RSS Feed

MFM#2 Edisi Agustus 2009: Lontong Tahu Kecap

Posted on

Description:
Setor MFM ah. Bikin ini karena kebetulan punya kacang goreng nganggur en bawang putih goreng serta asem ekstrak yang tinggal sedikit.

MFM kali ini temanya asam yang digunakan dalam masakan Indonesia. Terimakasih bu Deetha yang sudah mengorganisasikan MFM edisi Agustus ini.

Ingredients:
Lontong, potong-potong
Tahu, potong-potong dan goreng
Tauge, rendam pake air panas, tiriskan (jangan terlalu lunak)
Kecap manis
Seledri, dirajang
Brambang (bawang merah) goreng

Bumbu:

225 gram kacang goreng
3 buah cabe merah (ngga punya cabe rawit)
3 sdm ekstrak asam (pokoknya air asam yang kental)
3 sdm kecap manis
3 lembar daun jeruk purut, buang tulang tengahnya
1 sdm bawang putih goreng
Garam secukupnya
1sdt gula pasir
300 ml air

Directions:
1. Masukkan semua bumbu dalam blender dan haluskan

2. Penyajian: letakkan lontong di atas piring saji, tambahkan tahu di atasnya, tauge dan siram dengan bumbu. Taburi dengan brambang goreng, seledri mentah. Kucuri dengan kecap manis.

Bisa juga dikucuri lagi dengan jeruk purut. Dimakan pake krupuk kampung juga enak. Lumayan kan untuk menu buka puasa….

Image Hosted by ImageShack.us

38 responses »

  1. ini doyananku juga… :Dapa kabar Jeng?

    Reply
  2. agneswollny said: ini doyananku juga… :Dapa kabar Jeng?

    Ketahuan kalau orang Semarang. Karepé yo nggawe gimbal urang. Tapi males bikin rempeyek udangnya. he..he…he…yang penting setor…..

    Reply
  3. agneswollny said: ini doyananku juga… :Dapa kabar Jeng?

    Yg jelas gampang dan enak ya Sri……baik2 aja kan…

    Reply
  4. agneswollny said: ini doyananku juga… :Dapa kabar Jeng?

    Waduh mbak wis nyetor toh? aku masih bingung mau masak apa :((Btw, kentang kering nya ueeeenak tenan mbak, bikin nya piye bisa crispy gitu??

    Reply
  5. agneswollny said: ini doyananku juga… :Dapa kabar Jeng?

    mauuuuuuuuuuuuuuuuuiki koyo tahu kupat solo yooo, cuman bumbunya beda…Klu tahu kupat solo bumbunya: kecap manis, gula merah, bawang merah, bawang putih, kemiri yang banyak…

    Reply
  6. agneswollny said: ini doyananku juga… :Dapa kabar Jeng?

    mauu buat buka puasa..ehehe..,ntar nyontek ya mbak..:)

    Reply
  7. puntowati said: Yg jelas gampang dan enak ya Sri……baik2 aja kan…

    Menurutku yo enak en gampang. Kabar baik, terimakasih….

    Reply
  8. squishsquash said: Waduh mbak wis nyetor toh? aku masih bingung mau masak apa :((Btw, kentang kering nya ueeeenak tenan mbak, bikin nya piye bisa crispy gitu??

    Wis nyetor karena kebetulan punya kacang goreng. Bingung mau diapain, yo wis dibikin tahu kecap aja.Cara bikin kentang yang renyah bisa lihat blognya mbak Esther. Ada semua disana. Pokoknya langsung tanya pakarnya yo….blio memang te-o-pe be-ge-te….

    Reply
  9. haleygiri said: mauuuuuuuuuuuuuuuuuiki koyo tahu kupat solo yooo, cuman bumbunya beda…Klu tahu kupat solo bumbunya: kecap manis, gula merah, bawang merah, bawang putih, kemiri yang banyak…

    Lha monggo kalau mau. Aku mau malah lali mencantumkan cabenya. he..he..he..wis tuwo….Ini rada versi Semarangan, walaupun ngga lengkap. Kalau yang lengkap kan pake gimbal urang (rempeyek urang). Mau aku wis klenger nggoreng rempeyek rebon, dadi males bikin rempeyek urang. he…he…he…

    Reply
  10. darrellmom said: mauu buat buka puasa..ehehe..,ntar nyontek ya mbak..:)

    Silahkan asalkan engga kepedesan…..tadi lupa nyantumin cabe di resep. he…he…he…

    Reply
  11. cutyfruty said: Wis nyetor karena kebetulan punya kacang goreng. Bingung mau diapain, yo wis dibikin tahu kecap aja.Cara bikin kentang yang renyah bisa lihat blognya mbak Esther. Ada semua disana. Pokoknya langsung tanya pakarnya yo….blio memang te-o-pe be-ge-te….

    Ok nanti aku ngintip resep mbak Esther deh, wes enak tenanan mbak, sambil aku gadoin tapi disayang-sayangin biar gak cepet abis hahahahha

    Reply
  12. cutyfruty said: Wis nyetor karena kebetulan punya kacang goreng. Bingung mau diapain, yo wis dibikin tahu kecap aja.Cara bikin kentang yang renyah bisa lihat blognya mbak Esther. Ada semua disana. Pokoknya langsung tanya pakarnya yo….blio memang te-o-pe be-ge-te….

    mbak sriii..jadi kepengin nih….:)

    Reply
  13. squishsquash said: Ok nanti aku ngintip resep mbak Esther deh, wes enak tenanan mbak, sambil aku gadoin tapi disayang-sayangin biar gak cepet abis hahahahha

    Sudah sebulan itu usianya….untung masih eatable. Aku khawatir bosok. he…he…he…Kebetulan waktu itu ada brambang goreng gorengané Leo, jadi aku ngga perlu nggoreng brambang. Berasnya sudah diterima juga kan? Itu yang biasa aku bikin lontong kalau lagi pengin banget. Tinggal godog 1,5 jam. Memang sih bungkusan plastik, lha tapi piye maneh kalau kepingin. Yang penting ngga sering-sering aja…..

    Reply
  14. nur4hini said: mbak sriii..jadi kepengin nih….:)

    Sudah buka belum? Kalau sudah, boleh kok dicicipi. hi..hi..hi…

    Reply
  15. cutyfruty said: Sudah sebulan itu usianya….untung masih eatable. Aku khawatir bosok. he…he…he…Kebetulan waktu itu ada brambang goreng gorengané Leo, jadi aku ngga perlu nggoreng brambang. Berasnya sudah diterima juga kan? Itu yang biasa aku bikin lontong kalau lagi pengin banget. Tinggal godog 1,5 jam. Memang sih bungkusan plastik, lha tapi piye maneh kalau kepingin. Yang penting ngga sering-sering aja…..

    Masih enak kok mbak, kan di plastik sealed gitu.Iya beras plastik sama waffle nya juga aku terima, makasih ya mbak. Waffle nya mau aku makan besok🙂 terus lontong nya aku bikin sabtu ah mbak bikin lontong tahu kecap mu😀

    Reply
  16. cutyfruty said: Sudah sebulan itu usianya….untung masih eatable. Aku khawatir bosok. he…he…he…Kebetulan waktu itu ada brambang goreng gorengané Leo, jadi aku ngga perlu nggoreng brambang. Berasnya sudah diterima juga kan? Itu yang biasa aku bikin lontong kalau lagi pengin banget. Tinggal godog 1,5 jam. Memang sih bungkusan plastik, lha tapi piye maneh kalau kepingin. Yang penting ngga sering-sering aja…..

    Asyik…makan ini, lauknya sate kambing/ayam ya enak Sri…

    Reply
  17. cutyfruty said: Sudah sebulan itu usianya….untung masih eatable. Aku khawatir bosok. he…he…he…Kebetulan waktu itu ada brambang goreng gorengané Leo, jadi aku ngga perlu nggoreng brambang. Berasnya sudah diterima juga kan? Itu yang biasa aku bikin lontong kalau lagi pengin banget. Tinggal godog 1,5 jam. Memang sih bungkusan plastik, lha tapi piye maneh kalau kepingin. Yang penting ngga sering-sering aja…..

    mbak sri mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    Reply
  18. cutyfruty said: Sudah sebulan itu usianya….untung masih eatable. Aku khawatir bosok. he…he…he…Kebetulan waktu itu ada brambang goreng gorengané Leo, jadi aku ngga perlu nggoreng brambang. Berasnya sudah diterima juga kan? Itu yang biasa aku bikin lontong kalau lagi pengin banget. Tinggal godog 1,5 jam. Memang sih bungkusan plastik, lha tapi piye maneh kalau kepingin. Yang penting ngga sering-sering aja…..

    haduuuh….ini enak banget buat buka puasa..mbak sri, mintaaaaaaaaaaaa…

    Reply
  19. cutyfruty said: Sudah sebulan itu usianya….untung masih eatable. Aku khawatir bosok. he…he…he…Kebetulan waktu itu ada brambang goreng gorengané Leo, jadi aku ngga perlu nggoreng brambang. Berasnya sudah diterima juga kan? Itu yang biasa aku bikin lontong kalau lagi pengin banget. Tinggal godog 1,5 jam. Memang sih bungkusan plastik, lha tapi piye maneh kalau kepingin. Yang penting ngga sering-sering aja…..

    mauuuu……. tfs mbak. lagian nggak ribet nih resepnya. jangan lupa ya mbak kirim sapiring wae

    Reply
  20. cutyfruty said: Sudah sebulan itu usianya….untung masih eatable. Aku khawatir bosok. he…he…he…Kebetulan waktu itu ada brambang goreng gorengané Leo, jadi aku ngga perlu nggoreng brambang. Berasnya sudah diterima juga kan? Itu yang biasa aku bikin lontong kalau lagi pengin banget. Tinggal godog 1,5 jam. Memang sih bungkusan plastik, lha tapi piye maneh kalau kepingin. Yang penting ngga sering-sering aja…..

    iki tahu campur namanya di kampungku. paling enak pancen nganggo gimbal urang. trus tahunya digoreng ama kocokan telor, jadi deh tahu telor campur. bawang putihe agak banyakan…cabe rawit mentah..wiiss mantebb…

    Reply
  21. cutyfruty said: Sudah sebulan itu usianya….untung masih eatable. Aku khawatir bosok. he…he…he…Kebetulan waktu itu ada brambang goreng gorengané Leo, jadi aku ngga perlu nggoreng brambang. Berasnya sudah diterima juga kan? Itu yang biasa aku bikin lontong kalau lagi pengin banget. Tinggal godog 1,5 jam. Memang sih bungkusan plastik, lha tapi piye maneh kalau kepingin. Yang penting ngga sering-sering aja…..

    ck ck ck bikin saya ngiler aja ditengah-tengah puasa an gini..

    Reply
  22. elkaje said: Asyik…makan ini, lauknya sate kambing/ayam ya enak Sri…

    Saténé nunggu kiriman dari mbak Ine. he…he…he…

    Reply
  23. louveringo said: mbak sri mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    Silahkan…..ambil…….hi…hi…hi….

    Reply
  24. ningnong said: haduuuh….ini enak banget buat buka puasa..mbak sri, mintaaaaaaaaaaaa…

    Ayo kita buka bersama…….pot luck yo…..jadi iso ijol-ijolan…he..he.,..he…

    Reply
  25. dwakkary said: mauuuu……. tfs mbak. lagian nggak ribet nih resepnya. jangan lupa ya mbak kirim sapiring wae

    Sepiring cukup? he..he..he…

    Reply
  26. mindmapping said: iki tahu campur namanya di kampungku. paling enak pancen nganggo gimbal urang. trus tahunya digoreng ama kocokan telor, jadi deh tahu telor campur. bawang putihe agak banyakan…cabe rawit mentah..wiiss mantebb…

    Lha wong iki gimbal urang zonder urang kok. hua…ha…ha….bawang putih di sini kok tajem banget yo perasaan. Kemarin aku pake bawang putih yang sudah digoreng (karena kebetulan ada sisa). Lha karepé yo nganggu cabe rawit. Tapi larang ki piyé? Yo wis lah sak anané…..timbang ora ono….

    Reply
  27. mindmapping said: iki tahu campur namanya di kampungku. paling enak pancen nganggo gimbal urang. trus tahunya digoreng ama kocokan telor, jadi deh tahu telor campur. bawang putihe agak banyakan…cabe rawit mentah..wiiss mantebb…

    kangen makan lontong sambel tahu hiks…

    Reply
  28. mindmapping said: iki tahu campur namanya di kampungku. paling enak pancen nganggo gimbal urang. trus tahunya digoreng ama kocokan telor, jadi deh tahu telor campur. bawang putihe agak banyakan…cabe rawit mentah..wiiss mantebb…

    wah.. perutku dah berbunyi nih.. kirim dong Mbak .. hehehe

    Reply
  29. pegatan said: ck ck ck bikin saya ngiler aja ditengah-tengah puasa an gini..

    Maaf bikin ngiler di saat puasa…..

    Reply
  30. squishsquash said: Masih enak kok mbak, kan di plastik sealed gitu.Iya beras plastik sama waffle nya juga aku terima, makasih ya mbak. Waffle nya mau aku makan besok🙂 terus lontong nya aku bikin sabtu ah mbak bikin lontong tahu kecap mu😀

    Lha yang kasih wafel siapa nih? Aku ngga ngasih lho. Mungkin Deni yang ngasih…

    Reply
  31. mamavicky said: kangen makan lontong sambel tahu hiks…

    Aku kemarin bikin karena punya kacang goreng nganggur….he..he..he…kebetulan ada tahu juga. Yo wis daripada kadaluwarsa, dibikin saja….

    Reply
  32. wlzone said: wah.. perutku dah berbunyi nih.. kirim dong Mbak .. hehehe

    Wah muhun dimaapken, sudah abis Wel……

    Reply
  33. wlzone said: wah.. perutku dah berbunyi nih.. kirim dong Mbak .. hehehe

    salam kenal mbak, boleh dicoba nih…tfs yaa…

    Reply
  34. mamanyanaiya said: salam kenal mbak, boleh dicoba nih…tfs yaa…

    Salam kenal juga….silahkan dicoba semoga cocok….

    Reply
  35. mamanyanaiya said: salam kenal mbak, boleh dicoba nih…tfs yaa…

    Segar rupanya untuk buka puasa, ada asam dan manis.

    Reply
  36. mamanyanaiya said: salam kenal mbak, boleh dicoba nih…tfs yaa…

    enak nih sri……

    Reply
  37. ellytjan said: Segar rupanya untuk buka puasa, ada asam dan manis.

    Benar tante….

    Reply
  38. noverita said: enak nih sri……

    Kebetulan aku suka makanan seperti ini, jadi ya menurutku enak….

    Reply

Leave a Reply

