RSS Feed

Sambel Godog

Posted on

Description:
Untuk MFM#17 yang bertemakan sayur hijau ini aku nyetor Sambel Godog. Ini nyontek Nining yang piawai bikin masakan Betawi. Maturnuwun yo Ning.

Rasanya menurutku enak. Kebetulan Sufi dan Ekani mau diajak rame-rame makan sayur ini. Jadi rasanya lebih nikmat. Pokoknya mantap deh dimakan pake lontong maupun nasi anget (jadi pengin cepet lebaran nih…).

Aku menggunakan bahan-bahan yang tersedia. Misalnya aku ganti brambang (bawang merah) dengan red onion (wong brambang sedang mahal. Londo sedang krisis brambang). Pokoknya modifikasi sesuai ketersediaan bahan. Resep asli ada di sini

Terimakasih untuk bu Dyah yang sudah mengorganisir penyelenggaraan MFM#17 ini….

Ingredients:
2 genggam buncis (buang ujungnya dan potong-potong)
1 buah (340 gram) tahu (potong-potong dan goreng setengah matang)
5 telur rebus (bisa digoreng setelah direbus)
2 batang sereh, geprek
1 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
50 gram red onion, rajang tipis
1/2 buah kaldu blok
200 ml air
400 ml coconut cream (yang kuentel banget) campur dengan 300 ml air
Garam dan gula secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

10 buah cabe merah
50 gram red onion
8 bawang putih
1 cm jahe
30 gram ebi (direndam dalam air panas supaya empuk)

Directions:
1. Tumis red onion sampai harum

2. Masukkan bumbu halus, sereh, daun jeruk, lengkuas, daun salam dan tumis sampai harum dan matang. Tambahkan garam dan gula.

3. Masukkan buncis dan tumis sampai layu (kalau aku numis sampai 1/2 matang, karena kan masih dimasak lagi sama santan)

4. Masukkan air dan kaldu blok dan biarkan bumbu agak meresap

5. Masukkan santan dan biarkan sampai mendidih

6. Masukkan tahu dan telur. Masak dengan api kecil sebentar kemudian matikan api

7. Disajikan keesokan harinya (lebih enak karena bumbu sudah meresap)

62 responses »

  1. ellytjan said: Saking kepinginya makan sambal godog, jadi lupa dieet dulu, ya Sri. Bukan salah anda

    enak nyaaaaaaaaaa

    Reply
  2. bungabobon said: enak nyaaaaaaaaaa

    Enak Bon. Gampang lagi bikinnya. Kalau isinya sih suka-suka kita, bahan yang ada dicemplungin. Karena nggak punya kacang panjang dan labu siem, akhirnya aku masukkin buncis, tahu dan telur….

    Reply
  3. bungabobon said: enak nyaaaaaaaaaa

    Duhhhh ngiler nich liat sambel godognya…..selamat makan lontong n sayur godognya ya

    Reply
  4. bungabobon said: enak nyaaaaaaaaaa

    makasih ya..tinggal bawa lontong nih🙂

    Reply
  5. pioenroos1012 said: Duhhhh ngiler nich liat sambel godognya…..selamat makan lontong n sayur godognya ya

    Makasih….sudah abis sambel godognya…..

    Reply
  6. dwhy said: makasih ya..tinggal bawa lontong nih🙂

    Boleh…tinggal bawa lontong…..

    Reply
  7. dwhy said: makasih ya..tinggal bawa lontong nih🙂

    mbak sri masakanya kelihatan enak nih….

    Reply
  8. mamavicky said: mbak sri masakanya kelihatan enak nih….

    Menurutku enak juga…he…he…he…muji diri sendiri, padahal aku juga nyontek kok….

    Reply
  9. mamavicky said: mbak sri masakanya kelihatan enak nih….

    uenak iki…. tak contek yo🙂 tahunya di ganti tempe enak kali ya mbak?mbak’e piye kabare?

    Reply
  10. squishsquash said: uenak iki…. tak contek yo🙂 tahunya di ganti tempe enak kali ya mbak?mbak’e piye kabare?

    Silahkan dicontek, Re. Menurutku yo uenak, Re….ini kan hasil nyontek. he…he…he…kalau mau aslinya silahkan klik link yang aku kasih di atas ya Re. Ini kan karena ora nduwe brambang, ora nduwe labu siam, ora nduwe kacang panjang (lha wong larang kabeh. he….he….he….), jadi ya aku ganti sama tahu dan buncis. Supaya nggak kelihatan komplang-komplang, aku tambahi telur (padahal aku sebenarnya suka yang komplang-komplang banyak kuahnya….).Kabarku baik, Re….semoga dikau juga begitu ya….

    Reply
  11. cutyfruty said: Enak kok, gampang lagi buatnya…..

    Nanti kalau ada waktu luang, aku n=pingin membuatnya.Makasih ja say

    Reply
  12. dianlantinga said: Nanti kalau ada waktu luang, aku n=pingin membuatnya.Makasih ja say

    Sama-sama, say. Menurutku enak kok. Tinggal menggunakan bahan yang tersedia. Kalau perlu langsung seperti resep aslinya, pasti mantap pake kacang panjang segala….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: