RSS Feed

Menyimpan tauge

Posted on

Aku demen banget makan tauge. Di pasar harganya 1 euro per kilo tapi di supermarket harganya hampir 9 euro per kilo. Penginnya beli tauge banyak-banyak di pasar sehingga selalu punya stock di koelkast. Tapi kan nggak mungkin karena tauge nggak awet kalau disimpan terlalu lama.

Setelah bolak-balik melakukan percobaan (kayak profesor aja), akhirnya aku memperoleh cara menyimpan tauge di koelkastku. Ternyata penyimpanan terbaik di rumahku adalah sebagai berikut:

1. Simpan tauge di dalam plastik, dan plastiknya ditutup rapat (pokoknya dibundeli ujungnya). Kalau dibuka plastiknya malah taugenya cepet busuk.

2. Kalau perlu dikasih keukenpapier (kitchen towel) di dalam plastik tersebut untuk menyerap kelembaban.

3. Jangan disimpan di lantai koelkast yang paling atas, justru harus disimpan di lantai paling bawah dan dalam keadaan tertutup rapat dalam plastik. Koelkastku pake suhu 6 derajat celcius. Mungkin kalau lantai teratas lebih dingin kali ya….

4. Jangan disimpan di bagian belakang atau terkena dinding koelkast belakang, karena tauge akan cepat membeku dan malah cepat busuk.

Dengan cara tersebut, aku bisa simpan tauge hampir seminggu. Gambar yang aku pasang adalah tauge yang aku beli hari Sabtu yang lalu dan aku potret hari Kamis kemarin. Kenapa nggak aku potret hari ini? Soalnya sebagian besar tauge tersebut sudah masuk perut. he…he…he…

Apakah ada cara lain penyimpanan tauge yang biasanya dilakukan oleh teman-teman? Siapa tahu ada penyimpanan tauge yang lebih awet. Terimakasih sebelumnya….

63 responses »

  1. atiecs said: Aku gak suka taoge sini.. Dhowo-dhowo..

    Memang betul dowo-dowo, tapi lumayan daripada nggak ada….

    Reply
  2. atiecs said: Aku gak suka taoge sini.. Dhowo-dhowo..

    ternyata emang bener ya ada beberapa teman yang direndam air…soale saya rasanya pernah lihat di TV kalau gak salah star world… orang dimana gitu nyimpen toge dalam air…ternyata Bia ama Fitri begitu caranya…sesekali beli seh toge tapi ya paling gak banyak makanya paling taruh aja dalam kantong plastik belum sampe busuk dah habis… katanya lagi airnya kalau dikasih cuka dikit tahan sebulan… tapi entah rasa togenya kayak apa abisnya…*jadi inget tukang asinan kan togenya direndam di air yang bercuka ditaruh diluar lagi, kayaknya tahan lama tuh*

    Reply
  3. atiecs said: Aku gak suka taoge sini.. Dhowo-dhowo..

    Mbak Esther, terus terang aku juga baru tahu kok mbak kalau tauge bisa tahan lama kalau direndam air. Kalau nggak dikasih tahu teman-teman aku malah nggak tahu. Kalau dikasih cuka mungkin agak asem kali ya rasanya. Jadi ngasih cukanya memang harus dikit. Tapi kalau untuk bikin asinan sih memang sengaja dibuat asem kan ya….

    Reply
  4. atiecs said: Aku gak suka taoge sini.. Dhowo-dhowo..

    Good idea, Sri. Betul bisa disimpan dikantong plastik. Menurut penglalan saya dikasih tahu disimpan dikantong berwarna hijau, jangan kena sinar matahati yang menyebabkan cepat tumbah.

    Reply
  5. ellytjan said: Good idea, Sri. Betul bisa disimpan dikantong plastik. Menurut penglalan saya dikasih tahu disimpan dikantong berwarna hijau, jangan kena sinar matahati yang menyebabkan cepat tumbah.

    O…pantesan kalau ditaruh di bagian atas (yang terang ada lampunya) cepet busuk, sedangkan kalau ditaruh di bagian bawah yang gelap nggak cepet busuk. Terimakasih tante atas tip nya…

    Reply
  6. ellytjan said: Good idea, Sri. Betul bisa disimpan dikantong plastik. Menurut penglalan saya dikasih tahu disimpan dikantong berwarna hijau, jangan kena sinar matahati yang menyebabkan cepat tumbah.

    kalau gitu bener komen ngawur gw ama tuh blue kristal…biar gelap ya mas…ternyata iya…hehehehehjadi bukan hanya biar nyerep kelembaban aja tapi juga biar gelap…

    Reply
  7. ellytjan said: Good idea, Sri. Betul bisa disimpan dikantong plastik. Menurut penglalan saya dikasih tahu disimpan dikantong berwarna hijau, jangan kena sinar matahati yang menyebabkan cepat tumbah.

    hai,sri.gue juga sebel kalo beli tauge,cepet busuk.kulkasku malah gak bisa taruh dibawah,soalnya lebih dingin.karena jauh dari pasar,gue beli di supermarkt.memang agak mahal, tapi geen andere keus…:-) kayaknya ekornya harus dipetiki dulu kali sebelon disimpen,jadi lebih awet? di jakarta,nyokap selalu gitu, disini, gue ogah deh petik petikin tuch ekor…๐Ÿ™‚

    Reply
  8. estherlita said: kalau gitu bener komen ngawur gw ama tuh blue kristal…biar gelap ya mas…ternyata iya…hehehehehjadi bukan hanya biar nyerep kelembaban aja tapi juga biar gelap…

    Sekarang malah jadi lebih pasti ya mbak, nggak cuma nebak-nebak saja…..

    Reply
  9. sufiyahni said: hai,sri.gue juga sebel kalo beli tauge,cepet busuk.kulkasku malah gak bisa taruh dibawah,soalnya lebih dingin.karena jauh dari pasar,gue beli di supermarkt.memang agak mahal, tapi geen andere keus…:-) kayaknya ekornya harus dipetiki dulu kali sebelon disimpen,jadi lebih awet? di jakarta,nyokap selalu gitu, disini, gue ogah deh petik petikin tuch ekor…๐Ÿ™‚

    Setiap kulkas mungkin beda kali ya. Kalau tempatku ditaruh di lantai paling atas (yang ada lampunya) justru malah cepet busuk. Tapi kalau ditaruh di tengah atau di bawah (asalkan bukan di-freezer nya lho ya, karena freezerku kan di bawah, bukan di atas), lebih awet. Aku males kalau disuruh metikkin ekornya. Apalagi kan setiap beli aku paling enggak 1/2 kilo atau 1 kilo.

    Reply
  10. sufiyahni said: hai,sri.gue juga sebel kalo beli tauge,cepet busuk.kulkasku malah gak bisa taruh dibawah,soalnya lebih dingin.karena jauh dari pasar,gue beli di supermarkt.memang agak mahal, tapi geen andere keus…:-) kayaknya ekornya harus dipetiki dulu kali sebelon disimpen,jadi lebih awet? di jakarta,nyokap selalu gitu, disini, gue ogah deh petik petikin tuch ekor…๐Ÿ™‚

    mau awet?/simpan dalam perut hehehe..just kidding lho..susah nyimpen tauge, bentar aja sdh kuningtapi mbak Sri hebat tenan, sdh berhasil nyimpen dan taugenya masih mulus&putih2kl kacang ijo disana juga mahal??

    Reply
  11. elisawijaya said: mau awet?/simpan dalam perut hehehe..just kidding lho..susah nyimpen tauge, bentar aja sdh kuningtapi mbak Sri hebat tenan, sdh berhasil nyimpen dan taugenya masih mulus&putih2kl kacang ijo disana juga mahal??

    Kalau disimpen di perut, kan malah akhirnya dibuang juga kan? he…he…he…Aku malah pengin mencoba yang teman-teman sudah lakukan. Siapa tahu lebih baik. Tapi memang sih, tiap tempat bisa beda hasilnya. Misalnya, aku di sini bisa nyimpen kemiri sampai setahun lebih dan masih bagus banget, nggak keropos atau bubukan sama sekali. Tapi adikku di Depok, kemirinya cepet bubukan padahal cara nyimpannya juga sama. Mungkin kelembaban udaranya beda kali ya…..Kacang ijo ada di sini, tapi lupa harganya. Belum pernah aku bikin tauge sendiri….

    Reply
  12. elisawijaya said: mau awet?/simpan dalam perut hehehe..just kidding lho..susah nyimpen tauge, bentar aja sdh kuningtapi mbak Sri hebat tenan, sdh berhasil nyimpen dan taugenya masih mulus&putih2kl kacang ijo disana juga mahal??

    Oo gitu ya mbak…Kalau aku tak taruh di wadah trus tak rendem air mbak…setiap hari airnya aku ganti…togenya lumayan tahan lama dan tetep putih…

    Reply
  13. zubiayusuf said: Oo gitu ya mbak…Kalau aku tak taruh di wadah trus tak rendem air mbak…setiap hari airnya aku ganti…togenya lumayan tahan lama dan tetep putih…

    Ini cuma salah satu cara. Bisa dibaca juga komentar teman-teman di atas. Aku malah pengin juga nyobain satu-satu cara tersebut baru kemudian bisa memutuskan mana cara terbaik di tempatku. Karena kan nggak secara otomatis metoda di satu tempat bisa diterapkan di tempat lain ya…

    Reply

Leave a Reply

