RSS Feed

Kupat Tahu Yogya ala Sri

Posted on

IMG_9855

Menurutku ini makanan enak dan sehat. Rasanya sueger. Cocok untuk dimakan pada waktu summer. Sebagai makanan pembuka juga oke. Rasanya light karena ngga pake kacang.

Ketika aku racikin makanan ini untuk Leo, lha kok dia suka. Malah nambah. Katanya enak! Alhamdulillah…. seneng….

Karena tinggal di kampung, aku bela-belain ke kota untuk beli tahu yang enak. Supermarket desa memang menjual tahu, tapi menurutku tahunya kok kecut ya. Pake tahu enak, hasilnya juga enak!

Seorang teman asal Yogyakarta ngajari aku bikin makanan ini. Dia ngajarinya ngga pake ukuran, pokoknya asal cemplang-cemplung saja. Tapi untuk kepentingan penulisan resep, aku berusaha untuk membuat ukuran. Aku tambahi air asam yang kental supaya lebih seger. Ini resep kupat tahu ala aku:

Bahan:

300 gram tahu putih (pilih tahu yang enak! Kadang di sini tahunya kecut. Yang enak biasanya harganya sedikit lebih mahal)

200 gram tempe

3 lembar kobis (kool) dirajang halus (tapi ngga pinter ngrajangnya. he..he..he..)

2 genggam tauge, sedu sebentar di dalam air panas dan segera angkat serta siram dengan air dingin untuk menghentikan proses pemasakan.

Seledri, iris halus

Brambang goreng (habis, tinggal remah-remahnya. he..he..he..)

Ketupat (aku bikin lontong bungkus plastik. Untuk Leo aku beri soun karena dia ngga doyan lontong, katanya tasteless. he..he..he..).

Mentimun, iris kotak-kotak kecil

Krupuk (lupa dipotret)

Minyak untuk menggoreng

Saus:

1 buah cabe merah atau sesuai selera (ngga punya cabe rawit)

2 siung bawang putih

2 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya

1 potong (35 gram) gula jawa atau sesuai selera.

1 sdt gula pasir

1/2 sdt garam atau sesuai selera

1 sdt air asam pekat (aku pake pasta asam, beli di toko Asia)

3 sdm kecap manis atau sesuai selera

250 ml air

Cara Membuat:

Saus:

1. Haluskan cabe, bawang putih, daun jeruk purut dan gula Jawa,

2. Tambahkan sisa bahan. Aduk rata.

3. Cicipi dan koreksi rasa. Kalau untukku, ukuran ini sudah pas dengan selera kami.

Tahu dan Tempe: 

1. Potong-potong tahu dan tempe (potong yang gede, jangan kecil karena akan dipotong-potong lagi setelah digoreng)

2. Garit-garit tahu dan tempe. Rendam dalam air garam sebentar.

3. Goreng sampai kuning kecoklatan. Kalau pengin lebih sehat lagi, goreng dengan actifry karena butuh minyak sedikit.

4. Potong-potong sesuai selera.

Penyajian:

1.  Ambil sebuah piring dan taruh potongan lontong di atasnya.

2.  Letakkan bahan-bahan lain di atas lontong: tahu, tempe, tauge, dan kobis mentah serta irisan timun.

Karena Leo ngga suka kobis, maka untuk piringnya dia, cuma aku kasih tauge. Itupun tauge mentah. Dan ternyata enak juga kok…seger…

3. Siram dengan kuah/saus kecap. Kalau perlu banjir kuahnya.

4. Taburi brambang goreng dan irisan sledri mentah.

5.  Dimakan pake krupuk.

Ini untuk 3 porsi. Kalau untuk appertizer, bisa untuk 6 porsi.

Walah uenak tenaaaannnnnnn….he..he..he.. Rasanya seger. Yang aku sukai adalah sayuran dan kuahnya dingin (karena kuahnya ngga dipanasin) terus tercampur dengan tempe dan tahu yang masih panas atau anget. Sensasinya gimana gitu. he..he..he..

2 responses »

  1. Lapor mbak,
    Aku wis nggawe ming ora nganggo tempe, ra nganggo kupat. Kupat tahu ra nganggo kupat jenenge opo? Hehehehe..
    Ancen bumbune seger tenan yo, huenak.
    Tahune tak wenehi ndog, koyok tahu tek tek kae.

    Reply
    • Uenak to? Perkoro jeneng ojo dipikir dhisiklah… sing penting uenak. he..he..he.. Lha jaré ono sing ngomong, jenengé kupat tahu. Liyané ngomong tahu guling. Berhubung dudu wong Yogjo, aku yo ora ngerti. Sing penting sueger tur uenak…..

      Reply

Leave a Reply

