RSS Feed

American pancake

Posted on

Description:
Waktu kami mengunjungi Beaverton, hotel tempat kami menginap sebetulnya berdekatan dengan IHOP. Cuma ngga sempat nyobain pancake nya. Lha wong cuma mau makan pancake aja lho, kok ya antrinya puanjang bianget. Weleh…weleh…itu rasanya kayak apa yak sampai orang bersedia ngantre. Mungkin ueanak bianget gitu kali ya?

Hari ini untuk brunch (eh…lunch ding wong sudah jam 1 siang), aku bikin American pancake. Setelah gugling sana-sini, akhirnya nemu resep ini. Katanya sih top secretnya IHOP, maksudnya rasanya kayak IHOP pancake. Aku sendiri sih ngga bisa menilai bener atau ngga mirip IHOP, wong nyicipin IHOP aja belum pernah kok. Tapi enak juga kok.

Yang jelas makan 2 biji sudah klenger. Oh ya, resep asli ada disini.

Ingredients:
1 1/4 cups tepung terigu

1 telor

1 1/4 cups butter milk (ngga punya, aku ganti 1 1/4 cups milk dikucuri jeruk nipis)

1/4 cup gula

1 sdt munjung baking powder

1 sdt baking soda

1/4 cup minyak (aku pake minyak bunga matahari)

Garam sedikit.

Directions:
1. Campur bahan kering.

2. Buat lubang di tengahnya, masukkan telor, minyak, susu kemudian kocok dengan mixer sampai rata.

3. Panaskan wajan anti lengket. Olesi minyak.

4. Ambil adonan dengan sendok sayur, tuangkan di tengah wajan.

Wajan ngga perlu digoyang-goyang kayak bikin pancakenya Londo. Pancake nya Amrik kan tebel, sedangkan pancakenya Londo pada umumnya tipis kayak crepe.

5. Setelah 1-2 menit dibalik. Pokoknya kalau adonanya sudah ada tanda berlubang bisa dibalik. Tunggu sampai matang. Oh ya, apinya jangan gede, nanti gosong.

6. Angkat dan ulangi lagi sampai adonan habis. Hidangkan dengan topping sesuai selera.

Untukku, aku kasih saus cherry yang rada asem. Kalau Leo selain pake saus cherry, dia taburi sedikit gula bubuk. Kalau ada yang suka topping pake bumbu pecel, ya silahkan, ngga bakalan dilarang. Wong ya namanya selera to? he..he..he..

Uploaded with ImageShack.us

20 responses »

  1. aku mauuuu mbak, dikasih palm sugar dan cinnamon, dan sedikit creme atau coconut milk yg kental hehehe

    Reply
  2. haleygiri said: aku mauuuu mbak, dikasih palm sugar dan cinnamon, dan sedikit creme atau coconut milk yg kental hehehe

    Nek nganggo santen ki jenenge srabi yo. he..he..he..

    Reply
  3. haleygiri said: aku mauuuu mbak, dikasih palm sugar dan cinnamon, dan sedikit creme atau coconut milk yg kental hehehe

    pake madu sama kismis enak, ato es krim strobery yg ada selai2nya

    Reply
  4. haleygiri said: aku mauuuu mbak, dikasih palm sugar dan cinnamon, dan sedikit creme atau coconut milk yg kental hehehe

    saya demen disiram ama coklat hershey… lha kuwi makin bikin lebar ajah badan

    Reply
  5. haleygiri said: aku mauuuu mbak, dikasih palm sugar dan cinnamon, dan sedikit creme atau coconut milk yg kental hehehe

    mantabs mbak…:)

    Reply
  6. haleygiri said: aku mauuuu mbak, dikasih palm sugar dan cinnamon, dan sedikit creme atau coconut milk yg kental hehehe

    mbak, aku sekarang sering bikin oatmeal pancake… setengah bagian terigu aku tuker dengan oatmeal…semoga lebih sehat hehehe.. makannya pakek sirup maple deh…

    Reply
  7. pandakuning said: pake madu sama kismis enak, ato es krim strobery yg ada selai2nya

    Pake es krim memang enak…..

    Reply
  8. estherlita said: saya demen disiram ama coklat hershey… lha kuwi makin bikin lebar ajah badan

    Lha tapi enak ki mbak…ha..ha..ha.. Lha aku ki tanpa disiram coklat wae, badanku wis melebar….

    Reply
  9. nur4hini said: mantabs mbak…:)

    Enak juga kok. Kalau mau enak lagi sih kayaknya pake butter bukan pake minyak…he…he..he..

    Reply
  10. ningnong said: mbak, aku sekarang sering bikin oatmeal pancake… setengah bagian terigu aku tuker dengan oatmeal…semoga lebih sehat hehehe.. makannya pakek sirup maple deh…

    Wah suka oatmeal pancake ya? Aku bikin ini kan sebenernya sebel. Waktu kapan itu aku bikin pancake pake pancake mix. Waktu itu kan dikasih. Eh…lha kok ngga enak. Akhire coba bikin sendiri, tapi yang model Ameikah, bukan yang model Londo….

    Reply
  11. ningnong said: mbak, aku sekarang sering bikin oatmeal pancake… setengah bagian terigu aku tuker dengan oatmeal…semoga lebih sehat hehehe.. makannya pakek sirup maple deh…

    Kalo pake minyak bikin warna permukaan pancake belang2Kalo pake margarin warna permukaannya cantikBeda versi amrik sama londo apa?

    Reply
  12. ningnong said: mbak, aku sekarang sering bikin oatmeal pancake… setengah bagian terigu aku tuker dengan oatmeal…semoga lebih sehat hehehe.. makannya pakek sirup maple deh…

    londo tipis yah , pannekoek itu bukan ? enakan pannekoek kalau saya bilang seh… gak terlalu kenyang.

    Reply
  13. pandakuning said: Kalo pake minyak bikin warna permukaan pancake belang2Kalo pake margarin warna permukaannya cantikBeda versi amrik sama londo apa?

    Kalau Amerika tebal, kalau Londo tipis…

    Reply
  14. estherlita said: londo tipis yah , pannekoek itu bukan ? enakan pannekoek kalau saya bilang seh… gak terlalu kenyang.

    Bener mbak, pannenkoek. Karena tipis, bisa digulung kayak dadar gulung. Resep yang ini masih lumayan light, mungkin karena ngga pake mentega. Tapi makan 2 biji juga sudah klenger…he..he..he..

    Reply
  15. estherlita said: londo tipis yah , pannekoek itu bukan ? enakan pannekoek kalau saya bilang seh… gak terlalu kenyang.

    saya lebih demen pannekoek karena tipis, isiannya pake sele aja yang tanpa gula… atau keju cream cheese no fat… beres… hmmm jadi pengen bikin pannekoek buat buka ntar… halah Sri kamu nie.. bikin aku ngiler.. tuan B juga suka banget ama pannekoek, mungkin nostalgia jaman di londo

    Reply
  16. estherlita said: saya lebih demen pannekoek karena tipis, isiannya pake sele aja yang tanpa gula… atau keju cream cheese no fat… beres… hmmm jadi pengen bikin pannekoek buat buka ntar… halah Sri kamu nie.. bikin aku ngiler.. tuan B juga suka banget ama pannekoek, mungkin nostalgia jaman di londo

    Lha kalau itu ya tinggal bikin to mbak. he..he..he..

    Reply
  17. estherlita said: saya lebih demen pannekoek karena tipis, isiannya pake sele aja yang tanpa gula… atau keju cream cheese no fat… beres… hmmm jadi pengen bikin pannekoek buat buka ntar… halah Sri kamu nie.. bikin aku ngiler.. tuan B juga suka banget ama pannekoek, mungkin nostalgia jaman di londo

    membayangkannya aja udah kenyang rasanya..he.he.he. tapi kalo disirem sama saos putih pasti enak, eh apa nama makanan rakyatnya yah ?

    Reply
  18. eddyjp said: membayangkannya aja udah kenyang rasanya..he.he.he. tapi kalo disirem sama saos putih pasti enak, eh apa nama makanan rakyatnya yah ?

    Yang ini sebenernya sih rasanya rada light karena pake minyak bukan pake mentega. Kalau pake saos putih namanya serabi. he..he..he.. digrujug pake santen….

    Reply
  19. eddyjp said: membayangkannya aja udah kenyang rasanya..he.he.he. tapi kalo disirem sama saos putih pasti enak, eh apa nama makanan rakyatnya yah ?

    Eh bener serabi yah wakakakaka enak enak enak :))

    Reply
  20. eddyjp said: Eh bener serabi yah wakakakaka enak enak enak :))

    Betul…serabi memang enak….

    Reply

Leave a Reply

