RSS Feed

Ayam Panggang

Posted on

ayam panggang

Menurutku resep ayam panggang ini enak. Biasanya aku ngga suka masak ayam, tapi yang ini menurutku kok enak. Resepnya aku peroleh dari sini. Ini resepnya bu Sisca Soewitomo. Berhubung aku masak untuk orang-orang bule, maka aku ngga bikin pedes. Yang jelas mereka suka banget karena bumbunya berasa menyerap banget. Bahan dan cara sedikit aku modif.

Ini resepnya:

Bahan: 

1 ekor ayam, potong sesuai selera
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas, memarkan
1 sdt pasta asam Jawa (aku punya pasta asam, resep asli 1 sdm air asam Jawa)

Air jeruk nipis dari 1 jeruk nipis (resep asli ngga ada. Aku pake air jeruk nipis karena kadang ayam Belanda perasaan bau amis. Jadi biasanya aku pake jeruk nipis untuk menangkal bau amis).

Bumbu yang dihaluskan:
3 butir bawang merah (brambangnya Londo gede-gede. Ini brambang lho ya, bukan red onion. Resep asli pake 5 brambang)
5 siung bawang putih (resep asli 3 bawang putih)
3 butir kemiri
1 sdm gula merah
1/2 sdm garam (resep asli 1 sdm garam. Perasaan garam Londo lebih asin daripada garam Indonesia)
1 sdt merica bubuk

Bumbu cabai merah:
2 buah cabai merah (resep asli 6 cabai merah dan 10 cabai rawit)
3 butir bawang merah (resep asli 5 buah brambang)
5 siung bawang putih (resep asli 3 buah bawang putih)
2 buah tomat (resep asli 1 buah tomat)
1 sdt garam
1 sdt terasi matang (ngga pake)

3 sdm kecap manis

Cara membuat:

1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan diamkan paling tidak 1/2 jam, kemudian cuci.

2. Campur ayam dengan bumbu halus, air asam jawa, serai, daun jeruk, dan lengkuas. Tambahkan air 200 ml dan masak hingga ayam matang dan daging melunak.

3. Bumbu cabai merah pedas: rebus sebentar cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga matang, angkat. Haluskan dan tambahkan garam. Tumis bumbu dengan sedikit minyak. Kemudian tambahkan kecap manis. Aduk lagi.

4. Lumuri ayam dengan bumbu no (3) dan diamkan semalam di kulkas. Bumbu No (2) pun juga aku campurkan sebagai perendam. Resep asli ngga perlu direndam bumbu sampai semalam.

5. Panggang dalam oven. Aku grill ayam di oven sampai kecoklatan. Sekali-sekali diolesi dengan bumbu.

6. Disajikan dengan nasi anget dan lalap atau sayur rebus.

Memang gambarnya ngga bisa merah karena aku pake cabenya ngga banyak. Tapi yang jelas cocok banget untuk bule-bule yang kurang suka pedas.

Leave a Reply

