RSS Feed

Air Goreng

Posted on

Ketika pulang, aku sodori sepiring makanan buat Leo. Dia tanya:

“What is this?”

“Just taste it….”

Dia kemudian mengambil satu biji dan mencicipi.

“The taste is like kering kentang. So, what is this?” Dia bener-bener penasaran.

“Penne goreng”

“Penne goreng? Penne the pasta?”

“Yes, penne the pasta. Niet slecht, toch (not bad, isn’t it?)”

“Unbelievable…..it is miracle….I am always amazed how Indonesian invents new recipes…..”

Dia geleng-geleng kepala, nggak mudeng. Setahu dia yang namanya pasta ya dimasak sesuai pakem: direbus terus ditiriskan, terus dikasih saus merah atau putih atau ijo, terus atasnya ditaburi keju. Atau kalau nggak ya dipangganglah kayak bikin macaroni schotel atau dibikin salad. Pokoknya nggak pernah dia makan pasta goreng. Lha ini kok malah digoreng dibumbui kayak kering kentang.

Waktu itu aku baca postingan Mama Hanna tentang macaroni goreng. Resep asli ada di sini. Terimakasih Mama Hanna for sharing the recipe. Kebetulan punya bumbu kering kentang sisa. Daripada buang bumbu sedangkan males nggoreng kentang, aku bikinlah penne goreng karena kebetulan nggak punya macaroni. Seperti kata Mama Hanna, rasanya lumayan. Renyah juga kok. Cuma memang nggak aku kasih teri ataupun kacang. Bagi yang males bikin kering kentang, pasta goreng ini menjadi salah satu alternatif, mudah, cepat bikinnya, nggak susut dan rasanya lumayanlah. Selain itu juga renyah.

Leo selalu mengatakan bahwa orang Indonesia sangat kreatif dalam memodifikasi resep, bermain dengan resep, dan menciptakan resep baru. Bahkan dia bilang kadang kita ini terlalu kreatif. Buktinya? ya pasta goreng ini. ha…ha…ha…

Dia bilang:

“One day when I get home, I am not surprised if my wife makes air goreng for me……”

Ha…ha…ha…

67 responses »

  1. multa2001 said: mbak itu pasta nya direbus dulu or langsung di goreng?

    Resep bisa dilihat di sini:http://cutyfruty.multiply.com/recipes/item/11/Penne_goreng

    Reply
  2. multa2001 said: mbak itu pasta nya direbus dulu or langsung di goreng?

    Waaaa.. ampe ngakak mbak…. ada2 ajah komen mas Leo… hihihih.. abis kreatif banget yak istrinya…

    Reply
  3. multa2001 said: mbak itu pasta nya direbus dulu or langsung di goreng?

    hayooo mbak Sri semedi dulu itu suaminya expecting “air goreng” one day hahhahha

    Reply
  4. f4ika said: Waaaa.. ampe ngakak mbak…. ada2 ajah komen mas Leo… hihihih.. abis kreatif banget yak istrinya…

    Aku sih ngikutin resep yang ada. Jadi bukan aku yang kreatip. hi…hi…hi…Ayo berani terima tantangan nggak bikin air goreng?

    Reply
  5. squishsquash said: hayooo mbak Sri semedi dulu itu suaminya expecting “air goreng” one day hahhahha

    Semedi untuk cari wangsit ya supaya bisa nulis resep air goreng….he….he…he…

    Reply
  6. squishsquash said: hayooo mbak Sri semedi dulu itu suaminya expecting “air goreng” one day hahhahha

    hehehehe air goreng heheheDi rumah yang kreatif justru orang Pakistan itu tuh mbak:p

    Reply
  7. zubiayusuf said: hehehehe air goreng heheheDi rumah yang kreatif justru orang Pakistan itu tuh mbak:p

    Mau terima tantangan bikin air goreng? he…he…he…Makanan Pakistan pasti macem-macem ya variasinya…….

    Reply
  8. zubiayusuf said: hehehehe air goreng heheheDi rumah yang kreatif justru orang Pakistan itu tuh mbak:p

    air goreng wakakakakakak

    Reply
  9. evimeinar said: air goreng wakakakakakak

    Di mata orang Belanda, orang Indonesia sangat kreatif, makanya berani terima tantangan nggak bikin air goreng? Terus ditulis tuh resepnya. Siapa tahu jadi best seller….he…he…he…

    Reply
  10. evimeinar said: air goreng wakakakakakak

    makaroni goreng boljug tuhh mbak dicoba aku sndr pengen nyoba, soalnya di Indonesia dulu doyan banget. Kali2 kl dijual ke toko asia mereka mau nerima🙂

    Reply
  11. evimeinar said: makaroni goreng boljug tuhh mbak dicoba aku sndr pengen nyoba, soalnya di Indonesia dulu doyan banget. Kali2 kl dijual ke toko asia mereka mau nerima🙂

    Makanya nih Pep, aku juga mau coba bikin dan dijual. Siapa tahu laku ya….

    Reply
  12. evimeinar said: makaroni goreng boljug tuhh mbak dicoba aku sndr pengen nyoba, soalnya di Indonesia dulu doyan banget. Kali2 kl dijual ke toko asia mereka mau nerima🙂

    sedep nih mbak Sri… ya namanya juga usaha.. boleh dong bikin yang ala Indonesia.. ya toh.. yang penting rasanya enakk… hehehe

    Reply
  13. debluelover said: sedep nih mbak Sri… ya namanya juga usaha.. boleh dong bikin yang ala Indonesia.. ya toh.. yang penting rasanya enakk… hehehe

    Kalau masalah kuliner, kita memang top. Leo sampai bingung, setiap kali aku telpon ibu, nggak sampai 5 menit sudah ngomongin makanan en resep. ha….ha…ha….

    Reply
  14. multa2001 said: mbak itu pasta nya direbus dulu or langsung di goreng?

    Pasta selalu direbus dulu, baru digoreng, kalau langsung digoreng garing menjadi keras sekali,rasaku.Kalau lihat gambarnya Sri, direbus dulu.Difoto pastanya sudah lebar jadinya.Yg belum direbus, gambarnya lebih langsing.

    Reply
  15. sylvietan said: Pasta selalu direbus dulu, baru digoreng, kalau langsung digoreng garing menjadi keras sekali,rasaku.Kalau lihat gambarnya Sri, direbus dulu.Difoto pastanya sudah lebar jadinya.Yg belum direbus, gambarnya lebih langsing.

    Betul tante, direbus dulu kemudian digoreng…..saya juga sudah posting resepnya.

    Reply
  16. sylvietan said: Pasta selalu direbus dulu, baru digoreng, kalau langsung digoreng garing menjadi keras sekali,rasaku.Kalau lihat gambarnya Sri, direbus dulu.Difoto pastanya sudah lebar jadinya.Yg belum direbus, gambarnya lebih langsing.

    Wakekeke…tiap baca comennya Leo,aku selalu ketawa…dapet aja….

    Reply
  17. ernies said: Wakekeke…tiap baca comennya Leo,aku selalu ketawa…dapet aja….

    Dia sih selalu gitu. Ada aja komentarnya. hi…hi…hi….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: