RSS Feed

MFM#15: Lapis Surabaya

Posted on

Description:
Untuk MFM kali ini aku bikin lapis Surabaya soalnya sedang demen eksperimen berbagai resep lapis Surabaya dari yang irit telur sd yang boros telur. Maklum sudah nggak sabar pengin cepet jadi milioner, punya se-brandkast berlian. hi…hi..hi…

Kali ini pake resepnya jeng Haley. Thanks ya say untuk resepnya. Belum sempurna, tapi yang penting nggak ambleg. he…he..he…yang jelas enak kok menurut kami.

Thanks untuk bu Lintang yang sudah mengorganisasikan MFM#15 yang bertemakan Sweet & Savoury Snacks.

Ingredients:
Bagian kuning:

– 2 telur utuh, 6 kuning telur
– 125 gr gula halus
– 1 sdt emulsifier
– 50 gr terigu + 10 gr susu bubuk + 15 gr maizena + 10 gr custard
– 125 gr dilelehkan

Bagian coklat:

Sama seperti di atas cuma ganti 15 gram terigu dengan 15 gram bubuk coklat.

Bahan tambahan:

Selai strawberry untuk melekatkan

Directions:
Sudah tahu semua kan caranya….

1. Kocok telur, gula dan emulsifier sampai mengembang dan kental

2. Campurkan bahan tepung dan aduk rata

3. Campurkan mentega yang sudah dilelehkan

4. Panggang

Kalau lapis kuning dan coklat sudah matang, tinggal direkatkan dengan selai.

70 responses »

  1. dianlantinga said: Sri, aku copy resepnya ja say, pingin buat juga.Mantap say, lapis Surabayanya.

    Jeng Sri…udah bagus tuh. klo aku pake resep yang satu lapisnya pake 10 kn telor, alhamdulillah deh udah ok juga, rasa dan penampilan, nggak kalah deh sama yang dari toko…..hehehe, dah lama ndak buat lagi nih…….

    Reply
  2. dianlantinga said: Sri, aku copy resepnya ja say, pingin buat juga.Mantap say, lapis Surabayanya.

    Mbak Sri, ini jadinya ukuran berapa kah? saya punya resep lapis surabaya super ekonomis (hihi) pake 8 telur (utuh) jadinya lumayan loh, sekitar 8 inch loyang, bisa untuk 3 loyang agak tipis sih tapine.

    Reply
  3. therealitylife said: Jeng Sri…udah bagus tuh. klo aku pake resep yang satu lapisnya pake 10 kn telor, alhamdulillah deh udah ok juga, rasa dan penampilan, nggak kalah deh sama yang dari toko…..hehehe, dah lama ndak buat lagi nih…….

    Terimakasih mbakyu. Aku juga pernah bikin yang 10 telur. Lha wong coba-coba mana yang pas untuk jualan. he…he…he…Jadi ya nyobain yang dari 10 telur sd 30 telur. Siapa tahu memang rejekiku di sektor makanan….

    Reply
  4. hanggodo said: Mbak Sri, ini jadinya ukuran berapa kah? saya punya resep lapis surabaya super ekonomis (hihi) pake 8 telur (utuh) jadinya lumayan loh, sekitar 8 inch loyang, bisa untuk 3 loyang agak tipis sih tapine.

    Sebenarnya yang aku bikin ini 2 resep. Kalau mau 1 resep (2 telur utuh dan 6 telur kuning), pake loyang ukuran 18 cm. Karena loyangku gede, maka aku bikin 2 resep biar agak tebel jadinya….cuma ya itu, yang bikin puyeng kolesterolnya, padahal kalau ukuran Indonesia kan ini masih irit telur ya?

    Reply
  5. hanggodo said: Mbak Sri, ini jadinya ukuran berapa kah? saya punya resep lapis surabaya super ekonomis (hihi) pake 8 telur (utuh) jadinya lumayan loh, sekitar 8 inch loyang, bisa untuk 3 loyang agak tipis sih tapine.

    mau dwooog….sepotong aza…..hehehehe….

    Reply
  6. hanggodo said: Mbak Sri, ini jadinya ukuran berapa kah? saya punya resep lapis surabaya super ekonomis (hihi) pake 8 telur (utuh) jadinya lumayan loh, sekitar 8 inch loyang, bisa untuk 3 loyang agak tipis sih tapine.

    hmmm my fav… minta 2 potong yaa.. ty udah ikutan ngramein mfm#15 yaaa

    Reply
  7. yusys said: mau dwooog….sepotong aza…..hehehehe….

    Cukup nih sepotong? Nanti kurang…hi…hi..hi…

    Reply
  8. lintang71 said: hmmm my fav… minta 2 potong yaa.. ty udah ikutan ngramein mfm#15 yaaa

    Boleh ambil 2 potong mumpung masih ada. Thanks for organizing this event……have a wonderful day…

    Reply
  9. lintang71 said: hmmm my fav… minta 2 potong yaa.. ty udah ikutan ngramein mfm#15 yaaa

    aku nyuwil yg warna kuningini namanya lapis surabaya, padahal kalau di surabaya, cake gini namanya spiku kalau bilang kue lapis..yo, si jajan pasar lapis dari tepung beras

    Reply
  10. elisawijaya said: aku nyuwil yg warna kuningini namanya lapis surabaya, padahal kalau di surabaya, cake gini namanya spiku kalau bilang kue lapis..yo, si jajan pasar lapis dari tepung beras

    Lha terus sing bener sing endi yo?Setahuku sih lapis surabaya itu ada 3 lapis: kuning, coklat, kuning. Kalau spekkoek lebih berlapis-lapis lagi (biasanya kan pake boemboe spekkoek juga) dan aku biasa menyebutnya lapis legit. Kalau yang dari tepung beras, aku nyebutnya kue lapis. Sekarang tergantung kan, siapa menamakan apa. Terserah deh, yang penting rasane podho. he…he…he…Kok nyuwilnya cuma yang kuning?

    Reply
  11. cutyfruty said: Lha terus sing bener sing endi yo?Setahuku sih lapis surabaya itu ada 3 lapis: kuning, coklat, kuning. Kalau spekkoek lebih berlapis-lapis lagi (biasanya kan pake boemboe spekkoek juga) dan aku biasa menyebutnya lapis legit. Kalau yang dari tepung beras, aku nyebutnya kue lapis. Sekarang tergantung kan, siapa menamakan apa. Terserah deh, yang penting rasane podho. he…he…he…Kok nyuwilnya cuma yang kuning?

    kl kue ini aku doyan yg kuning tok , yg coklat bagian anak2iya, biasanya 3 lapis, kuning coklat kuningkalau mau pesen kue tart selalu ditanya, “spiku apa cake biasa?kalau spiku, ya cake ini.pk telur banyak, harganya mahal, 3 susun gt bisa pake 40 btr telurkalau bilang cake, yaitu cake biasa irit telor, jd lbh murahspekoek malah lain lagi lho..cakenya pake bumbu spekoek trus pake gula merah &ditaburin ama kenarihahaha..bingung yoo…lapis legit..itu lain lagi..tetap lapis legit di sby ga ganti nama ^_^

    Reply
  12. elisawijaya said: spekoek malah lain lagi lho..cakenya pake bumbu spekoek trus pake gula merah &ditaburin ama kenarihahaha..bingung yoo…lapis legit..itu lain lagi..tetap lapis legit di sby ga ganti nama ^_^

    Wis tambah bingung yo…kalau suatu kali nanti aku ke toko cake di surabaya, aku main tunjuk aja deh, daripada salah. hi…hi…hi….

    Reply
  13. elisawijaya said: spekoek malah lain lagi lho..cakenya pake bumbu spekoek trus pake gula merah &ditaburin ama kenarihahaha..bingung yoo…lapis legit..itu lain lagi..tetap lapis legit di sby ga ganti nama ^_^

    hehehe..nanti kalau aku bikin, aku posting deh..kuenya enak..spekoek..kesukaan my dad.

    Reply
  14. elisawijaya said: hehehe..nanti kalau aku bikin, aku posting deh..kuenya enak..spekoek..kesukaan my dad.

    Iya posting aja…ditunggu ya…thank you….Salah satu alasan disebut spekkoek ada di sini:http://cutyfruty.multiply.com/journal/item/108/Mengapa_lapis_legit_disebut_spekkoek_Ini salah satu pendapat saja. Di Belanda orang mengenal spekkoek, ada yang lapisnya kuning coklat, tapi ada pula yang lapisnya kuning hijau.

    Reply
  15. elisawijaya said: hehehe..nanti kalau aku bikin, aku posting deh..kuenya enak..spekoek..kesukaan my dad.

    Lapis surabaya….uenaaak tenan, paling suka nih ama kue satu ini

    Reply
  16. warunghamburg said: Lapis surabaya….uenaaak tenan, paling suka nih ama kue satu ini

    Lapis surabaya memang uenak, tapi kolesterolnya itu ya yang nggak nguatin…..

    Reply
  17. cutyfruty said: Silahkan di-copy, semoga cocok. Resep ini sebenarnya 2 resep. Kalau 1 resep pake loyang ukuran 18 cm. Berhubung loyangku gede, aku akhirnya bikin 2 resep….

    Sri sayang, aku udah buatin, silakan dilihat say :http://dianlantinga.multiply.com/recipes/item/100/Lapis_Surabaya

    Reply
  18. dianlantinga said: Sri sayang, aku udah buatin, silakan dilihat say :http://dianlantinga.multiply.com/recipes/item/100/Lapis_Surabaya

    Aku sudah meluncur ke sana. Yang jelas untuk obat kangen….

    Reply
  19. dianlantinga said: Sri sayang, aku udah buatin, silakan dilihat say :http://dianlantinga.multiply.com/recipes/item/100/Lapis_Surabaya

    Telaten bener Mbak,cantik hasilnya … sy blom pernah bikin .. kalo pengen beli ajah, masih manja .. hehe ;o)

    Reply
  20. estimiguelariel said: Telaten bener Mbak,cantik hasilnya … sy blom pernah bikin .. kalo pengen beli ajah, masih manja .. hehe ;o)

    Kalau saja di sini bisa beli sih enak ya. Di sini memang ada, tapi menurutku kok rasanya belum seperti lapis surabaya beneran ya…. Selamat bermanja-manja……

    Reply

Leave a Reply

