RSS Feed

Pandan Zebra Cake pake putih telur

Posted on

Description:
Puyeng setiap kali punya putih telur banyak. Sudah dibuat macem-macem dari mulai sambel goreng, nasi goreng, orak-arik, oseng-oseng dll. Sampai dikasih ke orang segala. Tapi tetep aja bingung memanfaatkan.

Hari ini aku bikin pandan zebra cake. Menurutku enak rasanya dan tidak seret. Dapat resep dari sini. Terimakasih bu Rina atas resepnya. Memang betul, rasanya tidak seperti karet seperti pada umumnya cake putih telur. Pokoknya enak deh walaupun tanpa kuning telur.

Resep asli menggunakan 400 cc putih telur. Kebetulan aku cuma punya 350 cc putih telur (dari 12 butir telur). Jadi resep harus dikonversi dan modifikasi sesuai dengan bahan yang ada.

Ingredients:
350 cc putih telur

175 gr gula pasir

1 sdt emulsifier (aku pake Ovalet)

175 gr mentega, lelehkan (resep asli pake blue band)

153 gr terigu

22 gr maizena

1/2 sdm pasta pandan

Directions:
1. Kocok putih telur dengan emulsifier sampai mengembang

2. Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.

Aku ngocok telurnya pake speed sedang dan total ngocok (dari awal sampai akhir) selama 10 menit. Pokoknya kalau baskom dibalik, telurnya ngga tumpah. Jadi tergantung kemampuan mixer yak.

3. Tuang terigu dan maizena dan aduk rata.

4. Campur dengan mentega cair dan aduk rata

5. Bagi adonan menjadi dua. Satu bagian biarkan tetap putih dan adonan lain beri pandan pasta.

6. Dengan menggunakan sendok sayur, tuang adonan ke dalam loyang secara bergantian: putih dan hijau. Pokoknya berselang-seling deh.

Jangan lupa loyang sudah disemir pake margarin dan ditaburi terigu. Alas loyang ditataki dengan kertas roti yang juga sudah disemir dengan margarin dan ditaburi terigu.

7. Panggang sampai matang

Silahkan dicicipi:

Image Hosted by ImageShack.us

 

42 responses »

  1. syukurlah kalau cocok🙂

    Reply
  2. warnanya menggoda selara Buuf…….

    Reply
  3. cantik tuh…..Jadi tergoda untuk buat juga……sayang nggak punya putih telur

    Reply
  4. cantik cakenya Mbak,..aku jg sering punya stok putih telur…kapan2 dicontek ya..

    Reply
  5. Jadi pingin buat juga nich…Makasih Sri buat resepnya.

    Reply
  6. wah bisa bikin nih kalo habis bikin kuker stok putih telur banyak🙂

    Reply
  7. Mmmm, dat ziet er lekker uit Sri!

    Reply
  8. mbakkk cantik kuenya…he he kalo mbak sri sering nyetok putih telur, kebalikan sama saya nih mbak…bbrp hari terakhir punya stok kuning telur banyak….bingung mo diapain:)

    Reply
  9. rinso said: syukurlah kalau cocok🙂

    Terimakasih resepnya….

    Reply
  10. puntowati said: cantik tuh…..Jadi tergoda untuk buat juga……sayang nggak punya putih telur

    Makasih….Ini kebetulan juga sedang punya putih telur banyak. Bingung mau diapain…..tapi yang jelas rasanya enak kok, ngga seperti karet kayak cake putih telur lainnya….

    Reply
  11. glennsean said: warnanya menggoda selara Buuf…….

    Ijo kuencreng ya warnanya. he…he…he…

    Reply
  12. tsuroiya said: cantik cakenya Mbak,..aku jg sering punya stok putih telur…kapan2 dicontek ya..

    Terimakasih…..Coba aja resep ini. Enak kok menurutku. Yang jelas rasanya ngga kenyal-kenyal seperti karet. Aku puyeng kalau punya stok putih telur kebanyakan……Kapan-kapan malah pengin aku jual sekalian. he…he…he….

    Reply
  13. dianlantinga said: Jadi pingin buat juga nich…Makasih Sri buat resepnya.

    Sama-sama say…..Kalau kebetulan sedang bikin lapis surabaya tuh…kan banyak banget sisa putih telurnya. Jadi bisa dimanfaatkan buat ini……

    Reply
  14. erm718 said: wah bisa bikin nih kalo habis bikin kuker stok putih telur banyak🙂

    Yak, betul. Aku juga punya stok sisa bikin lapis surabaya. Lha piye, lapis surabaya butuh kuning telor banyak. Putih telurnya bingung mau aku apain. Lain kali aku mau jual aja sekalian deh. Jadi kan jual dobel, ya lapis surabaya, ya cake putih telur. hi…hi…hi…dasar matrek ngga mau rugi….he…he..he..

    Reply
  15. gkluit said: Mmmm, dat ziet er lekker uit Sri!

    Dank je wel. Ik heb alleen witte eieren (zonder gele eieren) gebruikt om de cake te maken.

    Reply
  16. nur4hini said: mbakkk cantik kuenya…he he kalo mbak sri sering nyetok putih telur, kebalikan sama saya nih mbak…bbrp hari terakhir punya stok kuning telur banyak….bingung mo diapain:)

    Makasih. Aku nih punya banyak putih telur karena bikin lapis surabaya. Bikin aja lapis surabaya kalau punya stok kuning telur. Pasti kepake deh. he…he…he…maklum cake satu itu kan bener-bener boros kuning telur….

    Reply
  17. nur4hini said: mbakkk cantik kuenya…he he kalo mbak sri sering nyetok putih telur, kebalikan sama saya nih mbak…bbrp hari terakhir punya stok kuning telur banyak….bingung mo diapain:)

    wah ayu banget kuenya…saya jarang bikin kue jadi jarang punya putih telur nggak terpake hehe…

    Reply
  18. nur4hini said: mbakkk cantik kuenya…he he kalo mbak sri sering nyetok putih telur, kebalikan sama saya nih mbak…bbrp hari terakhir punya stok kuning telur banyak….bingung mo diapain:)

    apa kabar Mbakyu ? …. kangen euy …

    Reply
  19. nur4hini said: mbakkk cantik kuenya…he he kalo mbak sri sering nyetok putih telur, kebalikan sama saya nih mbak…bbrp hari terakhir punya stok kuning telur banyak….bingung mo diapain:)

    cakep mbak…. bagi dong… :))

    Reply
  20. cutyfruty said: Makasih. Aku nih punya banyak putih telur karena bikin lapis surabaya. Bikin aja lapis surabaya kalau punya stok kuning telur. Pasti kepake deh. he…he…he…maklum cake satu itu kan bener-bener boros kuning telur….

    makasih sarannya mbak…sekalian ngintip resep lapis surabaya nya ya….*takut ambleg kalo bikin cake he he*

    Reply
  21. cutyfruty said: Makasih. Aku nih punya banyak putih telur karena bikin lapis surabaya. Bikin aja lapis surabaya kalau punya stok kuning telur. Pasti kepake deh. he…he…he…maklum cake satu itu kan bener-bener boros kuning telur….

    cantik sekali cakenya. bagiii…😛

    Reply
  22. cutyfruty said: Makasih. Aku nih punya banyak putih telur karena bikin lapis surabaya. Bikin aja lapis surabaya kalau punya stok kuning telur. Pasti kepake deh. he…he…he…maklum cake satu itu kan bener-bener boros kuning telur….

    *ngempet iler* :p

    Reply
  23. cutyfruty said: Makasih. Aku nih punya banyak putih telur karena bikin lapis surabaya. Bikin aja lapis surabaya kalau punya stok kuning telur. Pasti kepake deh. he…he…he…maklum cake satu itu kan bener-bener boros kuning telur….

    keliatan enak, aku contek ya😀

    Reply
  24. mamavicky said: wah ayu banget kuenya…saya jarang bikin kue jadi jarang punya putih telur nggak terpake hehe…

    Makasih….Ini kan hampir tiap minggu bikin lapis surabaya untuk disetor. Walaupun cuma seloyang, puyeng juga kebanyakan stok putih telur. Akhirnya aku bikin ini. Siapa tahu nanti malah bisa aku setor juga. he…he…he…dasar matrek…..

    Reply
  25. phitree said: apa kabar Mbakyu ? …. kangen euy …

    Baik jeng. Apa kabar juga nih….kangen juga euy…

    Reply
  26. ningnong said: cakep mbak…. bagi dong… :))

    Maksih Ning. Ayo kesini kalau mau….nanti aku bagi….enak lho Ning, rasane ora kenyal-kenyal kayak karet walaupun pake putih telur….

    Reply
  27. dopeicooking said: cantik sekali cakenya. bagiii…😛

    Terimakasih…..Ayo ke sini….masih banyak persediaan….

    Reply
  28. haleygiri said: *ngempet iler* :p

    Ati-ati….netes…..Menurutku ini kuenya enak, ora kenyal-kenyal kayak karet…..

    Reply
  29. agneswollny said: keliatan enak, aku contek ya😀

    Silahkan dicontek. Apalagi kalau punya stok putih telur banyak. Enak kok. Tinggal diganti pastanya kalau ngga pengin pake pasta pandan.

    Reply
  30. agneswollny said: keliatan enak, aku contek ya😀

    mbak Sri rajin … enak bangt nih kayaknya!!

    Reply
  31. fediandina said: mbak Sri rajin … enak bangt nih kayaknya!!

    Rajin karena terpaksa, soalnya bingung mau diapain punya stok putih telur banyak. he..he..he…makasih….

    Reply
  32. fediandina said: mbak Sri rajin … enak bangt nih kayaknya!!

    Sreseeeett, dah aku tandain resep kamu ini say! pinteran banget sih ini dan kreatif sekali! aku pikir susah o bikin kek zebra dan bisa ga pake santen ?

    Reply
  33. katabelece said: Sreseeeett, dah aku tandain resep kamu ini say! pinteran banget sih ini dan kreatif sekali! aku pikir susah o bikin kek zebra dan bisa ga pake santen ?

    Lha wong aku juga nyontek kok Pi. Ngga pake santen bisa juga kok. Apa kabar nih, sudah lama kita tidak ngobrol.

    Reply
  34. katabelece said: Sreseeeett, dah aku tandain resep kamu ini say! pinteran banget sih ini dan kreatif sekali! aku pikir susah o bikin kek zebra dan bisa ga pake santen ?

    Aku pernah bikin kek blangblentong pake santen, lumayan … kemakan, hihihi.khabarku baiiik, Sri, iya ya … tak talipun deh ya.Kemarin ke pcis tenggara (Bergerac) ndatengin adik iparku merayakan annual gathering … bagus daerah tetapi waktu itu banyak turun hujan, wiken selanjutnya aku ke prancis tengah-atas, Bourgone, eeeh ndillalah, aku yg kurang enak badan jadi jalan-jalan kita di persingkat, tetapi tetep berkesan.

    Reply
  35. katabelece said: Sreseeeett, dah aku tandain resep kamu ini say! pinteran banget sih ini dan kreatif sekali! aku pikir susah o bikin kek zebra dan bisa ga pake santen ?

    lagi gak punya sisa telur blas… maklum baru mudik…tapi kapan2 pengen nyontek ah.

    Reply
  36. estherlita said: lagi gak punya sisa telur blas… maklum baru mudik…tapi kapan2 pengen nyontek ah.

    Lha ya silahkan mbak. Wong iki aku yo nyontek kok. Menurutku ini rasanya ngga kenyal-kenyal kayak karet walaupun pake putih telur….

    Reply
  37. estherlita said: lagi gak punya sisa telur blas… maklum baru mudik…tapi kapan2 pengen nyontek ah.

    Boleh ya Sri saya ikut share resep anda, seandainya punya putih telor yang banyak bisa saya manfaatkan.

    Reply
  38. ellytjan said: Boleh ya Sri saya ikut share resep anda, seandainya punya putih telor yang banyak bisa saya manfaatkan.

    Silahkan tante…….saya juga nyontek kok….

    Reply
  39. cutyfruty said: Silahkan tante…….saya juga nyontek kok

    Terima kasih banyak ya Sri yang baik.

    Reply
  40. ellytjan said: Terima kasih banyak ya Sri yang baik.

    Sama-sama tante…

    Reply
  41. ellytjan said: Terima kasih banyak ya Sri yang baik.

    kl ada putih telur nya saya mau beli dong yg penting ga kecampur kuning nya aja bu.bisa telp lsg ke 5657466 dengan ibu fenny.thanks

    Reply
  42. fennycake said: kl ada putih telur nya saya mau beli dong yg penting ga kecampur kuning nya aja bu.bisa telp lsg ke 5657466 dengan ibu fenny.thanks

    Wah sayang saya saat ini sedang tidak di Depok….jadi maaf tidak bisa menelepon….

    Reply

Leave a Reply

