RSS Feed

Koffiebroodjes

Posted on

Description:
Ketika kue keluar dari oven, Leo tanya: “Lho kamu bikin koffiebroodjes ya?” Lha baru sadar aku kalau yang aku bikin koffiebroodjes. Cuma koffiebroodjes yang biasa aku beli di sini rasanya muanisnya minta ampun. Yang aku bikin dengan resep nyontek ini enak, nggak terlalu manis. Enak pokoknya.

Disebut koffiebroodje mungkin karena nikmat dimakan sembari minum kopi. Orang Belanda kan peminum kopi berat.

Bikin ini gara-gara Sulis (hi…hi…hi…lha kok Sulis yang disalahin). Si cantik ini selalu posting resep yang menggoda iman. Resepnya tentang Cinnamon Rolls bener-bener membuatku penasaran. Resep asli ada di sini.

Akhirnya singsingkan lengan baju dan mulai deh nguleni adonan. Ternyata berat euy nguleni adonan. Akhirnya pake dibanting-banting segala. Pokoknya habis bikin ini ditanggung laper, dan lengan jadi kekar. hi…hi…hi…

Terimakasih Sulis atas resepnya….huuuugggssss….

Kata Leo: Uenak tenan…..Leo usul lain kali isinya (olesan dalamnya) ditambahin apel yang dipotong-potong tipis atau dipotong sebesar korek api kecil-kecil. Dia maunya rasanya kayak appeltaart gitu. OK, boss, lain kali aku bikin sesuai pesanan. Mungkin kalau kayu manisnya diganti boemboe spekkoek enak juga kali yak?

Ingredients:
Aku pake bahan yang ada di rumah

Bahan kue:

275 gram tepung terigu
275 gram cakemeel (cake flour; daripada expired)
10 gram ragi instan (aku pake dua bungkus Fermipan isi a 5,5 gram)
100 gr gula pasir halus
200 ml susu cair dingin
2 kuning telur +1 butir telur
100 gr unsalted butter
1sdt garam

Bahan Olesan:

75 gr butter, biarkan dalam suhu ruang
50 gr brown sugar + 50 gr gula pasir

kayu manis bubuk (suka-suka banyaknya)
100 gr rozijnen, potong-potong, rendam dan tiriskan

Almond yang sudah dipotong-potong tipis (aku beli yang sudah potongan)

Resep asli pake frosting, aku nggak pake untuk ngurangin asupan kalori (halah alasan….)

Directions:
1. Campurkan terigu, ragi instant, gula pasir halus.

2. Tambahkan telur dan susu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis (pada tahap ini aku nguleninya nggak sampai kalis. Lha berat jé).

3. Masukkan unsalted butter (aku masukkinnya dikit-dikit sambil diuleni) dan garam. Uleni sampai elastis (aku nguleninya sampai dibanting-banting segala, pokoknya nggak kalah dengan gaya baker profesional. he…he…he…)

Diamkan 30 menit (aku diamkan sampai sejam karena disambi masak dan kemudian dinner segala). Kempiskan adonan.

4. Gilas tipis adonan bentuk kotak, tebal kurang lebih 1/2 cm (aku malah nggilasnya kurang dari 1/2 cm, ketipisan yak?)

5. Oles dengan butter. taburi dengan brown sugar dan gula pasir serta kayu manis bubuk. Taburi rozijnen dan almond. Gulung sambil dipadatkan. Potong-potong setebal 2cm.

6. Letakkan di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti (kertas rotinya disemir pake margarin dan terigu ya).

7. Diamkan 45 menit sampai mengembang.

8. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celicius. Aku kemarin ngoven pake suhu 180 derajat 25 menit.

Kesalahanku kemarin adalah dalam satu loyang terlalu banyak, jadi berdesak-desakan ketika mengembang. Jadi matengnya kurang rata, ada yang sudah agak gosong segala. Tapi tetep enak kok. Lain kali mau bikin setengah resep saja, pake isian apel sesuai pesanan.

9. Sajikan. Pokoknya nikmat banget buat teman minum teh.

Perhatian:
Yang sedang diet, nggak boleh makan ini yak! Hari ini aku harus ke gym untuk meluruhkan koffiebroodje yang aku makan semalam. Mana sekarang hujan lagi….summer kok dingin ya….hiks…hiks…hiks….

Tambahan: baru sadar aku kalau boso Londonya Cinnamon Rolls itu Koffiebroodjes. Wis jan norak tenan. hi…hi…hi…

79 responses »

  1. gkluit said: Mmmmm, die zien er lekker uit!

    Bedankt……Volgens mij is het lekker, Gerda…..

    Reply
  2. erm718 said: wah kethok nek enak & wangi cinnamon rollsnya…rozijnen itu opo tho?

    Nek nurut aku yo enak…nggak terlalu manis kayak kalau kita beli.Rozijnen nek coro Enggres kuwi raisins……..

    Reply
  3. yenisfamilyblog said: wahhh buat sarapan enak nih,kesukaan Hafiz nih say.

    betul…enak juga kok buat sarapan. Ternyata banyak juga ya yang suka koffiebroodjes….

    Reply
  4. antyharton said: It’s a pity Andrew can not eat bread, so I never try to make it. I don’t want to have to eat them all😀 Yours looks delicious. I saw the one with apple filling here in Ireland before. The shops’ ones are really sweet maybe because they are made to a company a cup of coffee which is bitter, so they will complement each other.

    Yes, it is a pity that you never make it. I think you are right. They make it very sweet because people eat it with black coffee. Dutch are really coffee drinkers. Many of them can drink ten cups of cofee, sometimes without sugar and milk.

    Reply
  5. dianlantinga said: Cantik brood punya Sri… mungkin malam atau besok mau buat mumpung ada tenanga kuat yg lagi suka banting2 say.

    Kebetulan banget nih ada tenaga yang bisa banting-banting….he…he…he…Kemarin Leo malah asyik nonton Tour de France ketika aku bikin kue ini. Dia bantuin manggang, dan mindah loyang. Begitu mateng dia tanya: “heb je koffiebroodjes gemaakt?” Aku baru sadar kalau itu koffiebroodjes. he…he…he….apalagi setelah dingin, bener-bener rasanya koffiebroodjes. Tapi yang jelas nggak semanis kalau beli.

    Reply
  6. dianlantinga said: I ja sama appel juga enak tuh… makasih buat idenya.

    Sama-sama, say…itu idenya Leo kok. Mungkin kalau pake keju atau pake selai coklat (nggak pake kayu manis) enak juga kali ya….he…he…he…sambil berfantasi….Aku pernah lihat dimana ya lupa, ada yang pake sukade….

    Reply
  7. duaga said: Waduh rajinnya, langsung bikin, bagi 4 ya.

    Ini karena penasaran. Lha Sulis dipamerin Sulis…kok jadi malah berangkat ke dapur karena penasaran. Maklum, saat ini walaupun summer, udara dingin, hujan terus, dingin, mendung, angin gede. Aduh…kayak nggak summer. Jadi pengin yang anget-anget….minum teh….tapi kan teh harus ada temannya ya….akhirnya bikin koffiebroodjes ini…wis diet jan ambrol tenan….hiks…hiks…hiks…

    Reply
  8. gkluit said: I was at the supermarket a few minutes ago…, I saw a freshly baked koffiebroodje and couldn’t resist… It will be my dessert tonight.Although yours looks much better, now that I see it again…

    Ha…ha…ha…maybe you should make it by yourself…The recipe I use is good, not too sweet for me. Usually the koffibroodjes sold in the supermarket, or Hema or pastry shop or market are very sweet, at least too sweet for us. Since Dutch like drinking coffee (sometimes without sugar and milk, toch?), maybe this is the reason why they make sweet koffiebroodjes….

    Reply
  9. tsuroiya said: wwwah…..enak nih…tampilannya oke lo Mbak..

    Terimakasih….terimakasih…..

    Reply
  10. iniaku said: cantik cinnamon rollsnya Mbaktop deh!

    Terimakasih Sefa….

    Reply
  11. bungabobon said: hyebat banget se……………kamu…………..

    Makasih Bon….bukannya hebat, ini resepnya yang bagus. Aku malah nggak tahu kalau yang aku bikin sebenarnya koffiebroodjes….tahunya setelah mateng. he…he…he…

    Reply
  12. fitrids said: ok deeh.. ga pake ambleg qiqiqiiq…. bener mas leo klo pake apel..ueenaaak…

    Nggak pake ambleg, tapi lengan jadi kekar kayak Gatut Kaca….hi…hi…hi…Kapan-kapan bikin yang pake apel biar ada rasa kecut-kecutnya…..

    Reply
  13. fitrids said: ok deeh.. ga pake ambleg qiqiqiiq…. bener mas leo klo pake apel..ueenaaak…

    wah mbak Sri…ini kesukaan anak-anak…tapi aku selalu beli di bakery:p, kalau di sini namanya Schneke mbak, alias Snail:)

    Reply
  14. zubiayusuf said: wah mbak Sri…ini kesukaan anak-anak…tapi aku selalu beli di bakery:p, kalau di sini namanya Schneke mbak, alias Snail:)

    Aku malah tadinya nggak sadar kalau aku bikin koffiebroodje….he…he…he…Di sini bisa juga beli di toko roti, tapi kok muanis banget ya menurutku…..Bener juga ya bentuknya kayak snail…..makasih buat infonya. Jadi nama beda-beda, produknya tetap sama…..

    Reply
  15. zubiayusuf said: wah mbak Sri…ini kesukaan anak-anak…tapi aku selalu beli di bakery:p, kalau di sini namanya Schneke mbak, alias Snail:)

    pasti deh kerja keras banting-banting adonannya ya mbak :Dpengen mesen deh… boleh gak???

    Reply
  16. zubiayusuf said: wah mbak Sri…ini kesukaan anak-anak…tapi aku selalu beli di bakery:p, kalau di sini namanya Schneke mbak, alias Snail:)

    Idenya Leo boleh juga ya…..mengundang selera…hihihi…..

    Reply
  17. ronny2yola said: pasti deh kerja keras banting-banting adonannya ya mbak :Dpengen mesen deh… boleh gak???

    Iya bener, lengan jadi kekar karena banting-banting….ternyata aku punya alat untuk nguleni. Aduh sebel banget….Mau pesen? Boleh, mau berapa dos……hi….hi…hi….

    Reply
  18. dopeicooking said: Idenya Leo boleh juga ya…..mengundang selera…hihihi…..

    Kayaknya enak juga pake apel….

    Reply
  19. dopeicooking said: Idenya Leo boleh juga ya…..mengundang selera…hihihi…..

    looks yummmyyyyy

    Reply
  20. 3astwest said: looks yummmyyyyy

    Thank you…menurutku juga enak….

    Reply
  21. 3astwest said: looks yummmyyyyy

    Akan saya mencobanya.

    Reply
  22. ellytjan said: Akan saya mencobanya.

    Silahkan, tante…..

    Reply
  23. ellytjan said: Akan saya mencobanya.

    iya,sri..yang dijual di supermarket kayaknya atasnya ditaburi lagi gula & cinnamon dan selalu kebanyakan dan jadinya terlalu manis….

    Reply
  24. sufiyahni said: iya,sri..yang dijual di supermarket kayaknya atasnya ditaburi lagi gula & cinnamon dan selalu kebanyakan dan jadinya terlalu manis….

    Iya kan manis banget……

    Reply
  25. sufiyahni said: iya,sri..yang dijual di supermarket kayaknya atasnya ditaburi lagi gula & cinnamon dan selalu kebanyakan dan jadinya terlalu manis….

    mbak’e kalo Cinnamon rolls nya Swedia gak pake telor sama sekali mbak🙂 Lumayan sedikit low cholesterol hihihi

    Reply
  26. squishsquash said: mbak’e kalo Cinnamon rolls nya Swedia gak pake telor sama sekali mbak🙂 Lumayan sedikit low cholesterol hihihi

    O…nggak pake telur ya? Lha malah mengurangi kolesterol asalkan butternya nggak ditambah jumlahnya….

    Reply
  27. cutyfruty said: O…nggak pake telur ya? Lha malah mengurangi kolesterol asalkan butternya nggak ditambah jumlahnya….

    Iya mbak. Palingan atasnya doang di glaze pake telur tapi skrg kebanyakan org pake orange/peach marmelade mbak nge-glaze nya.

    Reply
  28. cutyfruty said: O…nggak pake telur ya? Lha malah mengurangi kolesterol asalkan butternya nggak ditambah jumlahnya….

    Gilaaaa….gua langsung ngileeer liatnya….pesen 4 yah mbak, diambil langsung di rumah ..oce oce..?? lol

    Reply
  29. cutyfruty said: O…nggak pake telur ya? Lha malah mengurangi kolesterol asalkan butternya nggak ditambah jumlahnya….

    boleh saya tiru resep anda ? Rasanya menarik untuk dicontek.

    Reply

Leave a Reply

