RSS Feed

Keralan Veggie Curry

Posted on

IMG_9880

Ketika nonton Jamie Oliver makan kare India di 24 Kitchen, kok jadi terbayang-bayang terus. Kelihatan uenak banget en seger. Cuma mau bikin ngga berani karena aku kurang suka makanan India (kecuali martabak telor. he..he..he..). Beberapa kali makan makanan India kok ya kebetulan ngga cocok dengan lidahku. Maklum lidah Jowo, jadi lebih akrab dengan ketjap manis dan petis. he..he..he..

Tapi melihat betapa nikmatnya Jamie makan kare ini, aku kok jadi tergoda untuk mencoba. Supaya ada yang bisa bantuin ngabisin, aku berusaha mencari “korban”. Leo kebetulan ngga suka makanan India. Jadi Leo ngga masuk daftar yang bisa dijadikan “korban”.  Jadi siapa lagi korbannya kalau bukan tetangga kampung sebelah yaitu Ekani. he..he..he.. Sayang Yanti ngga bisa datang karena pangeran kecilnya sedang sakit.

Aku bilang sama Ekani, kalau rasanya ngga sesuai yang kita harapkan, bisa ditambahi sambel kecap atau sambel trasi. ha…ha…ha…

Sebelumnya aku belanja di pasar dan supermarket mencari bahan-bahan yang dibutuhkan. Sayang ngga nemu rapeseed oil. Jadi ya ngga pake bahan ini.

Jamie makan masakan ini dengan basmati rice, yoghurt yang dicampur daun mint dan poppadoms serta kucuran jeruk nipis. Aku sudah beli yoghurt dan daun mint…. eh lha kok giliran menyajikan malah kelupaan. Yo wis gimana lagi, wong lupa.

Ketika aku mau masak nasi, aku tanya ke Ekani:

“Berani ngga kira-kira makan nasi yang dimasak dengan lemon dan cengkeh? Jadi lemonnya dibelah 2 kemudian dimasukkan ke beras bersama kulitnya. Terus ditambahi 10 biji cengkeh dan air. Kemudian dimasak bareng. Ketika mateng, lemon nya diperes dan diaduk dengan nasinya”

“Lho nasi dimasak bareng lemon sekulit-kulitnya? Lha terus rasanya gimana ya?” he..he..he..

“Lha apa pake lontong aja? Kebetulan aku punya lontong….”

“Mendingan pake lontong aja… sudah lama aku ngga makan lontong….”

Akhirnya kami memutuskan untuk makan kare India pake lontong. Ternyata tetep aja selera kami masih juga lontong sayur. he..he..he..

Terus terang baru kali ini aku rada patuh dengan kangmas Jamie ini. Biasanya kan belum apa-apa aku sudah mengeluarkan jurus aliran sesat. Misalnya resep aslinya pasta, hasilnya bami goreng. ha..ha..ha.. Kali ini aku rada patuh pada resep, mengikuti resep sesuai ukuran. Disebut “rada patuh” karena setelah jadi, akhirnya dimakan pake sambel trasi. ha..ha..ha..

Biasanya kalau aku menggunakan resepnya kangmas Jamie, aku selalu mengurangi penggunaan lemon. Tetapi kali ini, aku cuma mengurangi sedikit. Kenapa? Karena ternyata kuah kare India ini pahitnya puol! Jadi aku paham kenapa Jamie menggunakan banyak lemon, baik untuk kuahnya, maupun pada waktu penyajian. Saking pahitnya, aku bahkan menambahkan gula segala yang sebetulnya tidak ada di resep.

Aku ngga tahu apa yang membuat pahit, apakah biji mustard hitam atau fenugriek. Tapi dugaanku adalah biji mustard hitamnya. Lha wong setiap kali nglethus biji mustard hitam, kok rasanya pahit.

Dalam resep ini Jamie menggunakan chikpeas kaleng dan nanas kaleng serta santen kaleng. Ini bisa dimengerti karena dia kan mau ngajarin masak India secara cepat. Kalau mau enak, tentu saja pake bahan-bahan segar bukan yang kalengan tapi waktu yang dibutuhkan pasti lebih lama.

Ini resepnya yang aku contek dari bukunya Jamie’s 15 minute meals:

Bahan:

1/2 buah kembang kol (aku pake 1 buah tapi kecil)

2 sdm rapeseed oil (ngga pake, wong nyari ngga nemu)

1 sdt munjung biji mustard hitam (menurutku 1/2 sdt cukup karena 1 sdt terlalu tajam buatku. Lha kalau mau malah sekalian pake mustard yang kuning itu. Siapa tahu mustard malah lebih acceptable buat lidahku)

1 sdt fenugreek seeds (fenegriekzaden)

1 sdt kunyit bubuk

2 jumput daun kare kering (resep asli 1 small handful of dried curry leaves. Lha hand nya Jamie dan hand ku aku ya gedenya beda to? Aku lihat di 24 ktichen, Jamie pake daun kare segar, tapi di bukunya dia menyebutkan dried curry leaves)

1 jempol jahe

3 siung bawang putih (Jamie cuma pake 2 siung)

3 batang daun bawang (Jamie pake 6 batang. Tapi aku lihat di tipi, daun bawang yang dia pake ukuran pendek, sedangkan yang aku pake ukuran panjang)

1 cabe merah

1 ikat daun ketumbar

2 buah tomat

1 kaleng (400 ml) santan yang tidak terlalu kental

1 kaleng (400 gram) chikpeas (in Londo = kikkererwten. Menurutku kalau diganti dengan kacang merah lebih gurih).

1 kaleng kecil (227 gram) nanas kaleng (aku pake 1/2 kaleng nanas kaleng besar. Menurutku 1 kaleng besar (350 gram) bisa digunakan semua untuk mengurangi rasa pahit).

1 sdt garam atau sesuai selera

2 sdt gula psir (Jamie ngga pake gula pasir)

1 lemon atau sesuai selera (aku pake 3/4 air jeruk nipis)

Minyak untuk menumis (aku pake olive oil)

Cara membuat:

1. Potong-potong bunga kol setebal 1 cm (memanjang atau melebar, pokoknya ngga per kuntum)

2. Panggang di atas grillpan (grillpan nya ngga perlu diolesi minyak). Jangan lupa dibalik supaya matangnya merata

3. Sementara itu buat bumbu halus: bawang putih, jahe, daun bawang, cabe merah, dan daun ketumbar

4. Tumis biji mustard hitam, biji fenugreek, kunyit dan daun kare.

5. Masukkan bumbu halus ke no 4 dan tumis hingga harum

6. Masukkan tomat yang sudah dipotong-potong

7. Masukkan santan dan aduk rata serta santannya mendidih. Pada tahap ini, aku icipi dulu.

8. Tambahkan garam dan gula pasir  serta air lemon.

9. Masukkan bunga kol yang sudah dipanggang.

10. Masukkan chickpeas dan nanas. Masukkan juga air nanasnya.

11. Koreksi rasa dan angkat.

Sajikan dengan nasi (kami pake lontong. he..he..he..), youghurt dan poppadoms. Poppadoms bisa digoreng. Kalau mau praktis, bisa dimatangkan di microwave selama 1 menit. Nanti kan melempung sendiri kayak krupuk. Menurutku poppadoms itu ada rasa pahitnya, tapi karena asin maka rasa pahit ini menjadi tersamar.

IMG_9883

Seharusnya yoghurt dicampur dengan daun mint yang sudah dihaluskan dan kucuran air lemon. Aku malah lupa padahal sudah beli, jadi ya ngga pake yoghurt.

Kalau ditanya apakah makanan ini enak? Menurutku lumayan, apalagi kalau dimakan pake sambel trasi. he..he..he..

Kalau pengin berasa India…. gampang…. makan kare ini sambil nonton Shahrukh Khan nyanyi lagu India…. pasti nikmaaattttt……

2 responses »

  1. Mbak….piringmu kok apik. Iku piring seng toh.
    Jiaaa..kok ngomentari piringe dudu makanane. heheheh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: