RSS Feed

Meatball Goulash

Posted on

goulash-11

 

Ketika di Budapest, kami sempat menikmati goulash di pasar. Rasanya uenak banget. Karena sudah di pasar, kami membeli juga paprika bubuk, salah satu bahan pembuat goulash. Kali ini aku bikin goulash stew, bukan goulash soup, jadi jangan heran kalau kuahnya ngga banjir. Selain bubuk paprika, yang membuat rasanya nendang adalah caraway seed (karwaysaad). Aku biasanya ngga suka cumin (jintan) tapi begitu ketemu caraway seed (Persian cumin), aku kok suka. Rasanya ngga sekeras jintan yang biasa dipake di Indonesia.

Yang aku buat ini sebetulnya lebih pada meatball goulash karena sedang ngga punya daging biasa. Kebetulan punya bola-bola daging dari daging cincang, beli dari supermarket Lidl. Yang aslinya sih pake daging yang dipotong-potong.

Resep asli bisa dilihat disini dan aku modif sesuai selera.

Bahan:

250 gram bola-bola daging

3 buah kentang, potong kotak-kotak

2 buah wortel, potong-potong

2 buah paprika merah, potong-potong

2-3 buah tomat besar, potong kotak-kotak atau 1 – 2 sdm tomat puree.

2 buah bawang bombay, cincang

5 siung bawang putih, cincang

1 sdm bubuk paprika

2 sdt caraway seed (kalau takut rasanya terlalu keras, bisa gunakan 1 sdt saja)

1 buah kaldu bubuk

1/2 sdt rosemarijn atau oregano (optioneel)

seledri dirajang

Minyak untuk menumis

1 sdt gula untuk pengeras rasa

1/2 sdt teh garam atau sesuai selera

1/2 sdt lada hitam bubuk

Air (sesuai selera)

Larutan maizena untuk pengental

Cara:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan harum. Matikan api.
  2. Masukkan paprika bubuk dan aduk rata. Katanya kalau api tetap nyala, paprika bubuk akan berasa pahit.
  3. Masukkan bola-bola daging dan aduk rata
  4. Nyalakan kompor lagi dan pasang wajan di atas api lagi dan tumis daging sampai matang. Mungkin lain kali yang akan aku lakukan adalah, setelah bawang bombay harum, langsung masukkan bola-bola daging dan tumis hingga matang. Baru setelah itu matikan api dan campur dengan paprika bubuk.
  5. Masukkan tomat dan aduk sampai masakan terlihat merah.
  6. Setelah bola-bola daging matang, masukkan kentang dan masak sampai setengah matang.
  7. Masukkan wortel dan aduk lagi sampai wortel setengah matang
  8. Masukkan caraway seed, rosemarijn, kaldu bubuk, garam, lada bubuk.
  9. Masukkan paprika dan aduk rata
  10. Masukkan air dan masak hingga mendidih.
  11. Uji rasa. Kalau kurang asin, tambahkan garam. Kurang manis tambahkan air atau gula. Pokoknya sesuaikan dengan selera.
  12. Masukkan larutan maizena dan aduk sampai kental
  13. Setelah semua matang, matikan api dan masukkan rajangan daun seledri.

Kalau menggunakan daging biasa (bukan bola-bola daging dari daging cincang), sebaiknya sayuran dimasukkan setelah daging sudah empuk.

Goulash ini bisa disajikan dengan nasi atau dumplings atau pasta. Biasanya Hungarian goulash ditambahkan csipetke (pinched noodles), tapi aku ngga pake karena goulash ini dimakan pake bread dumplings. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: