RSS Feed

MFM2 Maret 2009-Warna-warni: Arem-arem Mie

Posted on

Description:
Waktu aku masih muda dulu, ibu kadang membuat arem-arem mie. Bisa untuk bekal piknik Karena kangen makan makanan ini, aku bikin sendiri. Lumayan rasanya dan kulitnya bisa kenyal. Isi bisa bervariasi: sambel goreng daging en udang, kering tempe nyemek, serundeng, abon dsb. Kali ini aku pengin isi kentang rasa asem manis pedes.

Ini aku setor untuk MFM yang bertemakan warna-warni yang diorganisasikan oleh bu Yeni. Thanks for organizing this event, ibu Yeni.

Ingredients:
250 gram mie kering
3 buah telur
1/2 sdt garam (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk (atau sesuai selera)

Bahan isi:

125 gram daging cincang
1 buah kentang, potong kotak-kotak kecil
1 buah wortel, potong kotak-kotak kecil
1 genggam bucis, potong kecil-kecil
1/3 paprika merah, potong kecil-kecil
3 siung bawang putih, cincang
1/2 butir bawang bombay, cincang
1 batang daun bawang, potong-potong
1-2 sdt cabe giling (bisa diganti dengan cabe diiris-iris)
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt laos (lengkuas) bubuk
garam secukupnya
1 sdt gula pasir
2 sdt kecap manis
2-3 sdt air jeruk nipis
1 sdm brambang (bawang merah) goreng
2-3 lembar daun jeruk purut (kelupaan)

Bahan lain:

Aluminium foil (soalnya daun pisang mahal!)

Directions:
Isi:

1. Tumis bawang putih sampai harum

2. Masukkan bawang bombay dan tumis lagi sampai layu

3. Masukkan cabe giling, tumis lagi

4. Masukkan daging cincang dan tumis sampai kecoklatan

5. Masukkan sayuran (kecuali daun bawang) dan ditumis (pertama buncis kemudian kentang, wortel dan terakhir paprika)

6. Masukkan bahan lainnya (kecuali daun bawang) kemudian uji rasa

7. Matikan api. Masukkan daun bawang dan aduk rata.

Catatan: sayurnya cuma 3/4 matang ketika api dimatikan karena akan dikukus lagi.

Kulit:

1. Kocok telur dengan garpu di dalam sebuah waskom atau wadah lainnya.

2. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya.

3. Rebus mie sampai lunak dan tiriskan

4. Segera masukkan mie yang masih panas tersebut ke dalam kocokan telur

Penyelesaian:

1. Ambil selembar aluminium foil yang cukup besar

2. Letakkan 2-3 sdm mie di atasnya

3. Letakkan isi di tengah

4. Gulung seperti lontong dan jangan lupa dipadatkan

5. Ulangi sampai habis

6. Kukus selama 20 menit

7. Kalau sudah matang, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, buka aluminium foilnya kemudian dipotong-potong dan sajikan

Kemarin mie yang aku pake warnanya cenderung putih, bukan kuning, jadi kurang menyala. Kalau mau berwarna kuning, pake mie yang berwarna kuning.

Catatan: kalau mau dibawa untuk piknik, arem-arem bisa dibuat kecil-kecil seperti ukuran lemper atau arem-arem beras. Tidak perlu dipotong-potong, karena setelah dibuka kulitnya, bisa langsung dimakan.

Image Hosted by ImageShack.us

54 responses »

  1. squishsquash said: ok ok :))) dicatet

    mbak, lapor…..aku dah nyobain ni resep. Isi dibikin step by step….rasanya mantaps. Tapi mbak….kok mienya gak mau padet kenapa ya? Apa kurang telu, apa salah mienya? Si mie itu direbus berapa lama sih…sampe’ ngembang banget, sampe’ airnya abis gitu? Jadinya kok enggak mau padet ya?. Jadi mencar-mencar gitu. Aku pake’ telur 6 biji lho. Gak mau padet seperti arem-arem mie yg mbak sri bikin, yang aku pernah cicip.

    Reply
  2. biborko said: mbak, lapor…..aku dah nyobain ni resep. Isi dibikin step by step….rasanya mantaps. Tapi mbak….kok mienya gak mau padet kenapa ya? Apa kurang telu, apa salah mienya? Si mie itu direbus berapa lama sih…sampe’ ngembang banget, sampe’ airnya abis gitu? Jadinya kok enggak mau padet ya?. Jadi mencar-mencar gitu. Aku pake’ telur 6 biji lho. Gak mau padet seperti arem-arem mie yg mbak sri bikin, yang aku pernah cicip.

    Ya sokur kalau suka….Nggodog mienya sih biasa saja, kayak kalau kita bikin untuk mie goreng. Ketika nyampur telor, mienya masih panas? Harus panas atau paling ngga anget. Kalau memang mienya panas, mungkin waktu mbungkus pake aluminium foil atau daun pisang kurang dipadetin. Kalau kurang padet, mienya kemungkinan bisa ambyar. Aku pake indomie atau mie biasa juga sama kok hasilnya, bisa padet.Kalau mau, bikin eksperimen pake indomie satu biji. Isinya terserah, abon atau oseng-oseng atau apa aja. Hanya sekedar untuk eksperimen aja. Tapi mateng kan arem-aremnya?

    Reply
  3. biborko said: mbak, lapor…..aku dah nyobain ni resep. Isi dibikin step by step….rasanya mantaps. Tapi mbak….kok mienya gak mau padet kenapa ya? Apa kurang telu, apa salah mienya? Si mie itu direbus berapa lama sih…sampe’ ngembang banget, sampe’ airnya abis gitu? Jadinya kok enggak mau padet ya?. Jadi mencar-mencar gitu. Aku pake’ telur 6 biji lho. Gak mau padet seperti arem-arem mie yg mbak sri bikin, yang aku pernah cicip.

    oh, mungkin karena si mienya udah enggak panas ya waktu aku campur telur. Udah manget-manget gitu, lho, lah mendadak ada tamu, jadi ditinggal cangkruk sejenak. Ambyar gitu deh bakminya.Tadinya sih mau cobain bungkus pake’ daun pisang. Tapi ternyata tangan kurang terampil, jadi bubar terus. Makanya aku pake aluminium foil. Mungkin juga aku bungkusnya kurang padet kali ya.Aku rebus mie sampe’ beneran empuk/ngembang gitu. Iya deh, kapan-kapan aku coba lagi.Keterampilan tangan lho itu mbak….dua jam cuma jadi 15 biji. he,he,he. Payah deh. Aku bawa ke tempat temen jerman ulang taun, mereka semua suka (walaupun penampilan arem-aremnya karena tidak padat, ya tidak cantik).

    Reply
  4. biborko said: oh, mungkin karena si mienya udah enggak panas ya waktu aku campur telur.

    O..pantesan…ini penyebabnya….tapi jangan khawatir….practice makes perfect….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: