RSS Feed

Cinnamon Roll Isi Selai Nanas, Cranberry dan Almond

Posted on

20140805_191010

Ketika lebaran lalu, aku bikin ruti Unyil isi selai nanas. Orang-orang lebaran bikin nastar, aku malah bikin ruti unyil. he..he..he.. Kebetulan waktu itu harga nanas murah: 1 Euro dapat 2 biji. Aku bikin ruti dua kali. Sekali aku bawa ke mesjid dan sekali lagi aku bawa ke acara syukuran kemenangan Jokowi.

Menurutku roti ini enak terutama ketika masih anget. Kalau dingin memang sedikit rada mengeras karena ngga pake bread improver, tapi rasanya tetap enak. Kalau mau empuk menul-menul lagi, bisa diangetin di microwave barang 20 detik (atau mungkin dikukus. he..he..he..).  Untuk adonan roti, aku nyontek resep roti manisnya Primarasa.

Karena masih ada sisa selai nanas, maka aku buat adonan roti lagi tapi aku buat menjadi cinnamon roll atau koffie broodje. Isinya selain nanas, cranberry (karena kebetulan ngga punya rozijnen/raisins) dan almond yang aku potong-potong. Oh ya resep selai nanas bisa dilihat di sini. Selai nanas yang aku buat memang sengaja pake bubuk kayu manis supaya rasanya lebih jos.

Bahan:

500 gram tepung terigu

7 gram ragi instan (aku pake 1 bungkus instant yeast merk Dr. Oetker)

100 gram gula pasir

4 kuning telor (aku pake telor gede)

1 sdt garam (aku pake 1/2 sdt karena garam di sini menurutku lebih asin daripada garam Indonesia)

150 ml susu

120 gram mentega (aku pake 125 gram mentega)

100 gram cranberry (potong-potong, rendam sampai empuk dan tiriskan)

75 gram almond dipotong-potong.

50 ml susu cair + 1 kuning telor

Mentega untuk olesan.

Cara:

1. Dalam sebuah baskom, campur terigu, gula dan ragi. Buat lubang di tengahnya dan tuang susu dan telor. Aduk rata.

2. Tambahkan mentega dan garam, uleni sampai kalis. Bisa diuleni di atas meja. Tandanya kalis, kalau adonan dibentangkan atau ditarik dengan 2 tangan, tidak mudah robek dan terlihat transparan. Kalau mau gampang, bisa uleni pake mixer. Pake pengaduk/pengocoknya yang khusus untuk roti ya.

3. Bulatkan adonan dan diamkan sampai mengembang 2 kali, sekitar 30 menit. Untuk periode pengembangan ini, masukkan adonan kedalam mangkok dan tutupi dengan plastik.

4. Setelah mengembang, tonjok adonan supaya keluar gas nya. Uleni lagi.

5. Tipiskan adonan sekitar 1/2 cm.

6. Olesi dengan selai nanas.

7. Taburi dengan cranberry dan almond

8. Gulung dan potong-potong sepanjang 2-3 cm.

9. Tata dalam loyang dengan membuat jarak.

10. Biarkan mengembang selama 45 menit.

11. Olesi dengan campuran susu cair dan kuning telor sebelum dipanggang.

12. Panggang sampai matang. Aku panggang dengan suhu 180 derajat (hot air) selama 25 menit.

13. Setelah matang, olesi permukaan dengan mentega ketika masih panas.

Resep ini bisa untuk 1 loyang ukuran 26 cm dan masih sisa, jadi bisa ditata lagi di loyang lebih kecil. Waktu itu sisa adonan aku buat roti unyil isi selai nanas.

Cinnamon rolls ini aku bawa untuk buah tangan ketika berkunjung ke rumah teman.

 

 

 

Leave a Reply

