RSS Feed

MFM#10: Ikan Saus Cabai

Posted on

Description:
Ketika aku kasih tahu Leo kalau assignment MFM bulan ini adalah seafood dan aku pengin masak victoriabaars, dia langsung komentar: “Victoriabaarzen are not seafood. They are fresh water fish….” Langsung aku baca ketentuan MFM#10 yang diorganisir oleh bu Sefa. Kalau menurut ketentuan sih boleh pake fresh water fish, tapi berhubung nggak yakin, langsung aku kontak bu presiden MFM#10. Ternyata bu Sefa bilang boleh. Thanks ya Sefa for organizing this event…

Resep yang aku pakai ini sumbernya adalah Primarasa Femina. It is supposed to be crispy (karena judul aslinya ikan renyah saus cabai), tapi begitu ikan gorengnya dimasukkan ke saus, langsung mlempem. Tapi menurut kami rasanya tetap enak (itu kan yang penting?). Resep ini aku modifikasi sedikit.

Ingredients:
500 gram fillet ikan kakap (aku pake ikan victoriabaars)
125 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
1 putih telur
200 ml air
Minyak untuk menggoreng
Jeruk nipis (di resep nggak ada, tapi aku tambahin).

Saus Cabe:
1 sdm minyak goreng
2 sdt jahe parut (aku pake 2 cm jahe cincang halus)
3 siung bawang putih memarkan (aku pake 4 bawang putih cincang)

Bahan saus lainnya, campur jadi satu:
60 ml saus tomat
60 ml saus cabai (aku pake sambal botol ABC)
2 sdt gula pasir
1 sdt kecap asin
2 sdt angciu (aku nggak pake)
2 sdm air
garam (di resep nggak ada, aku juga nggak pake karena Leo darah tinggi)

Untuk bahan taburan aku tambahi:
Brambang (bawang merah) goreng
Daun bawang mentah dirajang

Directions:
1. Potong-potong ikan ukuran 5 x 5 cm, lumuri air jeruk nipis dan diamkan minimum 15 menit. Kemudian cuci.

2. Campur tepung terigu, maizena dalam mangkuk, buat lubang di tengahnya. Masukkan putih telur, tutup dengan tepung, masukkan air sambil diaduk sampai licin dan rata.

3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan atau panci. Celupkan ikan ke dalam adonan tepung. Masukkan ke dalam minyak panas, goreng hingga kuning keemasan dan matang (sekitar 5 menit), angkat dan tiriskan.

4. Saus: Panaskan minyak goreng, tumis jahe dan bawang putih sampai harum. Masukkan larutan atau bahan saus lainnya dan aduk rata.

5. Masukkan ikan goreng ke dalam saus, aduk sampai rata dan potongan ikan terlumuri saus. Pindahkan ke piring saji.

6. Supaya lebih sedap dan lebih bagus penampilannya, aku tambahin taburan brambang goreng dan daun bawang mentah di atasnya.

44 responses »

  1. Sri… ikannya menggoda sekali…

    Reply
  2. Waaaaah, jadi laper! Aku mau modifikasi pake Tilapia…

    Reply
  3. enak nih kayaknya..Btw, Mbak Sri suka bawang merah goreng ya? kayaknya tiap masakannya bertabur bawang goreng, banyaak lagi…kecium harumnya sampe sini, hehhe

    Reply
  4. banyak bikin nya………..bisa di bagi2 neh!…………

    Reply
  5. wadowww……sedaaaaappppppppp.jadi ngiler sendiri ini……..alamak gak ada yang nolonginnnnn.

    Reply
  6. mbak sri mauuuu….:) eh bawang goreng tuh disebut brambang ya mbak baru tahu aku…:)

    Reply
  7. waaahh…..belon makan siang liat ini….langsung lapeerrr…

    Reply
  8. di conteeeeeeeeeeeeeeeeeeek…hihihihi… kereeeeen looh poto nyaaa.. bikin ngileeer…

    Reply
  9. wiiissss… minta aja lah… brambang gorengnya banyakin ya :))

    Reply
  10. wahhh dimakan sama nasi hangat pasti….nambah terus:)

    Reply
  11. Sedepnya… tak catet ya resepnya.Mbak.. di sana ada yg jual sambal botol ABC ?

    Reply
  12. Wadooooh jadi ngiler abis… ini ikan rasanya mirip gak mbak ama yg maren mbak postingin…

    Reply
  13. victoriabaars kayak apa mbak ikannya ?

    Reply
  14. dianlantinga said: Sri… ikannya menggoda sekali…

    Ayo…kita makan bareng…hi…hi…hi…

    Reply
  15. laksmiharyanto said: Waaaaah, jadi laper! Aku mau modifikasi pake Tilapia…

    Pake tilapia, panga atau ikan lain menurutku enak. Memang resepnya Oe-oet eh…Primarasa memang top. Coba kalau ada kakap pasti lebih enak lagi kali ya….

    Reply
  16. tsuroiya said: enak nih kayaknya..Btw, Mbak Sri suka bawang merah goreng ya? kayaknya tiap masakannya bertabur bawang goreng, banyaak lagi…kecium harumnya sampe sini, hehhe

    Menurut kami enak…Suamiku sudah aku sulap jadi orang Jowo, demennya brambang goreng. he…he…he… bahkan kalau aku nggak ada waktu nggoreng dan dia sedang nganggur, dia nggoreng sendiri. Kalau nggak percaya ada di sini nih:http://cutyfruty.multiply.com/photos/album/14/Londo_nggoreng_brambang….

    Reply
  17. bungabobon said: banyak bikin nya………..bisa di bagi2 neh!…………

    Ayo Bon makan bareng…kebetulan bikinnya banyak….he…he…he…

    Reply
  18. glennsean said: wadowww……sedaaaaappppppppp.jadi ngiler sendiri ini……..alamak gak ada yang nolonginnnnn.

    Gimana nolonginnya…wong harus naik kereta kalau ke sana. he…he…he…

    Reply
  19. darrellmom said: mbak sri mauuuu….:) eh bawang goreng tuh disebut brambang ya mbak baru tahu aku…:)

    Boleh….ambil sendiri…di kulkas masih ada tuh…hi…hi…hi..Dalam bahasa Jawa, bawang merah disebutnya brambang sedangkan bawang putih disebutnya bawang.

    Reply
  20. 3astwest said: waaahh…..belon makan siang liat ini….langsung lapeerrr…

    Ayo…kita makan bareng….di sini sih masih jam 7 pagi sekarang….

    Reply
  21. fitrids said: di conteeeeeeeeeeeeeeeeeeek…hihihihi… kereeeeen looh poto nyaaa.. bikin ngileeer…

    Silahkan dicontek, semoga cocok. Resep dari Primarasa sih biasanya aku cocok, lebih pas bumbunya di lidah kami. Tinggal modif dikit sesuai dengan selera kita….

    Reply
  22. ningnong said: wiiissss… minta aja lah… brambang gorengnya banyakin ya :))

    Boleh Ning….minta brambangnya berapa kilo? he….he…he…soale aku minggu lalu nggoreng brambang 4 kilo sampai teler….

    Reply
  23. nur4hini said: wahhh dimakan sama nasi hangat pasti….nambah terus:)

    Kemarin juga gitu. Lha Leo nggak cuma ikannya yang dikasih brambang goreng tapi juga nasinya. Wis…aku ora iso ngirit kalau masalah brambang….harganya sih masih affordable, tapi nggorengnya itu lho yang lama….

    Reply
  24. wlzone said: Sedepnya… tak catet ya resepnya.Mbak.. di sana ada yg jual sambal botol ABC ?

    Resepnya Primarasa sih biasanya cocok sama kami.Di sini ada kok sambal botol ABC, asalkan mau ke toko Asia….

    Reply
  25. f4ika said: Wadooooh jadi ngiler abis… ini ikan rasanya mirip gak mbak ama yg maren mbak postingin…

    Rasanya beda. Kalau kemarin kan manisnya kecap dan pedesnya lada (kalau ladanya banyak), serta asemnya lemon (kalau lemonnya banyak waktu marinate), jadi kalau kemarin rasanya mengarah ke semur. Kalau yang ini lebih ke asem manisnya saus tomat dan pedesnya sambel botol. Jadi kayak ikan asam manis tapi pedes. Kira-kira gitu deh penjelasannya walaupun nggak pas-pas banget njelasinnya….

    Reply
  26. kuenyaoyan said: victoriabaars kayak apa mbak ikannya ?

    Victoriabaars ikannya kayak gini nih:Aku dapatnya dari wikipedia. Tapi aku sendiri selalu pake yang cuma fillet saja, malah beku, beli di supermarket. Ikan ini diimport dari Afrika.

    Reply
  27. kuenyaoyan said: victoriabaars kayak apa mbak ikannya ?

    Enak… o ya mbak Henri suka kering kentangnya.. katanya enak…

    Reply
  28. atiecs said: Enak… o ya mbak Henri suka kering kentangnya.. katanya enak…

    Menurutku resep Primarasa ini enak…apa karena kami suka ikan ya, jadi yang serba ikan rasane enak. hi…hi…hi…Yo sokur kalau Henri suka kering kentangnya. Nggak terlalu pedes ya buat orang Belanda? Aku Sabtu ke pasar lagi dan nggak nemu ibu Indonesia yang jualan di sana. Ekani juga ke pasar lain dan dia juga nggak nemu ibu yang biasanya jualan makanan Indonesia di sana. Mungkin winter mereka libur dulu kali ya….

    Reply
  29. cutyfruty said: jadi kalau kemarin rasanya mengarah ke semur. Kalau yang ini lebih ke asem manisnya

    Thanks mbak infonya.. nyoba yang mana dulu yah dua2nya uenak neh…..

    Reply
  30. f4ika said: Thanks mbak infonya.. nyoba yang mana dulu yah dua2nya uenak neh…..

    Gini aja, kalau suka rasa kecap, coba yang kemarin. Kalau suka rasa asam manis pedas, coba yang ini. Atau minggu ini coba yang ini, kemudian minggu depan coba yang rasa kecap. Eh…lha kok ikutan ngatur…hi…hi…hi…sorry bu….

    Reply
  31. f4ika said: Thanks mbak infonya.. nyoba yang mana dulu yah dua2nya uenak neh…..

    mbak Sri…blom sarapan nih..bangun tidur buka MP langsung krucuk2 perutku..hihi

    Reply
  32. nanaheitmeier said: mbak Sri…blom sarapan nih..bangun tidur buka MP langsung krucuk2 perutku..hihi

    Aku baru sarapan pake ikan ini…perutku Jowo, jadi sarapan kadang ya pake nasi….he…he…he…

    Reply
  33. nanaheitmeier said: mbak Sri…blom sarapan nih..bangun tidur buka MP langsung krucuk2 perutku..hihi

    duhhh dari kemaren ngiler terus mbak

    Reply
  34. nanaheitmeier said: mbak Sri…blom sarapan nih..bangun tidur buka MP langsung krucuk2 perutku..hihi

    Ih..enak banget nih mbak Sri.. dimakan pake nasi anget2 gitu.. hmmm..sedapnyaaaaa😀

    Reply
  35. nanaheitmeier said: mbak Sri…blom sarapan nih..bangun tidur buka MP langsung krucuk2 perutku..hihi

    bagi dong Mbak…. itu ikannya menggoda pengen dicomot ;;)terimakasih banyak ya Mbak udah ikutan MFM #10

    Reply
  36. taishaluv said: duhhh dari kemaren ngiler terus mbak

    Muhun maap, ikannya udah abis tadi untuk sarapan….pake nasi anget kepul-kepul….

    Reply
  37. debluelover said: Ih..enak banget nih mbak Sri.. dimakan pake nasi anget2 gitu.. hmmm..sedapnyaaaaa😀

    Menurutku enak Lis…kebetulan aku selama ini cocok dengan resep terbitan Primarasa Femina….

    Reply
  38. iniaku said: bagi dong Mbak…. itu ikannya menggoda pengen dicomot ;;)terimakasih banyak ya Mbak udah ikutan MFM #10

    Sayang sekali….telat…sudah habis….muhun maap…Sama-sama Sefa….aku sudah lega, sudah ngumpulin pe-er….

    Reply
  39. iniaku said: bagi dong Mbak…. itu ikannya menggoda pengen dicomot ;;)terimakasih banyak ya Mbak udah ikutan MFM #10

    Wah saya juga ingin minta, tetapi sudah habis, terlambat….

    Reply
  40. ellytjan said: Wah saya juga ingin minta, tetapi sudah habis, terlambat….

    Maaf tante…kebetulan sisanya kemarin sudah saya makan untuk sarapan….maklum tante, kadang perut masih minta diisi nasi untuk sarapan…..

    Reply
  41. ellytjan said: Wah saya juga ingin minta, tetapi sudah habis, terlambat….

    tfs ya aku sering nya juga masak ikan nih…….ntar mo nyoba deh…

    Reply
  42. multa2001 said: tfs ya aku sering nya juga masak ikan nih…….ntar mo nyoba deh…

    Sama-sama mbak Lily. Silahkan dicoba, semoga cocok….

    Reply
  43. multa2001 said: tfs ya aku sering nya juga masak ikan nih…….ntar mo nyoba deh…

    Yuuuummmmyyy, enak bener ini jeng resep ikan asem pedasnya .. sama, Esti gak pernah masak pake angciu juga, dicontek yaaaa.. TFS ;o)

    Reply
  44. estimiguelariel said: Yuuuummmmyyy, enak bener ini jeng resep ikan asem pedasnya .. sama, Esti gak pernah masak pake angciu juga, dicontek yaaaa.. TFS ;o)

    Silahkan dicontek. Saya juga nggak pernah masak pake angciu soalnya juga nggak tahu kayak apa bentuknya. hi…hi…hi…mungkin kayak kecap asin kali ya rasanya…

    Reply

Leave a Reply

