RSS Feed

Urap boerenkool bumbu makreel asap

Posted on

Description:
Bagi yang kangen urap daun singkong karena sulit diperoleh di sini, maka boerenkool bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti. Winter gini banyak dijual boerenkool di supermarket yang sudah dalam bentuk rajangan.

Bumbunya aku tambahi ikan makreel asap supaya rasanya lebih jos. Aku tambahi juga bawang bombay (wong murah harganya…he..he..he..) supaya bumbunya jadi tambah banyak. he..he…he…

Paling enak dimakan pake nasi anget yang masih ngepul plus rempeyek teri. Nikmaaattt……

Ingredients:
500 gram boerenkool segar dalam bentuk irisan

200 gram kelapa parut kering kemudian dikukus (maklum ngga punya kelapa setengah tua yang segar)

200 gram wortel, rajang bentuk korek api, kemudian rebus atau kukus.

1 ikan makreel asap, ambil dagingnya aja, suwir-suwir.

50 gram gula Jawa (bisa dikurangi atau ditambah, tergantung selera), disisir

5 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya.

2-3 sdt pasta asam Jawa, pokoknya yang kental

Bumbu halus:

1 buah bawang bombay

6 siung bawang putih

7 buah cabe merah (atau sesuai selera, ditambah cabe rawit juga boleh)

1 sdt kencur bubuk

2 sdt ketumbar (optional)

1 sdt garam (atau sesuai selera)

Minyak untuk menumis

Directions:
1. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus

2. Masukkan gula Jawa, asam dan daun jeruk purut kemudian tumis lagi sampai matang.

CATATAN: menumis bumbu harus sampai matang, kalau ngga rasanya langu atau pahit!!

3. Masukkan ikan makreel dan tumis lagi

4. Masukkan kelapa parut dan aduk lagi sampai matang.

5. Cicipi apakah sudah pas rasanya. Tambahi garam kalau kurang asin, tambahi gula kalau kurang manis, tambahi asem kalau kurang asem. Kalau kurang banyak? Ya ngemplok lagi. he..he..he..

Kalau tumisan kelapa kelihatan terlalu kering, ya tambahin air dikit aja….

6. Kalau rasanya sudah pas, masukkan boerenkool kemudian tumis hingga matang.

Percaya atau ngga, boerenkool ngga berair ketika ditumis. Lebih cepat matang dibandingkan dengan nggodog daun singkong ataupun daun pepaya.

7. Masukkan wortel yang sudah direbus atau dikukus sebelumnya. Kemudian campur jadi satu. Uji rasa dan matikan api.

Boerenkol siap dihidangkan. Biasanya aku malah bikin urap boerenkool tanpa wortel. Kalau ngga habis bisa disimpan di kulkas tanpa takut berair.

Kalau mau urap lengkap sih bisa ditambah tauge, mlanding atau petai cina (lha disini nyarinya dimana), kacang panjang (atau buncis karena kacang panjang disini harganya mahal) dll. Tinggal nambah bumbu.

Oh ya, aku juga pernah nulis resep boerenkool lainnya. Bisa dilihat disini.

10 responses »

  1. Pertama !Iya kesednya spt daun pepaya tp sayangnya enggak pahit ya.Itu yg oranye kyk wortel itu ternyata memang wortel……he he he.

    Reply
  2. puntowati said: Pertama !Iya kesednya spt daun pepaya tp sayangnya enggak pahit ya.Itu yg oranye kyk wortel itu ternyata memang wortel……he he he.

    Pertama…dapat jatah urap boerenkool sak piring…he..he..he..Bener kesed, ngga berair yo. Tapi memang ngga pahit, jadi ya ngga bisa seratus persen berasa kayak daun pepaya. Aku belum pernah bikin urap pake andijvie ataupun witlof…he..he..he..katanya kan pahit ya. Leo ngga doyan boerenkool, andijvie maupun witlof, jadi aku ngga punya motivasi untuk memodif sayuran Londo ini jadi masakan Indonesia. he..he..he.. Yang sudah aku modif ya cuma boerenkool ini…. Memang yang oranye itu wortel…he..he..he.. mau tak tambahi putihnya tauge tapi takut cepet basi karena dibawa sebagai buah tangan untuk kopdar….

    Reply
  3. puntowati said: Pertama !Iya kesednya spt daun pepaya tp sayangnya enggak pahit ya.Itu yg oranye kyk wortel itu ternyata memang wortel……he he he.

    lha sing kedua entuk sak lepek plus peyek teri…. hihi!!!

    Reply
  4. puntowati said: Pertama !Iya kesednya spt daun pepaya tp sayangnya enggak pahit ya.Itu yg oranye kyk wortel itu ternyata memang wortel……he he he.

    Resep peyek terinya dong!

    Reply
  5. erm718 said: lha sing kedua entuk sak lepek plus peyek teri…. hihi!!!

    Sak lepek thok cukup? he..he..he.. aku ngga bikin peyek blas, sudah lebih dari setengah tahun. Mungkin malah hampir 8 bulan….

    Reply
  6. puntowati said: Resep peyek terinya dong!

    Bisa lihat resepnya mbak Ine: http://elkaje.multiply.com/recipes/item/93 Tinggal ngganti kacang menjadi teri. Kalau kurang encer tambah santen, kalau kurang kental tambah tepung beras. Mainnya di situ. Soalnya menurutku bikin peyek tuh pake perasaan….

    Reply
  7. puntowati said: Resep peyek terinya dong!

    Enak ya mbak di urap? kalo gitu mau ah ikutan🙂

    Reply
  8. squishsquash said: Enak ya mbak di urap? kalo gitu mau ah ikutan🙂

    Uenaké puol…. coba deh. Ngga usah pake makreel dan tumbar wis enak. he..he..he..Keuntungan pake boerenkool adalah daunnya kesed kayak daun singkong atau daun pepaya. Jadi kalau misalnya sisa, bisa disimpen di kulkas tanpa takut berair. Aku malah kadang tak simpen nang freezer, lha wong banyak, aku ngga bisa ngabisin sekaligus saking banyaknya. Leo ngga suka boerenkool. Yo wis….aku makan sendiri. he..he..he…

    Reply
  9. cutyfruty said: Uenaké puol…. coba deh. Ngga usah pake makreel dan tumbar wis enak. he..he..he..Keuntungan pake boerenkool adalah daunnya kesed kayak daun singkong atau daun pepaya. Jadi kalau misalnya sisa, bisa disimpen di kulkas tanpa takut berair. Aku malah kadang tak simpen nang freezer, lha wong banyak, aku ngga bisa ngabisin sekaligus saking banyaknya. Leo ngga suka boerenkool. Yo wis….aku makan sendiri. he..he..he…

    Cihuuuuuy okeh okeh….😀 Aku juga suka tak rebus terus di freezer dan suka bingung mau diapaain😮 Jadi tak urap wae wis kalo tau gitu.

    Reply
  10. squishsquash said: Cihuuuuuy okeh okeh….😀 Aku juga suka tak rebus terus di freezer dan suka bingung mau diapaain😮 Jadi tak urap wae wis kalo tau gitu.

    Lha iyo diurap. Aku malah boerenkool nya ngga pake direbus segala, langsung dimasukin ke wajan setelah bumbunya matang. he..he..he..Kalau ngga mau pake ikan makreel, malah lebih cepet lagi. Kelapa keringnya ngga perlu dikukus. Setelah masukin kelapa kering ke bumbu (yang sudah ditumis), dioseng bentar asal nyampur terus dikasih air sampai tingkat kelembaban yang diinginkan. Setelah itu dioseng lagi sampai kekeringan yang diinginkan. Wong bumbu aku oseng supaya awet ngga cepet basi kok. he..he..he.. Baru setelah itu boerenkool (mentah) yang sudah dalam bentuk rajangan dimasukin. Oseng lagi deh. Yang jelas boerenkool ngga berair. Itu yang aku suka….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: