RSS Feed

Melktaart

Posted on

Description:
Waktu itu bu Dian posting taart susu di sini. Resep asli pake susu bubuk, tapi aku tanya blio boleh nggak kalau pake susu cair soalnya susu bubuk harus diirit-irit pemakaiannya karena belinya jauh harus ke toko Asia segala. Kalau susu segar kan di setiap supermarket ada dan harganya relatif murah.

Kata blio boleh, malah dikasih resep kalau mau pake susu segar. Karena pake susu cair, malah nggak perlu pake mentega segala. Syukur kalau gitu. Thank you ya say sudah boleh nyontek resepnya….

Ini hasilnya…sorry seperti biasa kalau aku bikin cake selalu AMBLEG. Yang bagian atas sudah dibuang (dimakan) karena peyot dan coklat banget walaupun nggak gosong. Untung aku nyetaknya pake tulband, jadi setelah dikeluarkan dari loyang (dengan cara dibalik), penampakan masih OK.

Karena ambleg, menurutku malah enak, alus dan lembut kayak pudding. hi…hi…hi…

Ingredients:
– 4 Butir Telur
– 125 gr gula halus
– 150 gr Tepung terigu (kurangi 1 sendok makan)
– 0,9 gr atau hampir 1 liter susu cair (Aku pake 900 ml susu cair)
– 1 zakje vanilli suiker (aku pake 1/4 sdt)
– Sedikit garam

Directions:
– Kocok telur, gula, vanilli dan garam, sekedar yg penting tercampur.
– Masukkan tepung terigu dan susu
– Tuang ke loyang yang sudah dilapisi mentega dan tepung terigu
– Panggang sampai matang (sesuai kecoklatan yang diinginkan).

NB :
* Enak kalau dicampur dengan kelapa muda.
* setelah dingin masukkan kedalam koelkast.
– Diatas bisa ditaburin keju halus atau kismis.
– Setelah keras baru dipotong2

30 responses »

  1. iya mba….looks like yummy pudding….pengeeenn

    Reply
  2. keliatannya enak kok Mbak aku juga pengen nyontek, eh keduluan Mbak Sri😀

    Reply
  3. enak kayaknya nih…makin sip kalo pake kismis ‘kali Mbak Sri..

    Reply
  4. Bagus ko say.Kalau saya pakai vorm biasa warnanya gitu ko, say.Saya pakai vorm yg anti-bak matang dan warnanya jadi coklat.

    Reply
  5. pengin nyoba ah….:)

    Reply
  6. 3astwest said: iya mba….looks like yummy pudding….pengeeenn

    Boleh kalau pengin…silahkan ambil sendiri puddingnya…hi…hi…hi…(maklum aku masih juga belum pinter bikin cake).

    Reply
  7. iniaku said: keliatannya enak kok Mbak aku juga pengen nyontek, eh keduluan Mbak Sri😀

    Kalau Sefa yang bikin pasti lebih bagus deh, nggak bantat kayak bikinanku….hi…hi…hi…tapi yang penting enak….

    Reply
  8. tsuroiya said: enak kayaknya nih…makin sip kalo pake kismis ‘kali Mbak Sri..

    Betul kayaknya kalau pake kismis atau sultana makin sip…..

    Reply
  9. dianlantinga said: Bagus ko say.Kalau saya pakai vorm biasa warnanya gitu ko, say.Saya pakai vorm yg anti-bak matang dan warnanya jadi coklat.

    Aku pake loyang tulband silikon. Tadinya mau pake loyang biasa, ternyata kok buanyak, nggak cukup. Akhirnya cari loyang paling gede. Dan kebetulan yang ada loyang silikon. Cuma ya karena pake loyang silikon, jadinya mletot ya. Untungnya bagian bawah bagus bentuknya, jadi waktu dibalik masih OK. Lain kali pengin bikin pake loyang bukan silikon. Tapi yang penting rasanya enak…alus lembut kayak pudding…. Thanks ya say atas resepnya….

    Reply
  10. nur4hini said: pengin nyoba ah….:)

    Silahkan coba, wong ini gampang kok bikinnya (walaupun aku sendiri nggak bisa bagus bikin ini. Mungkin karena pake loyang silikon kali ya…hi…hi…hi…nyalahin loyangnya).

    Reply
  11. cutyfruty said: Aku pake loyang tulband silikon. Tadinya mau pake loyang biasa, ternyata kok buanyak, nggak cukup. Akhirnya cari loyang paling gede. Dan kebetulan yang ada loyang silikon. Cuma ya karena pake loyang silikon, jadinya mletot ya. Untungnya bagian bawah bagus bentuknya, jadi waktu dibalik masih OK. Lain kali pengin bikin pake loyang bukan silikon. Tapi yang penting rasanya enak…alus lembut kayak pudding…. Thanks ya say atas resepnya….

    Sama2 juga Sri.Moga pas sama lidahnya Leo dan Sri.

    Reply
  12. dianlantinga said: Sama2 juga Sri.Moga pas sama lidahnya Leo dan Sri.

    Menurut kami enak…..sip pokoknya…

    Reply
  13. dianlantinga said: Sama2 juga Sri.Moga pas sama lidahnya Leo dan Sri.

    pake raisin makin manteeb kali ya mba…

    Reply
  14. dianlantinga said: Sama2 juga Sri.Moga pas sama lidahnya Leo dan Sri.

    wah kethok nek gurih2 enyak ki…. Met Tahun Baru buat mbak Sri & Leo, semoga sukses & cepat dapat momongan :))

    Reply
  15. dianlantinga said: Sama2 juga Sri.Moga pas sama lidahnya Leo dan Sri.

    Wah aku kebetulan sedang laper nih, nyodori piring dengan melas.

    Reply
  16. dianlantinga said: Sama2 juga Sri.Moga pas sama lidahnya Leo dan Sri.

    keliatannya enak mbak mau nyoba ah.. Mbak met tahun baru ya..

    Reply
  17. fitrids said: pake raisin makin manteeb kali ya mba…

    Iya kayaknya pake raisin, sultana, kismis enak….

    Reply
  18. erm718 said: wah kethok nek gurih2 enyak ki…. Met Tahun Baru buat mbak Sri & Leo, semoga sukses & cepat dapat momongan :))

    Memang gurih walaupun nggak pake mentega. Susunya membuat gurih…Selamat tahun baru juga ya Elika…terimakasih atas doanya….amin semoga terkabul.Semoga Elika sekeluarga juga sukses selalu…

    Reply
  19. ellytjan said: Wah aku kebetulan sedang laper nih, nyodori piring dengan melas.

    Boleh tante….silahkan ambil….he…he…he…

    Reply
  20. atiecs said: keliatannya enak mbak mau nyoba ah.. Mbak met tahun baru ya..

    Silahkan nyoba Dyah…gampang kok bikinnya…Met tahun baru juga ya…

    Reply
  21. atiecs said: keliatannya enak mbak mau nyoba ah.. Mbak met tahun baru ya..

    looks yummy mbak Sri..poengen nyobain jugaa.met taon baru ya mbak

    Reply
  22. nanaheitmeier said: looks yummy mbak Sri..poengen nyobain jugaa.met taon baru ya mbak

    Menurutku sih enak Na…walaupun ambleg. hi…hi…hi…Selamat tahun baru juga untuk Nana dan keluarga…

    Reply
  23. nanaheitmeier said: looks yummy mbak Sri..poengen nyobain jugaa.met taon baru ya mbak

    Sri, kalau lihat bahan dan cara bikinnya, lha ini kan emang model cake bantat/prol gitu. jadi…mungkin emang gitu teksturnya. kayaknya menarik nih…. belum pernah mencoba

    Reply
  24. elkaje said: Sri, kalau lihat bahan dan cara bikinnya, lha ini kan emang model cake bantat/prol gitu. jadi…mungkin emang gitu teksturnya. kayaknya menarik nih…. belum pernah mencoba

    O…pancen kudu bantat to? hi…hi…hi…nggak tahu aku…Aku pikir karena aku pake loyang silikon tulband sing njelehi kae lho, mleyat-mleyot ora karu-karuan. Aku panggang dengan suhu 160 derajat selama 80 menit (soale ovenku memang harus selalu lebih lama daripada resep). Bagian atas waktu itu sampai coklat banget tapi nggak gosong. Setelah aku balik, lha kok terus yang warna coklat jan kempes kae. Yang bawah seperti gambar yang aku posting itu, nggak secoklat bagian atasnya. Aku pikir…waduh ambleg iki. Untung setelah dimasukkan koelkast bisa keras dan bisa dipotong. Karena bantat malah enak, alus lembut kayak pudding….Aku bikin yang versi bukan dengan susu bubuk dan mentega. Soale tuku susu bubuk nang kene angel kudu nang toko Asia, adoh, ndadak numpak kendaraan gonta-ganti. Jatuhnya malah mahal. Makanya punya susu bubuk kudu dieman-eman. Kalau susu segar di sini murah, di setiap supermarket ada. Tinggal numpak sepeda atau mlaku wis tekan. Karena pake susu segar malah nggak perlu pake mentega, dadi malah untung tidak menambah kalori.

    Reply
  25. elkaje said: Sri, kalau lihat bahan dan cara bikinnya, lha ini kan emang model cake bantat/prol gitu. jadi…mungkin emang gitu teksturnya. kayaknya menarik nih…. belum pernah mencoba

    Aku kok kemecer thooo… pas ngliat di tempat mbak dian itu aku dah kemecer… sekarang ngliat disini, tambah kemecer… soale sing kek prol2 gini aku selalu sukaaa… Gawe ah sesuk!

    Reply
  26. elkaje said: Sri, kalau lihat bahan dan cara bikinnya, lha ini kan emang model cake bantat/prol gitu. jadi…mungkin emang gitu teksturnya. kayaknya menarik nih…. belum pernah mencoba

    Aku itu selalu baca tiap postinganmu tentang masakan. Meski hasilnya sering ambleg/ajaib gitu tapi aku seneng baca komentarmu tentang masakanmu itu mbak… selalu lucu bikin mesem :D:D makasih sudah membuatku mesem. Masakannya ngga penting gimana rasanya, sing penting mesem wae….hehehe…

    Reply
  27. elkaje said: Sri, kalau lihat bahan dan cara bikinnya, lha ini kan emang model cake bantat/prol gitu. jadi…mungkin emang gitu teksturnya. kayaknya menarik nih…. belum pernah mencoba

    Kalo ditambah kelapa muda jadi kayak klapeertart ya Mbak ?

    Reply
  28. haleygiri said: Aku kok kemecer thooo… pas ngliat di tempat mbak dian itu aku dah kemecer… sekarang ngliat disini, tambah kemecer… soale sing kek prol2 gini aku selalu sukaaa… Gawe ah sesuk!

    Lha iyo…mbok sesuk nggawe…terus di-posting…pasti lebih bagus dari yang aku bikin. Sayang aku nggak pake kelapa muda. Kalau pake pasti makin enak ya….

    Reply
  29. andracharoen said: Aku itu selalu baca tiap postinganmu tentang masakan. Meski hasilnya sering ambleg/ajaib gitu tapi aku seneng baca komentarmu tentang masakanmu itu mbak… selalu lucu bikin mesem :D:D makasih sudah membuatku mesem. Masakannya ngga penting gimana rasanya, sing penting mesem wae….hehehe…

    Jadi masakanku bikin mesem yo Ndra? he…he…he….Soale nggawene nganggo bumbu mesem barang…hi…hi…hi…

    Reply
  30. wlzone said: Kalo ditambah kelapa muda jadi kayak klapeertart ya Mbak ?

    Mungkin ya Wel, kalau pake kelapa muda dan kismis atau sultana jadi kayak klappertaart yo? Lha kalau ini bikinnya jauh lebih gampang daripada klappertaart…

    Reply

Leave a Reply

