku ooo* :)))))

    Reply
  40. katabelece said: Haaaaaa laaah… buat aku podooo ae Sri *sebab mumpung ngendon di sini, coba kalo di kampung qta … uwiiiiih bisa diudak udak ibu aku ooo* :)))))

    Lho emang kenapa kok diudak-udak?Oh ya…semoga gambar-gambar yang aku janjikan bisa aku pasang weekend ini ya say….sorry banget telat….maklum aku gaptek…

    Reply
  41. katabelece said: Haaaaaa laaah… buat aku podooo ae Sri *sebab mumpung ngendon di sini, coba kalo di kampung qta … uwiiiiih bisa diudak udak ibu aku ooo* :)))))

    mbak baru liat nih resep ini…. Gampang ternyata ya? Bikin ah, tapi mau beli nangka ama gula merah dulu dehπŸ™‚

    Reply
  42. squishsquash said: mbak baru liat nih resep ini…. Gampang ternyata ya? Bikin ah, tapi mau beli nangka ama gula merah dulu dehπŸ™‚

    Gampang kok Re bikinnya. Merem juga bisa. he…he…he…

    Reply

Leave a Reply

