RSS Feed

MFM#2 Edisi November: Salisbury Steak ala Sri

Posted on

Description:
Ini untuk setoran MFM yang bulan ini bertemakan World Cuisine. Terimakasih bu Rurie yang sudah mengorganisasikan ajang MFM ini.

Salisbury Steak ini sebenarnya burger dikasih saus. Disebut ala Sri karena sausnya aku kasih kecap manis. Jadi salisbury steak ala Jowo. he..he..he..tapi malah mantep kok rasanya. he..he..he..muji diri sendiri.

Berhubung kami ngga makan pork, maka salisbury steak ini aku bikin dari daging sapi cincang. Lain kali mau bikin versi vegetarian pake tempe. Sapa tahu enak, yang penting sausnya jos. hi..hi..hi..

Paling enak dimakan setelah diinepin semalam supaya sausnya sudah bener-bener meresap. Waktu itu kami makan pake french fries, sayur rebus (dari frozen vegetable soale males ngupas dan potong-potong) dan mushroom sauce warna putih. Sayang mushroom sauce nya ngga sempat dipotret keburu abis.

Selain french fries, bisa juga dimakan pake pasta atau roti Perancis (baguette). Dimakan pake nasi kayaknya juga enak (ngga perlu pake saus putih). Emang siapa yang nglarang makan salisbury steak pake nasi? Suka-suka yang makan. Iya ngga? he..he..he..

Ingredients:
Burger:

500 gram daging cincang atau daging giling
2 butir telur (aku pake yang kecil)
2 sdm tepung panir
2 sdm kecap Inggris
1/2 sdt merica bubuk
1 buah bawang bombay cincang
4 siung bawang putih cincang
2 batang daun bawang, diiris-iris
Garam secukupnya
Minyak untuk mengoles grill pan.

Saus coklat ala Sri:

600 ml kaldu sapi (ngga punya, aku ganti 600 ml air dan 1 blok kaldu bubuk)
1 bawang bombay cincang
3 bawang putih cincang
200 gram jamur (button mushroom), potong-potong.
3 sdm saus tomat
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap Inggris
1/2 sdt merica bubuk (atau sesuai selera)
2 sdt gula pasir (atau sesuai selera)
Garam (optional karena kecap Inggris dan kaldu blok sudah asin).
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
Minyak atau mentega untuk menumis (aku pake olive oil).

Saus putih (kalau suka):

150 gram jamur (button mushroom).
1,5 sdm tepung terigu
1 buah bawang bombay cincang
400 ml susu cair
1/4-1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt gula
Minyak atau mentega atau margarine untuk menumis (aku pake olive oil).

Directions:
Burger:

1. Campur semua bahan, aduk rata

2. Bagi dalam 8 bagian. Masing-masing buat bentuk bulat atau lonjong rada gepeng

3. Panggang di atas grill pan yang sudah diolesi dengan minyak. Jangan lupa dibalik supaya ngga gosong. Sisihkan.

Saus coklat:

1. Panaskan minyak dan tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.

2. Masukkan jamur dan tumis lagi.

3. Masukkan air, kaldu blok, dan bumbu-bumbu lainnya (kecap manis, saus tomat, merica, gula, kecap Inggris). Masak sampai mendidih. Kemudian uji rasa. Kalau kurang asin bisa ditambahin garam

4. Masukkan burger dan sekali-sekali diaduk sampai saus meresap ke burger (sebaiknya pake api sedang).

5. Masukkan larutan maizena. Masak hingga kekentalan yang diinginkan.

6. Sebelum diangkat, masukkan daun bawang, diaduk kemudian diangkat dari api.

Catatan: Minyak untuk menumis bisa juga digunakan minyak bekas memanggang burger. Pasti kan di grill pan ada tetesan minyak dari daging. Itu bisa dipake. Aku sendiri pake minyak baru.

Saus putih (kalau mau ditambahkan):

1. Panaskan minyak atau mentega kemudian tumis bawang bombay sampai harum.

2. Masukkan jamur, kemudian tumis lagi

3. Masukkan terigu dan aduk cepat

4. Masukkan susu dan tetap dimasak.

5. Masukkan garam, gula dan merica. Masak sampai kekentalan yang diinginkan.

Penyajian: suka-suka…bisa dimakan pake pasta, french fries, kentang rebus, pasta, ataupun roti Perancis.

Image Hosted by ImageShack.us

 

27 responses »

  1. waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    Reply
  2. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    Malah karena ditambahi kecap manis cap Bango kuwi kok sing menyebabkan rasané dadi enak. he..he..he..Akhire aku ngumpulke pe-er juga. Lha wong yo pancen kudu masak…..

    Reply
  3. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    aku paling demen nih mbak steak burger gini .. catet aaah resep nya

    Reply
  4. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    mbak Sri, piye kabare?Kalo steak begini emang enak yg saus nya coklat ya mbak…. aku boleh yo coba resep saus nya nanti kapan-kapan.Eh sampeyan kalo udah coba steak tempe kasih tau aku ya hasil nya hihihi

    Reply
  5. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    Tetep enaklah kalo makan pake nasi *orang Indonesia mode on :DMakasih dah ikutan ya😀

    Reply
  6. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    lum pernah bikin,look sedap say..

    Reply
  7. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    Reply
  8. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    steak tetep citarasa Jowo hehe…sedap mbak Sri..

    Reply
  9. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    sip.. kecap manis emang OK😀

    Reply
  10. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    Nyumm….nyummm….. mauuu….

    Reply
  11. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    mbak Sriiiiiiiiiiiiiiiiii!!! piye kabare??

    Reply
  12. haleygiri said: waaaa…. meski rasa jowo, aku yo gelem kok mbak dimasakne ini…

    Baru tau ada stik pake kecap hehehe tapi okeh juga tuh mbak…

    Reply
  13. adekbayi said: aku paling demen nih mbak steak burger gini .. catet aaah resep nya

    Sama dong, aku juga suka. Apalagi kalau sudah nginep semalam. Yang aku suka lagi adalah murah. he..he..he..kalau beli daging steak beneran kan mahal. Kalau daging cincang murah. he..he..he..Silahkan catet….

    Reply
  14. squishsquash said: mbak Sri, piye kabare?Kalo steak begini emang enak yg saus nya coklat ya mbak…. aku boleh yo coba resep saus nya nanti kapan-kapan.Eh sampeyan kalo udah coba steak tempe kasih tau aku ya hasil nya hihihi

    Kabar baik, Re. Aku juga lebih suka brown sauce untuk steak seperti ini. Tapi enak juga kok dicampuri white sauce. Silahkan kalau mau nyobain resep sausnya. Sapa tahu cocok….pokoke nek nganggo kecap manis biasane enak. hi..hi..hi…Nanti kalau aku bikin yang vegetarian, aku kasih tahu….sapa tahu enak pake tempe. Cuma harus cari tempe yang enak nih, bukan tempe yang kecut…..

    Reply
  15. whittycute said: Tetep enaklah kalo makan pake nasi *orang Indonesia mode on :DMakasih dah ikutan ya😀

    Namanya juga orang Indonesia, steak pake nasi juga masuk. hi..hi..hi…Thanks for organizing this event….

    Reply
  16. yenisfamilyblog said: lum pernah bikin,look sedap say..

    Menurutku ya enak, say….yang penting juga ngga mahal. he..he..he..kalau beli daging khusus untuk steak…wuih…..mahal banget euy. Kalau daging biasa, lama masaknya. Kalau ini daging cincang, jadi cepet mateng. he..he..he..

    Reply
  17. mamavicky said: steak tetep citarasa Jowo hehe…sedap mbak Sri..

    hi…hi…hi…sing penting kami doyan en suka. Malah karena ada rasa kecap manisnya itu yang bikin sedep. Sudah gitu jauh lebih murah daripada beli daging steak beneran. he..he..he..

    Reply
  18. ningnong said: sip.. kecap manis emang OK😀

    Betul…..

    Reply
  19. dopeicooking said: Nyumm….nyummm….. mauuu….

    Muhun maap…sudah abis….

    Reply
  20. foodngarden said: mbak Sriiiiiiiiiiiiiiiiii!!! piye kabare??

    Halo Arfi……apa kabar nih? Sudah lama ngga nongol. Kabarku alhamdulillah baik….

    Reply
  21. ibufarhansarah said: Baru tau ada stik pake kecap hehehe tapi okeh juga tuh mbak…

    Menurutku enak kok. Dipadu dengan kecap Inggris dan saus tomat…..mantep…he..he..he..sudah gitu murah meriah. Coba kalau harus beli daging steak betulan yang bener-bener bagus. Mahal euy. Kalau pake daging biasa, belum tentu cukup empuk, masaknya kadang bisa lama. Kalau pake daging cincang, murah, dan ngga keras…..

    Reply
  22. ibufarhansarah said: Baru tau ada stik pake kecap hehehe tapi okeh juga tuh mbak…

    lekker… ijolan kambek kalkun gelem mbak? hihi…

    Reply
  23. ibufarhansarah said: Baru tau ada stik pake kecap hehehe tapi okeh juga tuh mbak…

    Penampilannya…oke!Wortel, jagung dan kacang polongnya dr kaleng atau frozen ya…

    Reply
  24. erm718 said: lekker… ijolan kambek kalkun gelem mbak? hihi…

    Lha mbok iyo ayo ijolan….dadi iso ngicipi werno-werno….

    Reply
  25. puntowati said: Penampilannya…oke!Wortel, jagung dan kacang polongnya dr kaleng atau frozen ya…

    Thank you. Aku pake frosen vegetable. Beli di Lidl. Yang aku sukai yang jenis itu karena ngga terlalu lunak. Yang lain aku kurang suka karena terlalu lunak untuk ukuranku.

    Reply
  26. puntowati said: Penampilannya…oke!Wortel, jagung dan kacang polongnya dr kaleng atau frozen ya…

    Iki malah nek kuahe agak banyakan, agak mirip Selat Solo.. hihihi.. nek ilat Jowo ki fleksibel.. opo2 cocok wae karo sego putih hahaha, opo2 ditambahi kecap yo manteb.

    Reply
  27. mindmapping said: Iki malah nek kuahe agak banyakan, agak mirip Selat Solo.. hihihi.. nek ilat Jowo ki fleksibel.. opo2 cocok wae karo sego putih hahaha, opo2 ditambahi kecap yo manteb.

    hi…hi…hi…tahu aja….kecap manis memang top…..

    Reply

Leave a Reply

