RSS Feed

Fish Duetto

Posted on

Description:
Ini resep nyontek mbak Ine. Siang mbak Ine posting, malem sudah aku contek. he…he…he… Terimakasih mbak Ine…

Aslinya sih chicken duetto (chicken duet with potato), tapi berhubung kami nggak makan chicken, aku ganti dengan fish. Hasilnya fish duetto. Leo demen banget makanan ini (Percaya atau enggak, Leo selalu cocok dengan resep yang aku contek dari mbak Ine. Memang top bener dah resepnya….). Sampai-sampai Leo pesen wanti-wanti: “PLEASE TELL INE, THANK YOU VERY MUCH…..”

Karena pake fish, maka aku modif dikit. Kecapnya nggak sebanyak resep asli dan aku tambahin saus tiram. Kali kalau ditambahin bawang putih, jahe dan minyak wijen tambah enak kali ya, soalnya ini kan fish….

Ingredients:
400 gram Victoriabaars filet (punyanya cuma ikan itu di freezer)
2 sdm kecap manis
1 sdm saos tiram
1 lemon (ambil airnya)
Kentang goreng (left over atau sisa karena kemarin bikin soto)
1 btr telur ayam
2 sdm tepung terigu
garam
merica
tepung panir
1 butir bawang bombay, diiris
Brambang goreng (bawang merah goreng)

Directions:
1. Ikan dilumuri air lemon dan diamkan minimum 30 menit
2. Cuci ikan dan potong-potong 4 x 4 cm
3. Lumuri dengan garam dan merica, aduk rata
4. Tambahkan telur dan tepung terigu, aduk rata
5. Gulingkan pada tepung panir
6. Goreng sampai kuning kecoklatan
7. Tumis bawang bombay sampai harum kemudian masukkan ikan dan kentang
8. Beri kecap dan saus tiram, aduk rata
9. Angkat, sajikan di piring saji dan taburi dengan brambang goreng

Rasa ikan ini manis (dari kecap), asem (dari jeruk nipis) dan asin….

42 responses »

  1. wowwwww sedap banget nih mba sri……

    Reply
  2. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    Menurut kami yo enak, karena kami kebetulan fish eaters…..Yang jelas resep ini sederhana dan gampang, tinggal cemplang-cemplung dan iris-iris, nggak pake mblender segala…he…he…he…

    Reply
  3. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    kayak Nano-Nano dong Mbak: manis, asem asin…rame rasanya…Btw Victoriabaar itu yang kayak apa ikannya Mbak?

    Reply
  4. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    wah bu lurah Jakarta ada fansnya di Holland! aku juga fansnya bu lurah kok, soale wis pernah ngicipi masakane dirumahnya… lha sejak kuwi kok dadi kepelet ki karo masakane bu lurah mbak Sri ;)brambang gorengnya sangat generous… siapa ya yg nggoreng? :))

    Reply
  5. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    berarti ntar aku nyontek punya mbak Sri…masih punya ikan..sik asik :-))

    Reply
  6. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    aduh.. kalau daku diundang menunya ini saja yaaaa😀

    Reply
  7. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    Sri, tepung panir itu bread crumbs ya? Malam ini aku pengin nyoba dengan chicken wings. Potatonya pake frozen french fries bisa kali ya? Oya, aku seneng dengan kolom resep-mu. Soale gampang dicontek. Ha-ha-ha! Aku udah mampir ke blog-nya Ine (nice blog, trims Ine!), tapi resep chicken duetto-nya nggak ketemu… ya udah, aku modifikasi chicken wings-ku aja. Triiiiims!

    Reply
  8. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    Sri… mantap sekali .. aku langsung lapar…. apa lagi ada bawang goreng…

    Reply
  9. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    aaawwwwwww… cakep penampakan nya mbaa.. enak gaaa.. hihihih.. kasihan deh aku cuma di kasih gambar doank.. mbok di kirim gitu looh..

    Reply
  10. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    hiks…terharu Sri, sampai Leo bilang gitu. padahal yang bikin enak, kreasi bininya lho…

    Reply
  11. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    Mbak Sri, kalu goreng ikan dilumuri merica juga ya? aku biasanya ikan cuma dilumuri lemon dan garem. tfs ya……….tiap hari dirumah masak ikan nih jadi tambah variasi baru nih resepnya……cuma aku jarang pake tepung panir, jadi gak tau nih tepung panir yang gimana. biasanya sih tepung terigu, beras or tapioka.

    Reply
  12. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    wah mbak sri juga udah bikin toh..nyam..nyam..enak..:), aku juga nyontek scr kemarin lg malas masak..ada fillet ayam..eh ci’ine posting masakannya..jd deh bikin.., ntar mo tak posting juga…:)

    Reply
  13. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    mo ayam, mo ikan… pokoke doyan kabeh!!!

    Reply
  14. 3astwest said: wowwwww sedap banget nih mba sri……

    Hebat neh mbak Sri… “recipes” nya langsung diposting.. aku mo nyoba ..bingung mo posting resep apaan hehehe… enak bener tuh mbak ikannya..mo nyoba ahh… secara biar anak2 lebih sering makan ikan, TFS yah mbak sayang…

    Reply
  15. tsuroiya said: kayak Nano-Nano dong Mbak: manis, asem asin…rame rasanya…Btw Victoriabaar itu yang kayak apa ikannya Mbak?

    Iya kayak nano-nano, malah masih ditambah pedesnya merica…he…he…he…Victoriabaars bisa dilihat di sini:http://nl.wikipedia.org/wiki/NijlbaarsAku copy kan gambar ini dari wikipedia:

    Reply
  16. erm718 said: wah bu lurah Jakarta ada fansnya di Holland! aku juga fansnya bu lurah kok, soale wis pernah ngicipi masakane dirumahnya… lha sejak kuwi kok dadi kepelet ki karo masakane bu lurah mbak Sri ;)brambang gorengnya sangat generous… siapa ya yg nggoreng? :))

    Bu lurah pancen te-o-pe be-ge-te…banyak yang kepelet sama blio…hi…hi…hi…Aku sing nggoreng brambang goreng. Lha piye, wong Leo sibuk, kecapean dengan pekerjaan kantor. Kalau dulu dia masih mau bantuin, tapi saat-saat ini dia betul-betul nggak punya waktu, capek banget. Tapi yo demi suami, mesakke, wong doi pengin brambang wae kok ora dikasih…..

    Reply
  17. nanaheitmeier said: berarti ntar aku nyontek punya mbak Sri…masih punya ikan..sik asik :-))

    Silahkan nyontek, semoga sesuai selera. Silahkan di-variasi sendiri bumbunya…..soalnya kan tergantung selera ya. Ada yang lebih suka pake merica putih, ada yang suka pake merica hitam. Kalau aku untuk yang ini pake merica putih….ada yang suka lebih banyak lemonnya supaya rasa asemnya terasa….

    Reply
  18. irma303 said: aduh.. kalau daku diundang menunya ini saja yaaaa😀

    Boleh silahkan datang…masih ada 2 potong, mau ikut sarapan?

    Reply
  19. irma303 said: aduh.. kalau daku diundang menunya ini saja yaaaa😀

    enak… kapan-kapan nyoba buat ah..

    Reply
  20. laksmiharyanto said: Sri, tepung panir itu bread crumbs ya? Malam ini aku pengin nyoba dengan chicken wings. Potatonya pake frozen french fries bisa kali ya? Oya, aku seneng dengan kolom resep-mu. Soale gampang dicontek. Ha-ha-ha! Aku udah mampir ke blog-nya Ine (nice blog, trims Ine!), tapi resep chicken duetto-nya nggak ketemu… ya udah, aku modifikasi chicken wings-ku aja. Triiiiims!

    Kalau di Belanda beda antara paneermeel dan bread crumb. Menurut Leo dan mami, paneermeel dibuat dari beschuiten, sedangkan kalau bread crumb dari roti tawar. Yang penting adalah dua-duanya bisa dipake (wong kalau bikin risoles juga bisa pake kedua tepung tersebut kok). Kalau menurutku, mendingan french friesnya nggak dicampurkan, tapi dipisah saja. Jadi chicken wingnya dimakan pake french fries. Tapi kalau mau dicoba silahkan, nanti kasih tahu hasilnya ya….Resep yang dari mbak Ine untuk contacts nya saja, bukan untuk everyone. Tapi prinsipnya sama….Cuma kalau nggak salah nggak perlu di-marinate walaupun tetap pake lemon juga untuk menghilangkan bau amis nya ayam…kalau aku, aku marinate lama supaya rasa lemonnya juga masuk.

    Reply
  21. dianlantinga said: Sri… mantap sekali .. aku langsung lapar…. apa lagi ada bawang goreng…

    Memang brambang goreng bikin harum semerbak dan rasa menggugah….

    Reply
  22. fitrids said: aaawwwwwww… cakep penampakan nya mbaa.. enak gaaa.. hihihih.. kasihan deh aku cuma di kasih gambar doank.. mbok di kirim gitu looh..

    Kalau buat kami yo enak saja…kalau mau ayo ke sini masih ada 2 potong…hi…hi…hi….

    Reply
  23. elkaje said: hiks…terharu Sri, sampai Leo bilang gitu. padahal yang bikin enak, kreasi bininya lho…

    Lha tergantung resepnya juga kok. Beberapa kali aku coba resep mbak Ine, dia selalu cocok. Kemarin aku nggak ngasih tahu ini resep siapa. Waktu dia makan dia langsung bilang: “het is erg lekker” (uenak tenan). Baru setelah itu aku kasih tahu ini resep siapa. Langsung dia bilang “Ine knows how to cook…she knows about yummy food. Please tell her, thank you very much….” Sing jelas, kemarin dia makan banyak, ngentek-ngentekke sego…hi…hi…hi……nggak rugi deh kalau gini….thank you mbak Ine….

    Reply
  24. multa2001 said: Mbak Sri, kalu goreng ikan dilumuri merica juga ya? aku biasanya ikan cuma dilumuri lemon dan garem. tfs ya……….tiap hari dirumah masak ikan nih jadi tambah variasi baru nih resepnya……cuma aku jarang pake tepung panir, jadi gak tau nih tepung panir yang gimana. biasanya sih tepung terigu, beras or tapioka.

    Untuk masakan yang digoreng kayak gini biasanya aku lumuri merica supaya rasa mericanya juga terasa. Tepung panir itu tepung yang beremah, biasa dibuat untuk melapisi macem-macem seperti risoles, bitterballen, kroket dan sebagainya. Sekarang terbayang kan tepungnya kayak apa? Kalau nggak ada tepung panir bisa pake bread crumbs. Kalau untuk resep ini selain pake tempung terigu, juga pake tepung panir….

    Reply
  25. darrellmom said: wah mbak sri juga udah bikin toh..nyam..nyam..enak..:), aku juga nyontek scr kemarin lg malas masak..ada fillet ayam..eh ci’ine posting masakannya..jd deh bikin.., ntar mo tak posting juga…:)

    Ayo sama-sama posting……kita sedang demam masakannya bu lurah…he…he…he…

    Reply
  26. haleygiri said: mo ayam, mo ikan… pokoke doyan kabeh!!!

    Aku jan-jané yo doyan ayam, tapi ayam Londo ki bedo karo ayam kampung rasané….

    Reply
  27. f4ika said: Hebat neh mbak Sri… “recipes” nya langsung diposting.. aku mo nyoba ..bingung mo posting resep apaan hehehe… enak bener tuh mbak ikannya..mo nyoba ahh… secara biar anak2 lebih sering makan ikan, TFS yah mbak sayang…

    Lha soalé yo puyeng kemarin mau masak apa. Leo sendiri sih nggak masalah mau makan apa, tapi dia kan nggak doyan ayam, nggak bisa makan beef terlalu banyak, nggak boleh makan seafood selain ikan (maklum dia kan kolesterol tinggi, darah tinggi). Jadi ya satu-satunya makanan yang memungkinkan ya ikan, produk soya kayak tempe tahu dan sayuran. Walaupun resep ikan banyak, kadang kan puyeng juga mau masak apa. Untung ada resep gampang ini…ya sudah nyonto…Silahkan dicontek…semoga cocok. Pokoknya suka-suka deh mem-variasi-kannya. Kalau aku pake lemon yang banyak dan di-marinate lama supaya nggak amis dan rasa lemon masuk betulan….

    Reply
  28. atiecs said: enak… kapan-kapan nyoba buat ah..

    Lha iyo silahkan….wong gampang. Bumbunya tergantung selera. Aku pake lemon banyak, tapi garamnya nggak banyak. Kalau suka pedes, mericanya pake merica hitam, tapi kemarin aku pake merica putih….

    Reply
  29. atiecs said: enak… kapan-kapan nyoba buat ah..

    resep-resep Mbak Ine memang mantep

    Reply
  30. iniaku said: resep-resep Mbak Ine memang mantep

    Betul….makanya ketika resep blio nggak nongol di MP, aku ikutan panik….soalnya ada maunya….pengin nyontek….he…he…he…

    Reply
  31. iniaku said: resep-resep Mbak Ine memang mantep

    Sri, adaaaaaa aja idenya kamu ini, kalau lagi mentok ide tinggal clik ke kolom resep kamu deh … mbak Ine, itu yang mana ya? boleh aku mampir ke sana ga ya?

    Reply
  32. iniaku said: resep-resep Mbak Ine memang mantep

    Mau…kayanya enak banget nih..!

    Reply
  33. iniaku said: resep-resep Mbak Ine memang mantep

    Mmm I must try that, Andrew is not so keen on fish but with this kind of sauce I believe he will like it, especially with potatoes, he’s being Irish :-DThanks mbak Sri.

    Reply
  34. katabelece said: Sri, adaaaaaa aja idenya kamu ini, kalau lagi mentok ide tinggal clik ke kolom resep kamu deh … mbak Ine, itu yang mana ya? boleh aku mampir ke sana ga ya?

    Hi…hi…hi…wong kolom resepku sederhana, ora canggih-canggih banget. Pokoknya kalau ada resep sederhana dan gampang bikinnya aku praktekkin. Lha kamu sendiri kan malah lebih pinter masak to..Silahkan saja buka site nya mbak Ine: http://elkaje.multiply.com. Kalau pengin selalu dapat update resep dan ceritanya, coba aja invite blio. Bisa juga dilihat fotonya di sini: http://cutyfruty.multiply.com/photos/photo/49/8Waktu mudik lalu, Leo dan aku nginthil mbak Ine atau bu lurah (soalnya teman-teman manggilnya bu lurah. he…he…he…) untuk safari kuliner. Nggak bisa ikut semuanya, tapi lumayan bisa menambah pengetahuan…

    Reply
  35. ziany said: Mau…kayanya enak banget nih..!

    Kalau suka semur, pasti suka ini….

    Reply
  36. antyharton said: Mmm I must try that, Andrew is not so keen on fish but with this kind of sauce I believe he will like it, especially with potatoes, he’s being Irish :-DThanks mbak Sri.

    You are welcome Anty…Leo doesn’t eat chicken. He eats beef but not that much. He may not eat seafood except fish. So…I really have to find recipes with fish or soya in them. Fortunately he likes “ketjap manis”. I reduced the amount of ketjap manis (the original ketjap manis used is 5 table spoon and I only use 2 tbs). But I increased the amount of citroensap (lemon juice?) and this combination gives sweet and sour taste. White paper will also make the fish more spicy….

    Reply
  37. antyharton said: Mmm I must try that, Andrew is not so keen on fish but with this kind of sauce I believe he will like it, especially with potatoes, he’s being Irish :-DThanks mbak Sri.

    weee…bener bener bikin ngiler nih mbak sri

    Reply
  38. antyharton said: Mmm I must try that, Andrew is not so keen on fish but with this kind of sauce I believe he will like it, especially with potatoes, he’s being Irish :-DThanks mbak Sri.

    wah….pagi-bagi disuguhi mbak Sri ikan duetto….., jadi lapar nih….:)

    Reply
  39. taishaluv said: weee…bener bener bikin ngiler nih mbak sri

    Muhun maap kalau gitu ya…..

    Reply
  40. nur4hini said: wah….pagi-bagi disuguhi mbak Sri ikan duetto….., jadi lapar nih….:)

    Mau makan bareng apa? Ayo silahkan….hi…hi…hi…

    Reply
  41. nur4hini said: wah….pagi-bagi disuguhi mbak Sri ikan duetto….., jadi lapar nih….:)

    Asli ngiler Mbak liat fotonya.. udah niat mau nyoba juga tapi belom sempet :DMas Leo lidahnya selera Indonesia juga ya..hehehe

    Reply
  42. wlzone said: Asli ngiler Mbak liat fotonya.. udah niat mau nyoba juga tapi belom sempet :DMas Leo lidahnya selera Indonesia juga ya..hehehe

    Saking banyaknya resep di MP ya, kadang bingung milih yang mana duluan untuk dicoba. Lha Leo sudah aku sulap jadi Jowo…hi…hi…hi…Dia demen nasi, makan pake ketjap ayo, brambang goreng malah wajib (aku yang jadi kerepotan nggorengin brambang dia)….he…he…he…

    Reply

Leave a Reply

