RSS Feed

Appeltaart

Posted on

Description:
Ini resep dari ibu mertua (nggak tahu mami dapat dari mana). Yang jelas uenak tenan. Cuma karena kalori tinggi, aku bagi-bagi resiko. Aku paksa Leo makan banyak (dia demen banget dengan paksaan ini), adik ipar aku panggil untuk ngambil ke rumah, besok aku mau naik sepeda ke tempat mami untuk ngasih mami appeltaart ini supaya mami ikut ngicipin bikinan mantu.

Bikin appeltaart ini gara-gara Elika waktu itu tanya apa artinya appelgebak. Haley bilang katanya mbok bikin appelgebak. Kebetulan di rumah banyak apel dari 3 varietas (Granny Smith, Pink Lady dan Fuji). Daripada busuk mendingan dibikin sesuatu (halah alasan).

Gebak berasal dari kata bakken (to bake atau memanggang). Dalam kamus Belanda Inggris arti gebak adalah: pastry, cake(s), confectionery.

Appeltaart adalah salah satu contoh dari appelgebak. Leo bilang ada orang (tergantung daerahnya) yang menganggap kalau taart bentuknya masih utuh, tapi gebak bentuknya potongan.

Bahasa Inggrisnya appeltaart adalah Dutch apple pie. Bisa dilihat di wikipedia disini.

Terserah orang mau menyebut apa, yang jelas appeltaart ini enak dan kami suka.

Ingredients:
390 gram self-raising flour
235 gram butter (biarkan dalam suhu ruang). Aku pake 180 gram butter dan sisanya halvarine atau margarine rendah kalori (lha wong butternya habis).
195 gram gula halus
1 buah telur (aku pake telur ukuran kecil)
garam (tadi kelupaan)

Isi:
650 gram apel (aku malah pake lebih dari 650 gram. Aku pake 1 apel Granny Smith, 2 apel Pink Lady dan 1 apel Fuji)*
65 gram gula halus (aku pake brown sugar yang halus)
1 sdt kayu manis bubuk
2-3 sdt air jeruk nipis
75 gram rozijnen (raisin). Rendam dalam air panas, setelah empuk tiriskan.

Bahan lain: tepung panir untuk taburan, 1 kuning telur untuk mengoles

* menurutku kombinasi ketiga apel ini enak karena Granny Smith rasanya kuecut banget, Pink Lady dan Fuji rasanya manis sueger. Kalau di Indonesia mungkin pake apel Malang dan dicampur apel lain yang manis kali ya…

Oh ya, resepnya sih pake ukuran loyang 20 cm. Karena aku punyanya loyang ukuran 26 cm, maka resep aku konversikan seperti di atas.

Directions:
Isi:

1. Kupas apel, potong-potong, buang isi atau tengahnya yang keras ya..

2. Campur apel dengan semua bahan isi lainnya. Sisihkan

Kulit:

1. Campur semua bahan dan uleni sampai bisa digilas

2. Kalau caranya ibu mertua, adonan digilas kemudian 2/3 bagian adonan yang sudah digilas ini ditempelkan pada loyang (bagian dasar dan pinggir) yang sudah disemir margarin dan terigu.

3. Kalau caranya mantu (yang super males kalau disuruh menggilas). Asalkan adonan sudah nggak lengket ditangan, tanpa digilas, 2/3 bagian adonan ditempelkan pada bagian dasar dan pinggir loyang yang sudah disemir margarine dan ditaburi tepung terigu.

Pokoknya adonan dipenyet-penyet aja ke dasar dan pinggiran loyang sampai rata.

Terserah mau pake cara mertua atau mantu. Jadinya perasaan juga sama kok. Mantu dapet cara males ini dari internet. Kalau nanti mantu ketemu mertua, mantu mau kasih tahu mertua gimana caranya bikin dengan cara males (sapa tahu mertua belum tahu).

4. Tabur tepung panir di atas adonan pie ini. Nggak usah banyak-banyak tepung panirnya.

5. Tuang adonan isi di atas tepung panir. Lha kok kebetulan apelnya sudah berair. Airnya aku tuang juga. Sapa tahu ini yang bikin sedep.

6. Sisa adonan (1/3 bagian) dibuat bentuk gilig (kayak cacing). Kemudian tempelkan ke atas campuran apel tadi dengan cara menyilang (kelihatan kan di gambar).

Pokoknya tempel si-“cacing” secara horisontal. Kemudian secara vertikal.

7. Olesi pie dengan kuning telur.

8. Panggang. Kalau pake oven yang hete lucht (hot air) manggangnya 65 menit dengan suh 160 derajat. Kalau pake yang nggak hete lucht, pokoknya panggang sampai mateng (lupa aku, wong catatannya ilang entah kemana).

Silahkan dinikmati bu Elika dan bu Haley. Ini yang sudah potongan:

atau mau motong sendiri juga boleh

74 responses »

  1. azizasf said: mbak sri makasih resepnya…nanti mau coba…:)

    Sama-sama, semoga cocok….

    Reply
  2. haleygiri said: bedane=garny smith luaraaaaaaaannggg…. kekekekeke

    Wis larang, atos sisan yo? he…he…he…Di sini granny smith relatif nggak terlalu mahal (ada sih yang jauh lebih murah daripada granny smith). Di pasar beli sekilo 1,5 Euro. Masih seger, keras, kuecut banget. Gigiku ngilu kalau makan yang satu ini. Mendingan makan apel Malang yang ijo itu. Tapi Leo demen banget makan apel yang satu ini. Kata dia, enak keras. Sudah gitu disimpan lama juga masih keras. Nek aku emoh kalau disuruh makan apel ini nek ora dicampur makanan lainnya.

    Reply
  3. haleygiri said: bedane=garny smith luaraaaaaaaannggg…. kekekekeke

    cuman dipenyet2 aja begitu keren hasilnya mba, aku contek ya kebetulan punya bluberry nih🙂

    Reply
  4. haleygiri said: bedane=garny smith luaraaaaaaaannggg…. kekekekeke

    aku mao ikut cara mantu ajah ah🙂

    Reply
  5. haleygiri said: bedane=garny smith luaraaaaaaaannggg…. kekekekeke

    cantik banget nih apple tartnya…aku ga pede bikin kulit tart/pie gini mba,takut keras jadinya…:((

    Reply
  6. haleygiri said: bedane=garny smith luaraaaaaaaannggg…. kekekekeke

    ngantri masih kebagian nggak nih mbak Sri?….

    Reply
  7. haleygiri said: bedane=garny smith luaraaaaaaaannggg…. kekekekeke

    mau kesana males je..jauh.. bs buat 1/2 adonan ya.. ya dah nanti tak cobanya..kalau sdh balik kesini

    Reply
  8. loranty said: cuman dipenyet2 aja begitu keren hasilnya mba, aku contek ya kebetulan punya bluberry nih🙂

    Silahkan contek, Lia. Semoga cocok….

    Reply
  9. adekbayi said: aku mao ikut cara mantu ajah ah🙂

    Cara mantu itu cara sesat lho. Nanti ikutan tersesat….he…he…he…

    Reply
  10. mamahanna said: cantik banget nih apple tartnya…aku ga pede bikin kulit tart/pie gini mba,takut keras jadinya…:((

    Kebetulan yang aku bikin empuk, nggak keras. Tapi tetap bisa dipotong alias tidak ambrol. Mungkin karena menteganya banyak kali ya….dan ini nih yang bikin kalori tinggi…..hiks…hiks…hiks….

    Reply
  11. mamavicky said: ngantri masih kebagian nggak nih mbak Sri?….

    Masih ada sepotong di kulkas…mau?

    Reply
  12. atiecs said: mau kesana males je..jauh.. bs buat 1/2 adonan ya.. ya dah nanti tak cobanya..kalau sdh balik kesini

    Setengah adonan bisa kok, apalagi cuma untuk 2 orang….

    Reply
  13. atiecs said: mau kesana males je..jauh.. bs buat 1/2 adonan ya.. ya dah nanti tak cobanya..kalau sdh balik kesini

    Cantik apple pienya, tutupnya seperti dirajut. Kalau di Malang ada apple namanya manalagi yang manis.

    Reply
  14. atiecs said: mau kesana males je..jauh.. bs buat 1/2 adonan ya.. ya dah nanti tak cobanya..kalau sdh balik kesini

    hihihihi mbak Sri lucu bener deh ah …. ada cara mantu ada cara mertua…Berhubung males juga, kayaknya aku bakalan ngitkutin cara mantu aja ah ..

    Reply
  15. ellytjan said: Cantik apple pienya, tutupnya seperti dirajut. Kalau di Malang ada apple namanya manalagi yang manis.

    Terimakasih, tante…..Menurut saya, apel manalagi manis juga, tante….

    Reply
  16. anaklaut said: hihihihi mbak Sri lucu bener deh ah …. ada cara mantu ada cara mertua…Berhubung males juga, kayaknya aku bakalan ngitkutin cara mantu aja ah ..

    Jadi mau ikut cara sesat juga? hi….hi….hi…

    Reply
  17. anaklaut said: hihihihi mbak Sri lucu bener deh ah …. ada cara mantu ada cara mertua…Berhubung males juga, kayaknya aku bakalan ngitkutin cara mantu aja ah ..

    Mauuuuuuuuuu, apel tartnya nampak cuantek!

    Reply
  18. ekani said: Mauuuuuuuuuu, apel tartnya nampak cuantek!

    Muhun maap sudah abis….Makasih atas komentarnya (jadi malu nih…..)….

    Reply
  19. ekani said: Mauuuuuuuuuu, apel tartnya nampak cuantek!

    Sri… aku ngiler melihatnya.

    Reply
  20. dianlantinga said: Sri… aku ngiler melihatnya.

    Lha ya sudah bikin. Enak kok menurut kami. Bahkan mami juga bilang enak. Blio makan ini untuk teman minum kopi. Bikinnya juga gampang, nggak perlu dibanting-banting kayak bikin roti atau pizza. Kalau pengin banting adonan, juga nggak lama. Kecuali kalau pake caranya mami yang harus digilas…baru deh bikinnya lama….

    Reply
  21. dianlantinga said: Sri… aku ngiler melihatnya.

    ~menurut resep belanda kuno appelnya harus pakai Goudreinetten. Susah dicarinya, krn sudah tidak banyak yg bikin Appeltaart cara kuno. Bagi2 dong Sri.

    Reply
  22. sylvietan said: ~menurut resep belanda kuno appelnya harus pakai Goudreinetten. Susah dicarinya, krn sudah tidak banyak yg bikin Appeltaart cara kuno. Bagi2 dong Sri.

    Saya pake apel yang ada saja, tante….Boleh tante kalau mau nyomot, tante….he…he…he…

    Reply
  23. sylvietan said: ~menurut resep belanda kuno appelnya harus pakai Goudreinetten. Susah dicarinya, krn sudah tidak banyak yg bikin Appeltaart cara kuno. Bagi2 dong Sri.

    hmm lekker, kebetulan aku lagi cari2 resep appeltaart, makasih akhirnya nemu disini. skrg lagi musim panen appel, aku dikasih mertua byk banget, dari pada busuk lebih baik diolah. kemarin dah beli tepungnya, skrg tinggal ngolah. salam kenal ya mbak Sri :d

    Reply
  24. dfschmaal said: hmm lekker, kebetulan aku lagi cari2 resep appeltaart, makasih akhirnya nemu disini. skrg lagi musim panen appel, aku dikasih mertua byk banget, dari pada busuk lebih baik diolah. kemarin dah beli tepungnya, skrg tinggal ngolah. salam kenal ya mbak Sri :d

    Menurut kami enak appeltaart ini. Bikinnya gampang. Apalagi kalau bikinnya dengan cara sesat kayak gini. hi….hi….hi…Salam kenal juga ya….

    Reply

Leave a Reply

