RSS Feed

Donat Otomatis

Posted on

Description:
De Nederlandse versie is hier. Donat ini mengingatkanku waktu jaman muda dulu. Ibu kadang bikin donat semacam ini. Resepnya sederhana. Ngga pake gist, ngga pake dibanting-banting tapi menurutku rasanya enak.

Kebetulan nemu resep di sini. Rasanya hampir sama dengan buatan ibu dulu. Menurutku resep ini agak terlalu manis tapi menurut Leo sudah pas manisnya. Tapi yang penting gampang bikinnya dan enak.

Lain kali kalau bikin, aku mau kurangi gulanya. Mungkin sebagian tepung akan aku ganti dengan kentang atau tape. Semoga masih bisa mengembang atau ngga ambleg. he…he..he…

Untuk membuat donut ini perlu cetakan donat (lihat gambar di bawah). Aku memperoleh cetakan ini dari ibu. Mungkin usianya sudah lebih dari 25 tahun. Tuwir banget yak. he…he…he…

Resep asli ada disini. Terimakasih kepada ibu Baasje yang sudah berbagi resep.

Ingredients:
250 gram terigu
150 gram gula pasir
2 butir telur
50 gram mentega dilelehkan
1 glas (250 ml) susu (aku pake verse volle melk)
Minyak untuk menggoreng (aku pake zonnebloemolie)

Directions:
1. Kocok telur dan gula sampai kental.

2. Masukkan terigu dan susu dan aduk.

3. Masukkan mentega cair kemudian diaduk. Aku pake mixer kecepatan rendah. Pokoknya asal ngaduknya rata aja.

4. Panaskan minyak dalam panci atau wajan.

5. Celupkan cetakan donat ke minyak panas tersebut

6. Angkat cetakan (minyaknya jangan ikut diciduk ya) dan tuangkan adonan ke dalam cetakan. Aku pake sendok sayur untuk menuangkan adonan ke cetakan.

7. Masukkan cetakan ke minyak panas lagi. Goyang-goyang dikit cetakannya agar donatnya lepas dari cetakan.

8. Goreng sampai kuning kecoklatan. Jangan lupa dibalik ya supaya ngga gosong.

9. Ulangi lagi proses tersebut. Kalau panci dan wajannya gede sih, bisa menggoreng beberapa donat dalam satu wajan tersebut.

Ini cetakan donat yang aku gunakan:

Image Hosted by ImageShack.us

Ini sendok sayur yang aku gunakan untuk menuang adonan ke cetakan donat (sebenarnya pake sendok biasa juga bisa):

Image Hosted by ImageShack.us

 

54 responses »

  1. ekani said: wahh kurang gaul nih guweh..baru liat cetakan donaat :D:D

    asyik niy punya cetakan donat, warisan lagi….. padahal pengen bikin donat tapi ga punya cetakannya, alternatifnya apa yah??? kangen jeng Sri, lama ndak buka2 MP niyyy….

    Reply
  2. therealitylife said: asyik niy punya cetakan donat, warisan lagi….. padahal pengen bikin donat tapi ga punya cetakannya, alternatifnya apa yah??? kangen jeng Sri, lama ndak buka2 MP niyyy….

    Aku yo kangen mbakyu. Tapi mau ke sana….transporté kok yo larang banget yo. Iya, punya warisan jaman purbakala. he…he…he….Alternatifnya apa ya? Mungkin sendok sup kali ya, yang biasa untuk bikin (nyetak) bakwan udang atau bakwan sayur. Asalkan ngga lengket, pasti bisa. Cuma nanti ngga bolong di tengah ya. Aku sendiri pake cetakan donat ini, untuk nyetak sekali dan 2 kali masih lengket, tapi setelah ketiga kali bisa mulai ngga lengket…..

    Reply
  3. therealitylife said: asyik niy punya cetakan donat, warisan lagi….. padahal pengen bikin donat tapi ga punya cetakannya, alternatifnya apa yah??? kangen jeng Sri, lama ndak buka2 MP niyyy….

    mbak, mo tny, brati adonannya cair gt ya, kaya adonan kue pukis…? ato kalis ? thanks

    Reply
  4. njengkelit said: mbak, mo tny, brati adonannya cair gt ya, kaya adonan kue pukis…? ato kalis ? thanks

    Adonannya cair….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: