RSS Feed

Cake teh hijau

Posted on

Description:
Sebetulnya sudah janji pada diri sendiri kalau bulan ini jothakan sama cake. Tapi berhubung dulu pernah diujug-ujugi (dikompori?) sama si cantik pemilik rumah manis, akhirnya jadilah cake ini. Ini nyontek emaknya Nisa tapi nggak aku hias karena diet.(Halah alasan wong nggak bisa menghias). Thanks ya jeng Fitri.

Masih belum sempurna (aku kok masih belum pinter juga bikin cake). Cakenya bolong-bolong di tengahnya. Atasnya kok basah pliket (lengket?) kenapa ya? Rasanya lembut, nggak seret. Yang jelas irit telur dan anti ambleg (horeeee….).

Kalau teh ijo nya diganti sama coklat bubuk atau bubuk kayu manis atau boemboe spekkoek kayaknya juga enak. Lain kali pengin coba pake boemboe spekkoek. Jadi kayak ontbijtkoek.

Resep asli ada di sini.

Ingredients:
270 gr self-raising flour (aslinya tepung terigu biasa. Salah baca resep)*

1 sdt baking soda

1 sdt garam

4 sdt matcha green tea

250 gr gula pasir (aku kurangi 2,5 sdm karena green tea yang dikasih jeng Fitri sudah manis. Kata blio harus dikurangi supaya nggak kemanisen)

235 ml vegetable oil (aku pake olive oil)

3 butir telor ayam

235 ml plain yoghurt

* aku pikir tadinya resep pake 1 sdt baking powder. Jadi daripada nambahin 1 sdt baking powder lebih baik pake saja self-raising flour. Lha kok ternyata resepnya pake baking soda, bukan baking powder. Yo wislah, sudah nimbang, males ganti. Jadi ya pake baking powder ditambah baking soda. Apa ini ya yang menyebabkan cake nya bolong-bolong di tengahnya?

Directions:
Campurkan : terigu, baking soda, garam, grean tea powder. Sisihkan

Kocok gula pasir, vegetable oil, telor sampai lembut dan sedikit mengembang.

Matikan mixer, tambahkan terigu dan yoghurt secara bergantian, aduk dengan spatula sampai tercampur rata.

Tuang ke loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti dan disemir margarine dan tepung.

Panggang sampai mateng. Aku pake suhu 160 derajat selama 60 menit.

Ini penampakan dari atas. Kelihatan pliket atau lengket. Kenapa ya? Masih belajar banyak nih…

54 responses »

  1. squishsquash said: Thx mbak Sri. Kayaknya kalo diganti dengan jenis green tea yang lain bisa kali ya?

    Wah kalau itu aku nggak tahu. Kalau diganti dengan green tea biasa mungkin harus dibuat powder dulu kali ya. Kalau mau coba mungkin jangan 1 resep dulu kali ya tapi sepertiga atau 1/4 resep dulu. Kalau enak, baru deh lain kali bikin 1 resep.

    Reply
  2. sufiyahni said: gak apalah gimana pun bentuknya,sri.. yang penting menurut lidah mu dan lidah Leo enak.. yah ok ok aja toch…:-) gue liat kayaknya enak tuch… selamat yah udah berhasil bikin cake baru..

    Makasih Sufi. Lha kalau kamu di sini, bisa aku bagi, jadi ikut nyicipin. Kemarin waktu ke sportschool aku bagi sama instruktur olah ragaku. Kata mereka sih enak. Aku lain kali mau bikin dikit aja (1/3 resep atau pake 1 telur) tapi bubuk nya diganti pake bubuk spekkoek atau kaneel. Kali aja enak juga….

    Reply
  3. sufiyahni said: gak apalah gimana pun bentuknya,sri.. yang penting menurut lidah mu dan lidah Leo enak.. yah ok ok aja toch…:-) gue liat kayaknya enak tuch… selamat yah udah berhasil bikin cake baru..

    Kemajuan Sri, anda sudah bisa membuat cake cantik. Saya belum bisa apa2.

    Reply
  4. ellytjan said: Kemajuan Sri, anda sudah bisa membuat cake cantik. Saya belum bisa apa2.

    Makasih tante. Ini sih yang bagus resepnya tante. Bagus untuk jago bantat kayak saya. he…he…he….Nggak perlu dikocok sampai mengembang karena memang nggak bisa sampai mengembang. Kemudian tinggal campur-campur dan aduk……saya sampai kagum tante, cuma dikocok sebentar dan aduk-aduk kok nggak bantat ya tante….lain kali saya pengin banget bikin dengan campuran boemboe spekkoek.

    Reply

Leave a Reply

