RSS Feed

Pempek Lenjer Rasa Kapal Selam ala Sri

Posted on

IMG_9825

Kemarin bikin pempek. Sebenernya bikin 2 macem yaitu lenjer dan kapal selam. Tapi berhubung kapal selamnya cuma bikin dikit, jadi ya dieman-eman, disimpen di freezer. Pagi tadi nyarap pake lenjer rasa kapal selam. he..he..he.. Jadi nggoreng pempek lenjer dan di wadah terpisah nggodog telor. Setelah itu keduanya ditaruh di satu di piring. Kalau makan lenjer dan telor barengan kan jadi berasa kapal selem to, soalnya nyampur di mulut. he..he..he..

Bikin pempek ini gara-gara hari Sabtu lalu beli ikan panga fillet di pasar banyak banget: 2 kilo! Lha piye 2 kg harganya 7,5 Euro. Jadi bungkuuussss…..Ikan panganya masih beku. Tiba di rumah, aku bagi 2. yang sekilo langsung dimasukkan freezer dan sekilo lagi dibuat pempek. Karena ikannya masih beku, maka tinggal dibiarkan di udara terbuka, nanti kan es nya mencair sendiri.

Menurutku ikan panga rasanya (dan juga baunya) tidak setajam ikan tengiri maupun spanish mackerel. Aku pernah pake Sapnish Mackerel untuk bikin siomay tapi minta ampun, amisnya ngga tahan. Leo sampai protes karena baunya tajam banget.

Untuk menjaga ketentraman rumah tangga (he..he..he..) lebih baik aku menggunakan ikan panga untuk bikin pempek. Yang jadi masalah adalah kalau perbandingan ikan panga dan kanji adalah 1:1, maka rasa ikannya akan turun dan rasa tepungnya lebih menonjol. Padahal aku maunya rasa ikannya bener-bener berasa. Namun, kalau tepungnya dikurangi, misalnya menjadi setengahnya, maka adonan akan lengket sekali. Karena lengket, maka adonan akan sulit dibentuk.

Katanya untuk mengatasi lengket ketika membentuk adonan, kita bisa menggunakan tepung yang ditaburkan di tangan atau minyak yang dioleskan di telapak tangan.  Atau dengan menggunakan selembar plastik yang diolesi minyak. Aku sudah lakukan cara pertama dan kedua, tapi tidak terlalu berhasil. Tanganku makin tebal dengan tepung dan tiap kali harus cuci tangan.

Setelah beberapa lama, aku kemudian menemukan trik nya. Bisa dibaca di bawah ini.

Dari berbagai resep yang aku baca di internet, aku baca banyak yang menggunakan bubur tepung terigu yang katanya membuat tekstur pempek menjadi lembut. Aku ingin menggunakan bubur tepung, siapa tahu memang betul lembut teksturnya. Dan ternyata memang betul, teksturnya lembut tapi menurutku adonan menjadi lembek dan lengket. Resep yang aku posting di bawah ini adalah percobaanku kemarin. Aku ingin memperbaiki lagi lain kali. Tapi paling ngga aku belajar dari kekuranganku kemarin.

Yang jelas, satu hal adalah aku berhasil membuat pempek panga berasa ikan sesuai seleraku, bukan berasa tepung. Horeeeeee…. Rahasianya? Pake KALDU IKAN bentuk blok! Untuk memperkuat rasa, aku akali dengan menambah kaldu ikan dan ternyata berhasil.

Bahan:

Pempek:

  • 1 kg ikan panga fillet, haluskan
  •  500 gram tepung kanji
  • 450 ml bubur tepung terigu (lain kali lebih baik menggunakan 250 ml bubur tepung terigu karena 450 ml membuat adonan terlalu lembek)
  • 3 sdm butter, cairkan (ini untuk menambah rasa dan mengurangi lengket)
  • 2 sdt garam atau secukupnya (kemarin cuma pake 2 sdt, ternyata harus ditambah. Lain kali pake 3 sdt)
  • 2 sdt gula pasir atau secukupnya (mungkin lain kali aku tambah menjadi 3 sdt gula pasir sebagai pengganti vetsin)
  • 6 siung bawang putih parut atau sesuai selera (kalau males bisa pake 3 sdt munjung bawang putih bubuk atau sesuai selera).
  • 1 sdt merica bubuk (kemarin aku ngga pake. Mungkin lain kali lebih baik pake).
  • Air untuk merebus (plus sedikit minyak)
  • 3 buah telor direbus, dibelah-belah sesuai selera (kalau sebagian adonan mau dibuat kapal selam)
  • Tepung terigu untuk membentuk adonan (sediakan paling ngga 1/4 sd 1/2 kg, tergantung kebutuhan)

Bubur terigu:

  • 50 gram tepung terigu
  • 1 kaldu ikan blok (aku pake merk Knor. Lain kali aku harus pake 2 buah kaldu blok supaya lebih kuat rasanya)
  •  1 siung bawang putih parut (bisa diganti dengan 1 sdt baput putih bubuk)
  • 500 ml air (lain kali aku cuma akan pake 250 ml-300 ml air)

Saus cuko:

Kemarin aku ngga pake ukuran. Jadi ngga ingat ukurannya. Yang jelas aku pake:

  • 2 sdm ebi, rendam dalam air sampai lunak
  • 2 buah Cabe merah
  • Gula Jawa, disisir.
  • Cuka (karena kurang puas, aku tambahi air asem pekat)
  • Bawang putih
  • Garam.
  • Air

Bahan lain:

  • Timun, iris-iris
  • Soun rebus (kemarin pake soun tapi dalam gambar ngga pake soun. Seharusnya sih mie kuning ya)

Cara Membuat:

Cara membuat bubur terigu:

1. Tuang terigu, kaldu ikan dan bawang putih parut ke dalam panci.

2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk, supaya tidak meringkil terigunya. Supaya mudah, aduk pake wisk.

3. Taruh panci di atas kompor dan masak sampai kental menjadi bubur. Dinginkan. Nanti ambil 250 ml bubur terigu untuk membuat adonan pempek.

Pempek: 

Campur dan aduk rata semua bahan pempek kecuali air untuk merebus, telor rebus dan terigu (3 bahan terakhir dalam daftar bahan pempek di atas). Adonan ini akan lengket.

Cara membuat pempek lenjer (untuk mengatasi lengket):

1. Rebus air untuk merebus pempek. Tuangi sedikit minyak ke dalam air rebusan.

2. Ambil sebuah piring dan beri segenggam terigu di atasnya dan ratakan.

3. Ambil adonan dengan sendok makan kemudian taruh di piring terigu (no. 2 di atas).

4. Gulungkan adonan di atas tepung terigu. Tebal tipisnya pempek sesuai selera. Dengan cara ini, adonan menjadi tidak lengket.

5. Segera cemplungkan adonan yang sudah dibentuk tersebut ke air mendidih (no. 1 di atas). Kalau ditunggu sampai terkumpul banyak, adonan akan lengket lagi! Jadi lebih baik, begitu selesai digulung di atas terigu, segera dimasukkan ke air mendidih.

6. Begitu matang (adonan mengambang), angkat.

7. Ulangi berkali-kali sampai adonan habis. Seandainya tepung terigu di atas piring sudah habis, bisa ditambah terigu lagi.

Cara membuat pempek kapal selam (jika diinginkan):

1. Prinsipnya seperti cara di atas. Ambil 1-2 sdm adonan dan taruh di atas piring isi terigu.

2. Adonan agak dipipihkan.

3. Letakkan potongan telor di atas adonan.

4. Ambil 1-2 sdm adonan dan tutupkan di atas potongan telor

5. Gulungkan adonan di atas terigu supaya tidak lengket.

6. Segera masukkan ke air mendidih yang sudah diberi minyak.

7. Angkat kalau sudah mengambang atau matang.

Saus Cuko:

1.  Haluskan ebi, cabe merah dan bawang putih

2. Rebus air dan masukkan gula Jawa, bumbu halus dan garam.

3. Tambahkan cuka atau air asam pekat.

4. Icipi dan koreksi rasa. Kalau kurang asem, ditambah cuka atau asam, kurang manis tambah gula Jawa (atau gula pasir), kurang asin tambah garam, kurang encer tambahi air. Pokoknya sesuai seleralah.

Penyajian:

1. Letakkan soun rebus di atas piring.

2. Goreng pempek dan potong-potong. Taruh di atas soun.

3. Beri potongan timun.

4. Siram dengan saus cuko yang sudah disaring.

Kalau Leo, di atasnya masih dikepyuri brambang goreng. Katanya biar lebih muantep. ha..ha..ha..

2 responses »

  1. apa yang dimaksud dengan bubur tepung ya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: