RSS Feed

Akhirnya….

Posted on

Setelah bolak-balik gagal dan babak belur, akhirnya berhasil juga masak ketan. Seneng aku.

Mungkin ada yang ngetawain ya. Tapi gini lho, ketan yang diimport ke sini beda banget dengan ketan yang ada di Indonesia. Ketan di sini diimport dalam keadaan sudah setengah proses. Jadi nggak bisa pake perlakukan direndam dulu semalam dsb. Kalau pake cara Indonesia, ketan yang aku masak bisa jadi bubur instead of jadi lemper atau ketan urap.

Sudah bolak-balik bikin percobaan, dikukus pake kukusan bambu, dikukus pake kukusan steinles steel, direbus, direbus dan kemudian dikukus, dimasak di microwave dsb, akhirnya dapat satu cara: dimasak pake rice cooker. Tadi nyoba dan jadinya lumayan, nggak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Sorry warna gambar agak kemerahan karena aku ambil pake HP, tapi aslinya putih. Bener nggak bohong….

Ini nih cara yang aku pake: Masukkan 1/4 cup ketan ditambah 1 cup air ke dalam rice cooker kemudian rice cookernya dicolokin ke listrik. Tunggu sampai rice cookernya ngasih tahu kalau mateng (beda kan warna lampunya). Yang jelas mateng bagus. Weleh…weleh…..dari dulu kek. hi…hi…hi…cuma belum coba gimana jadinya kalau pake santan bukan pake air. Semoga bedanya nggak terlalu banyak.

Ini brand yang aku pake:

60 responses »

  1. squishsquash said: aku kalo beli ketan di toko Thai mbak, pernah bikin ketan buat lemper doang hanya di rendem 2 jam doang. Laen kali aku mau coba tanpa di rendem ah kalo gitu.

    congratulation sudah berhasil menaklukkan ketan ^_^bisa ketagihan masak ketan ya mbak???

    Reply
  2. elisawijaya said: congratulation sudah berhasil menaklukkan ketan ^_^bisa ketagihan masak ketan ya mbak???

    Terimakasih…Iya nih nanti aku mau eksperimen bikin lemper, semar mendem, ketan urap etc. etc. yang serba ketan. Sementara ini belum dulu, soalnya sedang nggak punya persediaan ketan di rumah….

    Reply
  3. elisawijaya said: congratulation sudah berhasil menaklukkan ketan ^_^bisa ketagihan masak ketan ya mbak???

    Hahaha…. mbak Sri ini…pakai ‘pembelaan diri’ (jenis ketannya beda) dan ‘penguatan statement’ (bener ngga bohong) segala… :)) selamat ya mbak… ditunggu lempernya…

    Reply
  4. andracharoen said: Hahaha…. mbak Sri ini…pakai ‘pembelaan diri’ (jenis ketannya beda) dan ‘penguatan statement’ (bener ngga bohong) segala… :)) selamat ya mbak… ditunggu lempernya…

    Ben dipercoyo ngono lho karepku. Lha piye, aku waktu pertama kali sok tahu. Aku pake cara Indonesia direndam segala, dadine malah bubur. he…he…he…Makasih ya Andra. Sing jelas lemperĂ© mengko dhisik soale ora nduwe persediaan ketan maneh.

    Reply
  5. andracharoen said: Hahaha…. mbak Sri ini…pakai ‘pembelaan diri’ (jenis ketannya beda) dan ‘penguatan statement’ (bener ngga bohong) segala… :)) selamat ya mbak… ditunggu lempernya…

    Wah, pengalaman kita ternyata sama tibake. Tadinya aku bingung, kenapa bisa kayak gitu.Ngikutin aturan resep di Indonesia yang musti direndem dulu semalam, ketane mbubur. Di masak pake rice cooker yo masih mblenyek meskipun nggak selembek kayak waktu direndem, tapi masih belum puas. Nggak bisa tanek pulen kayak makan lemper di Indonesia. Mungkin takaran santennya musti dikurangi. Ntar nyobain resepnya mbak Sri ah. Makasih mbak sudah berbagi info

    Reply
  6. enkoos said: Makasih mbak sudah berbagi info

    Sama-sama….Harus coba-coba karena mungkin saja satu rice cooker dengan rice cooker lainnya beda. Selamat mencoba….

    Reply
  7. enkoos said: Makasih mbak sudah berbagi info

    Jarang buanget…sepertinya selama hidup baru 1x masak ketan (^^’,)

    Reply
  8. oentung said: Jarang buanget…sepertinya selama hidup baru 1x masak ketan (^^’,)

    Soalnya di sana beli lemper saja bisa sih ya. Ngapain repot-repot masak ketan. Perasaan aku di Indonesia juga jarang banget masak ketan (atau malah nggak pernah ya…he…he…he…lupa). Soalnya beli lemper, semar mendem, lopis, ketan urap gampang dan masih terjangkau harganya….

    Reply
  9. oentung said: Jarang buanget…sepertinya selama hidup baru 1x masak ketan (^^’,)

    Hari ini aku masak special krn memperingati 6 year anniversary married moslem,seneng banget baru kali ini aku masak nasi kuning,kering,nga lengkat & kamarin juga bikin pandan cake bisa tinggi bagus,emang semua hrs di coba berkali2x,pantang menyerah…selamat ya success masak nasi ketan

    Reply
  10. ernies said: Hari ini aku masak special krn memperingati 6 year anniversary married moslem,seneng banget baru kali ini aku masak nasi kuning,kering,nga lengkat & kamarin juga bikin pandan cake bisa tinggi bagus,emang semua hrs di coba berkali2x,pantang menyerah…selamat ya success masak nasi ketan

    Memang betul, kuncinya harus pantang menyerah. Kemarin aku masak ketan dengan merk lain, jadinya kurang bagus walaupun dengan takaran air yang sama. Untuk ketan dengan merk lain ternyata takaran airnya berbeda. Jadi memang harus berani mencoba.

    Reply

Leave a Reply

