RSS Feed

Salmon Panggang dan Salad Mihoen

Posted on

IMG_9705

Ini nyontek Jamie Oliver lagi. Judul aslinya sih Sticky Kicking Chicken , Water Melon Radish Salad & Crunchy Noodles. Berhubung Leo ngga doyan ayam dan aku sendiri ngga suka masak ayam, akhirnya chicken aku ganti salmon. Itupun ngga aku masak kayak resep chicken nya si Jamie.

Untuk saladnya, aku menggunakan bahan yang ada. Kebetulan di pasar kok banyak banget radish dan harganya murah banget. Tiga ikat harganya 1 Euro. Aku beli 1 Euro, eh bakulnya malah ngasih 5 ikat. he..he..he.. Sadarnya waktu di rumah. Karena ngga punya water melon, aku pake mangga. Rasanya enak juga kok.

Seperti biasa, Jamie pake lemon banyak banget. Jadi aku kurangi penggunaan lemonnya. Sudah gitu, aku yakin pasti ini asem, jadi aku tambahi kesemek dan jeruk mandarin. Ini untuk mengimbangi rasa asem.

Menurutku menu ini enak dimakan pada waktu summer atau untuk lunch. Tapi untuk dinner juga enak kok.

Oh ya, satu lagi. Menurutku, menu ini akan makin nendang kalau ditaburi rosted almond atau kacang mede panggang. Lain kali kalau bikin, mau aku taburi almond supaya lebih rame rasanya: gurih, asin, asem, manis, dan pedes.

Ini resepnya:

Salmon:

  • 2 salmon fillets
  • 1/4 – 1/2 sdt garam
  • 1/4 – 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 batang rosemary
  • Air jeruk nipis secukupnya
  • Olive oil secukupnya

Salad:

  • 200 gram mihoen atau bihun (Jamie bilang disuruh pake 200 gram thin rice noodles)
  • sesame oil
  • 1 buah mangga matang (dikasih gratis oleh bakul buah di pasar. Resep asli pake 800 gram semangka)
  • 1 buah kesemek (Jamie ngga pake kesemek)
  • 1 buah jeruk mandarin (Jamie juga ngga pake ini)
  • 1/2 ijsbergsla ukuran kecil (resep asli 2 little gem lettuces)
  • 8 buah radish (dipotong-potong)

Jamie nambahin 1/2 ikat daun mint dan 1/2 ikat daun ketumbar. Aku menggunakan kedua herbs ini untuk dressing. Menurutku lebih jos rasanya.

Dressing:

  • 2 tbsp soy sauce
  • 1 tbsp fish sauce
  • 1 cabe merah
  • 1 sdt pasta jahe (Jamie pake 1/2 jempol jahe)
  • 2 batang daun bawang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 ikat daun mint
  • 1/2 ikat daun ketumbar
  • 1/2 sdt gula pasir (Jamie ngga pake ini)
  • air lemon secukupnya (Jamie pake 2 biji lemon. Gileeee…. banyak banget).

Cara Membuat:

Salmon panggang:

1. Lumuri salmon dengan garam dan merica, kucuri dengan jeruk nipis dan olive oil.

2. Biarkan 15 menit. Letakkan juga rosemary di dekat salmon.

3. Panggang selama 25 menit dengan suhu 200 derajat.

Salad:

1. Rebus mihoen dan tiriskan, siramkan dengan air dingin untuk menghentikan pemasakan. Guyur dengan 1 sdm sesame oil dan aduk rata. Kemudian letakkan di piring saji.

Resep asli sih katanya 1/4 porsi disuruh manasin di wajan sampai renyah. Kenyataannya ngga renyah juga. Jadi lebih baik ngga perlu renyahlah.

2. Potong-potong ijsbergsla dan letakkan di atas mihoen di piring saji.

3. Kupas dan potong-potong buah-buahan dan letakkan di atas ijsbergsla.

4. Letakkan potongan radish di atas buah-buahan.

5. Kucuri dengan salad dressing dan campur.

Dressing:

Semua bahan dressing digiling kasar. Aku nggilingnya pake hakker (chopper?). Icipi rasanya, koreksi rasanya. Kalau kurang asin, tambahi fish sauce atau garam, kalau kurang manis tambah gula pasir, kalau kurang asem tambah lemon.

Ini gambar salad sebelum dikucuri dressing:

IMG_9701

Ini Salmon panggang dan salad mihoen:

IMG_9708

Menurut kami hidangan ini enak dan sehat serta habis tak bersisa…..

Leave a Reply

