RSS Feed

Penne goreng

Posted on

Description:
Waktu itu Mama Hanna posting macaroni goreng. Lha kok kebetulan punya bumbu kering kentang sisa. Mau nggoreng kentang males, akhirnya dibuatlah pasta goreng. Thanks to Mama Hanna for sharing the recipe. Resep asli ada di sini.

Karena nggak punya macaroni (sudah habis setelah dibuat romantic pasta), aku pake penne. Rasanya lumayan, renyah juga. Bisa untuk lauk atau sekedar untuk camilan.

Leo terkagum-kagum sama penne goreng ini. Kok ya kepikiran dan niat banget bikin pasta goreng. Sampai-sampai dia menyarankan lain supaya bikin air goreng. he..he..he..

Bumbunya aku pake resep kering kentangnya mbak Esther (terimakasih mbak Esther…), tapi cara nggoreng penne goreng ikutan Mama Hanna. Resep asli kering kentang ada di sini. Pokoknya modif sana, modif sini. hi…hi..hi…

OK…resep ini terutama untuk bu Dian…silahkan mencoba semoga cocok.

Ingredients:
200 gram penne
2 sdm tepung terigu (ini karena salah baca resep, tapi malah jadinya renyah banget. Kalau resep aslinya sih 5 sendok teh terigu untuk 300 gram macaroni)
Air panas secukupnya
1 – 1,5 sdm gula merah
1 sdm gula pasir
1 sdm air asam kentel banget (aku pake tamarind ekstrak)
1 cm laos cincang
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut (buang tulangnya dan rajang halus)
1 sdm cabe giling (aku males nggiling, jadi pake sambel oelek yang uasinnya minta ampun)
garam (kalau nggak pake cabe giling)
1 sdm brambang goreng (bawang merah goreng)
1 sdm bawang puting goreng
1 cabe merah rajang (Optional. Ini karena ternyata kok bumbu kering kentang sisa dulu kurang pedes buatku)

Directions:
1. Rendam penne dalam air panas selama 20 menit

2. Tiriskan, kemudian taburi dan campur terigu ke penne, supaya nggak lengket

3. Goreng penne sampai garing. Sisihkan. Yang jelas renyah banget karena terlalu banyak terigu.

4. Lelehkan gula merah, gula pasir dan air asem. Tambahkan cabe giling, daun salam, daun jeruk. Masak hingga mendidih tapi nggak berbusa.

5. Masukkan penne yang sudah digoreng dan aduk rata

6. Masukkan bawang merah goreng dan bawang putih goreng yang sudah diremas.

7. Koreksi rasa

Catatan: yang aku punya adalah bumbu kering kentang yang sudah sangat pekat, jadi ya tinggal nambahin cabe merah saja yang sudah ditumis.

Oh ya, kalau pennenya lemes setelah dikasih bumbu, bisa dipanggang di oven dengan suhu 160 derajat Celcius selama 15 sd 30 menit sesuai kebutuhan. Tapi jangan sampai gosong ya. Ini saran mbak Esther kalau menghadapi kering kentang letoy.

Kayaknya sih enak juga kalau ditambahi kacang goreng atau teri goreng. Silahkan dimodifikasi sendiri suka-suka, sesuai selera.

39 responses »

  1. hmmm pasti sedep ya…

    Reply
  2. louveringo said: hmmm pasti sedep ya…

    Lumayan renyah kok. Yang jelas praktis dan gampang sekali dibandingkan kalau bikin kering kentang.

    Reply
  3. louveringo said: hmmm pasti sedep ya…

    pake daun jeruk lebih mantap nih Mba,ada wangi2nya….laen kali kalo bikin aku tambahin ini ah…tfs ya

    Reply
  4. louveringo said: hmmm pasti sedep ya…

    wah, mesti nunggu pindah rumah dulu kalo mo nyobain … sekarang, semua peralatan perang udah siap masuk box … :))

    Reply
  5. louveringo said: hmmm pasti sedep ya…

    Di Indo udah agak lama populer makaroni goreng (makaroninya juga yang besar2 begini ini) rasa kaldu gurih, rasa keju, rasa pedas, rasa manis lengket. Dijual kiloan dan kemasan plastik kecil. Hehehe… Indonesia rajanya kuliner….

    Reply
  6. mamahanna said: pake daun jeruk lebih mantap nih Mba,ada wangi2nya….laen kali kalo bikin aku tambahin ini ah…tfs ya

    Memang betul, pake daun jeruk baunya lebih wangi. Mau pake 2 lembar atau 3 lembar suka-suka deh, yang penting wangi sesuai selera. Thanks for sharing juga ya….

    Reply
  7. phitree said: wah, mesti nunggu pindah rumah dulu kalo mo nyobain … sekarang, semua peralatan perang udah siap masuk box … :))

    Memang betul, mendingan nunggu ketika sudah semuanya tertata dengan sempurna….selamat pindahan….

    Reply
  8. andracharoen said: Di Indo udah agak lama populer makaroni goreng (makaroninya juga yang besar2 begini ini) rasa kaldu gurih, rasa keju, rasa pedas, rasa manis lengket. Dijual kiloan dan kemasan plastik kecil. Hehehe… Indonesia rajanya kuliner….

    Pancen kok, Indonesia memang rajanya kuliner. Aku juga pengin bikin yang pake keju, pengin tahu gimana rasanya. Kali aja enak yo, kayak cheese stick, ora usah nggiling nganggo pasta maker barang. Mau terima tantangan Andra bikin air goreng? he…he…he…

    Reply
  9. andracharoen said: Di Indo udah agak lama populer makaroni goreng (makaroninya juga yang besar2 begini ini) rasa kaldu gurih, rasa keju, rasa pedas, rasa manis lengket. Dijual kiloan dan kemasan plastik kecil. Hehehe… Indonesia rajanya kuliner….

    Tfs resepna mbak… btw itu directions yang no 2, abis ditiriskan ditaburin apaan mbak?? maap keknya kejawab no 3 nya.. taburin terigu ya mbak…

    Reply
  10. andracharoen said: Di Indo udah agak lama populer makaroni goreng (makaroninya juga yang besar2 begini ini) rasa kaldu gurih, rasa keju, rasa pedas, rasa manis lengket. Dijual kiloan dan kemasan plastik kecil. Hehehe… Indonesia rajanya kuliner….

    mbak Sri itu yg no 2 maksudnya taburi tepung terigu ya?

    Reply
  11. andracharoen said: Di Indo udah agak lama populer makaroni goreng (makaroninya juga yang besar2 begini ini) rasa kaldu gurih, rasa keju, rasa pedas, rasa manis lengket. Dijual kiloan dan kemasan plastik kecil. Hehehe… Indonesia rajanya kuliner….

    Asyik… terima kasih banyak ja Sri. Pingin buat juga nich.

    Reply
  12. andracharoen said: Di Indo udah agak lama populer makaroni goreng (makaroninya juga yang besar2 begini ini) rasa kaldu gurih, rasa keju, rasa pedas, rasa manis lengket. Dijual kiloan dan kemasan plastik kecil. Hehehe… Indonesia rajanya kuliner….

    enakkkkkkk,bumbunya itu lho bikin hmmmmmm…

    Reply
  13. f4ika said: Tfs resepna mbak… btw itu directions yang no 2, abis ditiriskan ditaburin apaan mbak?? maap keknya kejawab no 3 nya.. taburin terigu ya mbak…

    Sorry, sudah aku betulin. Maksudnya ditaburi dan dicampuri terigu supaya nggak lengket. Pokoknya kalau males bikin kering kentang, ini gantinya. Lumayanlah rasanya….

    Reply
  14. squishsquash said: mbak Sri itu yg no 2 maksudnya taburi tepung terigu ya?

    Sorry, kelupaan. Betul ditaburi terigu. Resepnya begitu katanya.

    Reply
  15. dianlantinga said: Asyik… terima kasih banyak ja Sri. Pingin buat juga nich.

    Silahkan coba, siapa tahu cocok. Kalau bumbu sih suka-suka deh. Iya kan?

    Reply
  16. yenisfamilyblog said: enakkkkkkk,bumbunya itu lho bikin hmmmmmm…

    Kalau bumbu sih suka-suka. Mau dikasih keju atau oregano, kayaknya sih lumayan deh rasanya….

    Reply
  17. cutyfruty said: Sorry, kelupaan. Betul ditaburi terigu. Resepnya begitu katanya.

    ok thanks ya mbak, aku catet nih resepnya sapa tau kapan2x pengen coba buat🙂

    Reply
  18. squishsquash said: ok thanks ya mbak, aku catet nih resepnya sapa tau kapan2x pengen coba buat🙂

    Siapa tahu cocok Re. Kalau bumbu sih suka-suka. Mau dibumbui manis, asin, asem, keju dsb kayaknya oke-oke saja….

    Reply
  19. squishsquash said: ok thanks ya mbak, aku catet nih resepnya sapa tau kapan2x pengen coba buat🙂

    mbak Sri…modifikasi baru nih..mau nyoba akhmatur nuwun…

    Reply
  20. squishsquash said: ok thanks ya mbak, aku catet nih resepnya sapa tau kapan2x pengen coba buat🙂

    aku tuh slalu salut sama mba sri.. jago otak atik resep dan pasti enak rasanya.. terakhir aku dah coba tortila kefefet nya mbaa.. enak tenaaan.. tapi ga sempet di poto..wong bikin nya dah malem buat dinner.. dari pada di ledek suami poto-2 makanan sementara dia laper ..mending nanti aku bikin lagi baru di poto heheheheh

    Reply
  21. elisawijaya said: mbak Sri…modifikasi baru nih..mau nyoba akhmatur nuwun…

    Sami-sami bu…silahkan mencoba. Lumayanlah kalau sedang males bikin kering kentang…..

    Reply
  22. fitrids said: aku tuh slalu salut sama mba sri.. jago otak atik resep dan pasti enak rasanya.. terakhir aku dah coba tortila kefefet nya mbaa.. enak tenaaan.. tapi ga sempet di poto..wong bikin nya dah malem buat dinner.. dari pada di ledek suami poto-2 makanan sementara dia laper ..mending nanti aku bikin lagi baru di poto heheheheh

    Sudah dicoba ya? Syukurlah kalau cocok. Namanya juga tortilla kefefet, jadi bumbu tinggal cemplang-cemplung, yang ada di kulkas dimasukkin. hi…hi…hi….Aku malah pengin coba kalau pasta goreng ini dimodifikasi dikasih keju atau oregano atau apalah gitu. Kali aja tambah enak. Atau tambah aneh kali ya. he…he…he…

    Reply
  23. cutyfruty said: Sorry, sudah aku betulin. Maksudnya ditaburi dan dicampuri terigu supaya nggak lengket. Pokoknya kalau males bikin kering kentang, ini gantinya. Lumayanlah rasanya….

    okeh deh mbak… thanks infona.. kapan2 dicoba ah…

    Reply
  24. cutyfruty said: Sorry, sudah aku betulin. Maksudnya ditaburi dan dicampuri terigu supaya nggak lengket. Pokoknya kalau males bikin kering kentang, ini gantinya. Lumayanlah rasanya….

    Mbak Sri….kayaknya aku ngerepply nih kemaren….kemana yach repplyan aku? koq hilang toch….*bingung*Aku kebetulan punya penne sisa, mau cobain ah bikin ini….Thanks resepnya, Mbak….

    Reply
  25. cutyfruty said: Sorry, sudah aku betulin. Maksudnya ditaburi dan dicampuri terigu supaya nggak lengket. Pokoknya kalau males bikin kering kentang, ini gantinya. Lumayanlah rasanya….

    huaaaa mbak srii pasti mantaff ini, mbak bs dibuat dagangan ini

    Reply
  26. evaerwan said: Mbak Sri….kayaknya aku ngerepply nih kemaren….kemana yach repplyan aku? koq hilang toch….*bingung*Aku kebetulan punya penne sisa, mau cobain ah bikin ini….Thanks resepnya, Mbak….

    Waduh ilang kemana ya reply-annya. Jangan-jangan ikut larut sama air goreng. he…he…he…Silahkan coba Eva, siapa tahu cocok. Kalau bumbu sih suka-suka ya, mau dikasih merica atau cabe atau basilicum bolah-boleh saja, sesuai selera pokoknya….

    Reply
  27. evimeinar said: huaaaa mbak srii pasti mantaff ini, mbak bs dibuat dagangan ini

    Aku juga berpikir gitu Pep. Soalnya kering kentang terlalu mahal dan susah banget lakunya. Padahal kentangnya sendiri susutnya banyak banget, belum lagi tenaganya banyak banget. Tapi kalau ini kan gampang, murah dan cepat serta nggak susut lagi (malah ngembang setelah direndam air). Mau dikasih rasa keju, manis pedas, oregano, atau apapun bisa. Harga pokoknya juga nggak banyak.

    Reply
  28. evimeinar said: huaaaa mbak srii pasti mantaff ini, mbak bs dibuat dagangan ini

    Mbak Sri suka nyoba resep ya.. Kl aku sering males, 2 minggu yang lalu aku nyontek tortillanya.. ternyata enak ya..

    Reply
  29. atiecs said: Mbak Sri suka nyoba resep ya.. Kl aku sering males, 2 minggu yang lalu aku nyontek tortillanya.. ternyata enak ya..

    Ya namanya kita di rantau, jadi pengin sekali-sekali nyoba resep apalagi resep masakan Indonesia. O, akhirnya bikin tortilla kefefet ya? Yo sokur kalau cocok…..

    Reply
  30. atiecs said: Mbak Sri suka nyoba resep ya.. Kl aku sering males, 2 minggu yang lalu aku nyontek tortillanya.. ternyata enak ya..

    asik buat cemilan nih.awet renyah gak mbak?

    Reply
  31. anaklaut said: asik buat cemilan nih.awet renyah gak mbak?

    Awet kok renyahnya. Cobain deh. Lumayan buat nambah-nambah lauk…dimakan pake lontong sayur juga oke (soalnya sudah nyobain makan pake lontong sayur).

    Reply
  32. anaklaut said: asik buat cemilan nih.awet renyah gak mbak?

    Sri, saya ketinggalan email anda, mau tahu tentang tortila kefefet. Idea anda banyak bisa kreasi macam2 masakan.

    Reply
  33. ellytjan said: Sri, saya ketinggalan email anda, mau tahu tentang tortila kefefet. Idea anda banyak bisa kreasi macam2 masakan.

    Tortilla kefefet sih untuk MFM#11 tante. Lha bingung mau bikin apa, sedangkan waktu sudah mepet dan harus ngumpulin. Akhirnya bikin tortilla kefefet. ha…ha…ha…Di sini tante kalau mau baca tortilla kefefet: http://cutyfruty.multiply.com/recipes/item/7/MFM11_Tortilla_Kefefet

    Reply
  34. ellytjan said: Sri, saya ketinggalan email anda, mau tahu tentang tortila kefefet. Idea anda banyak bisa kreasi macam2 masakan.

    weenaakkkkk……:D

    Reply
  35. debluelover said: weenaakkkkk……:D

    Lha menurutku sih ya enak-enak saja Lis, wong aku doyanan. hi…hi…hi…

    Reply
  36. debluelover said: weenaakkkkk……:D

    Terima kasih atas info anda.

    Reply
  37. ellytjan said: Terima kasih atas info anda.

    sama-sama tante…

    Reply
  38. ellytjan said: Terima kasih atas info anda.

    TFS…kapan2x coba ah………

    Reply
  39. ernies said: TFS…kapan2x coba ah………

    Silahkan…semoga cocok. Renyah juga kok, dan tahan lama. Kalau malas bikin kering kentang, bisa bikin ini. Cepet bikinnya…

    Reply

Leave a Reply

