RSS Feed

Simple Fusilli dan Salad Tomat

Posted on

IMG_9694

Nyontek kangmas Jemi Oliper…eh maksudnya Jamie Oliver. Aku menggunakan bahan-bahan yang ada. Kayaknya hasil akhirnya malah beda dengan resep aslinya. ha..ha..ha.. Yang penting kami suka. Ini resep dari bukunya yang berjudul: Jamie’s 15 minute meals. Resep yang aku pake adalah: Simple Spaghetti.

Aku ganti spaghetti dengan whole wheat fusilli. Walaupun warnanya tidak secantik pasta biasa (karena coklat), kami justru lebih suka pasta yang whole wheat. Selain lebih sehat juga rasanya jauh lebih enak. Pilihan kami biasanya kalau bukan whole wheat pasta, biasanya malah sekalian pasta yang banyak telornya karena rasanya jauh lebih enak daripada pasta biasa.

Jamie menggunakan tenderstem brocolli. Waktu buka kulkas kok brokoli ku sudah ngga gitu bagus. Walah… ngga bisa digunakan semua. Aku cuma ambil yang bagian bagusnya saja.

Si kangmas tidak menggunakan champignon, tapi aku lihat di kulkas banyak banget champignon. Maklum hampir ngga sempat masak karena pilek dan batuk ngga sembuh-sembuh.  Akhirnya persediaan menumpuk. Champignons nya juga sudah besem-besem kecoklatan. Mau buang kok sayang. Akhirnya, aku kupas dan aku pake.

Seperti biasa kalau pake resepnya Jamie, aku selalu mengurangi penggunaan air lemon atau air jeruk nipis. Soalnya blio demen banget pake lemon, kayak perempuan ngidam.

Kok panjang banget penjelasannya. Ini resepnya:

Pasta:

250 gram whole wheat fusilli (resep asli 320 gram spaghetti)

350 gram champignon (aku kupas karena kecoklatan dan kemudian aku belah 2 atau 4 tergantung gede kecilnya)

1 cabe merah (rajang)

1 kaleng tuna (resep asli pake 8 anchovy fillets)

2 batang fresh rosemary

5 siung bawang putih (resep asli 4 siung)

air jeruk nipis secukupnya (resep asli 1 buah lemon)

Brambang goreng (Jamie ngga pake! tapi ini justru secret ingredient yang bikin muantep! he..he..he..).

Brokkelkaas parut (Jamie pake parmesan cheese. Menurutku untuk masak pasta harus pake keju tua, silahkan pilih sendiri, yang penting tua seperti parmesan, brokkelkaas, gouda tua, edam tua dsb).

1/2 – 1 sdt garam (Jamie ngga pake karena dia sudah pake anchovy, jadi sudah asin)

Salad:

2 buah trostomaten yang besar (resep asli 500 gram ripe mixed-clour tomatoes)

Fresh parsley (resep asli pake basil, ngga punya. Nanem basil ngga numbuh, sedangkan yang numbuh malah mati. hiks).

Extra virgin olive oil

1 tbs balsamic vinegar (ngga pake)

air jeruk nipis secukupnya (resep asli 1 lemon)

1 buah mozzarella (resep asli 125 gram low-fat cottage cheese)

Cara:

1. Rebus pasta dengan garam dan setelah matang tiriskan. Sebelum ditiriskan, ambil 1 cup air dari pasta!

2. Sambil merebus pasta, bisa memasak bumbu. Panaskan wajan, tuangi minyak dan masukkan cabe merah dan tuna. Tumis keduanya.

3. Masukkan garlic (Jamie pake garlic crusher untuk menghaluskan garlic, sedangkan aku menggunakan pisau untuk merajang garlic).

Menurutku, lebih baik garlic dimasukkan sebelum cabe dan tunggu sampai bau harumnya keluar. Kalau garlicnya belakangan, menurutku harumnya garlic ngga gitu keluar.

4. Masukkan rosemary (ngga aku pisahkan antara daun dan batangnya) dan kemudian masukkan brokoli dan champignon. Tumis sampai 3/4 matang

5. Masukkan garam dan aduk rata.

6. Masukkan fusilli yang sudah ditiriskan. Aduk rata.

7. Masukkan keju parut, aduk rata.

8. Masukkan air pasta secukupnya agar pastanya kelihatan shiny. Dan ternyata memang bener.

9. Kucuri dengan air jeruk nipis dan icipi.

Kalau kurang asin, tambahin garam, kurang manis tambahin 1/2 sdt gula pasir. Langsung sajikan dengan taburan parutan keju dan brambang goreng! kalau kurang asem menurutku ngga perlu ditambahi air jeruk nipis karena ada salad tomat.

Fusilli disajikan dengan salad tomat.

Salad tomat:

1. Mozzarella lelehkan di microwave selama 1 menit. Sebaiknya malah ngga perlu dilelehkan. Aku pernah pake resepnya Jamie, salad mozzarella dimakan mentah dengan basil (dan bumbu-bumbu lain) juga enak. Jadi lebih baik mozzarella dipotong-potong dengan cara cubit-cubit (ngga perlu dipotong pake pisau). Jamie pake keju ricotta, jadi ngga perlu dilelehkan.

2. Taruh potongan tomat di atasnya.

3. Taburi dengan daun parsley.

4. Kucuri dengan extra virgin oil dan air jeruk nipis.

Kalau menurutku, bisa juga ditambahi seujung sendok teh garam, sedikit merica bubuk dan sedikit garam supaya rasanya lebih mantep.

Ini salad tomat yang aku buat:

IMG_9695

 

 

Walaupun pake brambang goreng, jangan khawatir, rasanya ngga kayak bami goreng karena rasa rosmary nya cukup tajam. Sudah gitu kan ngga pake kecap manis. he..he..he..

2 responses »

  1. brarti ini ide dasarnya aglio olio peperoncino mbak Sri. Klu salad tomat, aku kok suka paduan tomat dengan basil. Klu pake bufala mozarella, jadilah caprese salad.

    Reply
    • Ya mirip begitulah, tapi ini pake anchovy (yang aku ganti dengan tuna, wong ngga punya anchovy). Sudah gitu aku ngga pake parsley untuk pastanya. Parsley aku taburin ke salad. Resep aslinya sih salad tomatnya pake basil. Tapi berhubung ngga punya basil, aku pake parsley. Sudah gitu aku ngga punya persediaan ricotta, yang ada di kulkas adalah mozzarella, ya sudah pake mozzarella aja.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: