RSS Feed

MFM#21: Ontbijtkoek Gula Kelapa

Posted on

Description:
Di sini ontbijtkoek biasa dimakan saat sarapan (ontbijt = breakfast). Kalau aku sih aku makan sebagai snack.

Resep-resep ontbijtkoek yang aku baca biasanya menggunakan bruine basterdsuiker (gula halus warna coklat). Resep dari tante Elly ini menggunakan gula merah selain gula pasir. Kebetulan MFM#21 kali ini bertemakan gula kelapa, jadi aku langsung mempraktekkan resep tersebut.

Menurutku rasanya enak, empuk lembut ngga seperti ontibijtkoek di sini yang biasanya padat. Terimakasih tante Elly atas resepnya. Aku pake 1/2 resep. Bagi yang pengin resep asli bisa dilihat di sini (pada bagian “reply”). Yang jelas kali ini ngga ambleg. he…he…he…

Ingredients:
3 butir kuning telur
1 butir putih telur
13 gram gula pasir
38 gram gula kelapa, disisir halus
38 gram tepung terigu
10 gram tepung custard (daripada expired; resep asli pake maizena)
1/2 sendok makan bumbu spekkoek
5 gram susu bubuk
25 gram mentega, dilelehkan (resep asli pake margarine)
Almond iris untuk taburan (resep asli pake kenari cincang tapi aku ngga punya kenari)

Directions:
1. Ayak tepung terigu, custard, bumbu spekkoek dan susu bubuk

2. Kocok telur dengan gula kelapa dan gula pasir sampai kental

3. Masukkan campuran tepung ke dalam telur sambil diayak. Aduk perlahan.

4. Masukkan mentega cair dan aduk hati-hati.

5. Tuang ke loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti dan diolesi margarin dan tepung. Aku pake loyang ukuran 18×18 cm2 (resep asli pake loyang loaf).

6. Taburkan almond di atasnya.

7. Panggang dengan suhu 160 derajat selama 30 menit atau sampai matang(resep asli pake suhu 180 derajat selama 30-40 menit)

Image Hosted by ImageShack.us

 

54 responses »

  1. evimeinar said: huaaa jd aku nyiyicp mbakk

    Nyonteeeek…. nyonteeeek…. Boleh, yaaaa?????? Pa kabar, Mbak Sri?

    Reply
  2. pepi8 said: Nyonteeeek…. nyonteeeek…. Boleh, yaaaa?????? Pa kabar, Mbak Sri?

    Tentu saja boleh nyontek, wong aku sendiri juga nyontek kok. Kabar baik…pa kabar juga nih….

    Reply
  3. pepi8 said: Nyonteeeek…. nyonteeeek…. Boleh, yaaaa?????? Pa kabar, Mbak Sri?

    Mantafff…….TFS………

    Reply
  4. ernies said: Mantafff…….TFS………

    Makasih….sama-sama….

    Reply

Leave a Reply

